Pengertian GDP, Gross Domestic Product
Pengertian GDP, Gross Domestic Product

Pengertian GDP, Gross Domestic Product

Pengertian GDP (Gross Domestic Product),  pertumbuhan ekonomi merupakan masalah ekonomi jangka panjang bagi negara. Pertumbuhan ekonomi mengukur prestasi dari perkembangan suatu perekonomian dari suatu periode ke periode berikutnya.

Kapasitas suatu negara dari periode ke periode untuk memproduksi barang dan jasa akan meningkat karena faktor-faktor produksi yang selalu meningkat secara kuantitas dan kualitas.

Dapat dilihat dari Gross Domestic Product (GDP) salah satu parameter pertumbuhan suatu negara yang merupakan statistik ekonomi terpenting karena dianggap sebagai ukuran terbaik kesejahteraan rakyat.

Hal yang esensial tidak lain adalah fakta bahwa GDP dapat mengukur dua hal sekaligus, yaitu total pendapatan per kapita dalam perekonomian dan total pengeluaran pemerintah atas barang dan jasa yang dihasilkan oleh perekonomian.

BACA JUGA :   Viral Uang Logam 100 ribu Berbahan Emas

Berikut informasi lengkap pengertian GDP yaitu GDP lengkap dengan definisi dan manfaatnya dirangkum oleh bi.go.id dan zenius.net, untuk lebih memahami pengertian GDP.

Definisi GDP menurut para ahli

1. BI. Lembaga

Gross Domestic Product (GDP) atau sering juga disebut Gross Domestic Product (GDP) adalah ukuran pendapatan dan pengeluaran untuk suatu perekonomian, terlepas dari pendapatan yang diterima dari atau dibayarkan kepada bukan penduduk.

GDP juga merupakan nilai pasar total dari semua barang dan jasa yang diproduksi di suatu negara dalam periode waktu tertentu.

Pendapatan harus sama dengan pengeluaran karena setiap transaksi memiliki pembeli dan penjual, dan setiap dolar yang dikeluarkan oleh pembeli adalah dolar pendapatan bagi penjual, untuk perekonomian secara keseluruhan.

BACA JUGA :   Jeritan dan tangisan para pedagang di surabaya ditutup

2. Mankiw

Karena dianggap sebagai ukuran terbaik dari kesejahteraan masyarakat GDP adalah statistik ekonomi yang paling penting.

Ini karena GDP mengukur dua hal pada saat yang sama: total pendapatan per kapita dalam perekonomian dan total pengeluaran pemerintah untuk barang dan jasa yang dihasilkan perekonomian.

Alasan Gross Domestic Product dapat mengukur total pendapatan dan pengeluaran adalah karena untuk perekonomian secara keseluruhan, pendapatan harus sama dengan pengeluaran.

Manfaat GDP

Sebagai alat ukur perekonomian, GDP memiliki banyak manfaat, antara lain:

– Untuk mengukur sejauh mana tingkat pertumbuhan ekonomi nasional telah tercapai dan apa yang masih perlu ditingkatkan.

– Membandingkan kemajuan ekonomi antar negara untuk melihat negara mana yang ekonominya paling kuat.

BACA JUGA :   Aplikasi Penghasil Uang Gratis 2022

– Mengetahui struktur ekonomi negara, mengetahui sektor-sektor yang perlu ditingkatkan.

– Sebagai dasar perumusan kebijakan pemerintah. GDP sering diartikan sebagai indikator kesejahteraan suatu negara. Sebagai tingkat produksi yang tinggi, angka GDP yang tinggi sangat didefinisikan . Dengan tingginya daya beli masyarakat Tingginya tingkat produksi tersebut sangat terkait.