Fungsi Microsoft office dan Jenis Jenisnya
Fungsi Microsoft office dan Jenis Jenisnya

Fungsi Microsoft Office dan Jenis Jenisnya

Tentunya fungsi Microsoft Office sangat penting untuk menunjang berbagai bisnis yang berhubungan dengan multimedia. Di era sekarang ini, hampir semua pekerjaan kantoran membutuhkan software Microsoft Office dalam kelengkapannya.

Microsoft office sendiri adalah sebuah aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk memanipulasi, menyimpan, dan menggabungkan data dalam bentuk dokumen. Data yang dapat diolah adalah data digital berupa huruf, gambar dan angka.

Program ini memiliki peran khusus di sektor perkantoran. Masalah yang terkait dengan data dan penyimpanan kantor akan dibahas secara singkat dan terperinci di Microsoft Office. Lantas, apa saja fungsi Microsoft Office berdasarkan jenisnya? Berikut ulasan lengkapnya yang dikutip dari Liputan6 dan berbagai sumber, Kamis (3/6/2021):

Jenis dan fungsi Microsoft office

Microsoft Word

Microsoft Word adalah salah satu program yang paling banyak digunakan di Ms. Perangkat ini masih menjadi yang terdepan dalam perangkat lunak pengolah kata yang sering digunakan di komputer dan laptop.

BACA JUGA :   Koneksi Internet Di Indonesia Semakin Cepat Pada Tahun 2020

Seperti namanya, Microsoft Word memiliki fungsi utama sebagai pengolah kata. Namun, Microsoft Word juga dapat melakukan aktivitas lain seperti menghitung dan bahkan mengoreksi kata yang salah.

Fitur unggulan dari Microsoft Word sendiri antara lain koreksi otomatis, penggabungan surat, indeks otomatis, pemformatan otomatis, editor HTML, dan tata letak brosur.

Microsoft Excel

Mirip dengan Microsoft Word, Excel juga merupakan paket perangkat lunak yang cukup spesifik dalam pengolahan data. Namun, Microsoft Excel lebih banyak digunakan untuk mengolah data berupa teks dan angka. Penyajian yang dikandung Excel dalam bentuk sheet telah dilengkapi dengan tabel-tabel, sehingga memudahkan pengguna dalam mengumpulkan data.

Selain memproses angka kecil, Excel juga dapat menghitung jumlah besar tanpa khawatir salah perhitungan. Ini karena Excel dirancang dengan cara yang mirip dengan kalkulator. Tidak hanya itu, Microsoft Excel juga banyak digunakan untuk mengelola pendapatan dan pengeluaran atau mengumpulkan data anggota.

BACA JUGA :   Super Mario Nintendo Segera Tutup Setelah 2 Tahun

Microsoft PowerPoint

Microsoft Office Power Point adalah perangkat yang paling sesuai dengan kebutuhan presentasi Anda. Alat ini dapat membantu membuat dan mengilustrasikan lembar presentasi melalui media apapun, seperti teks, animasi, video, bahkan gambar.

Menggunakannya dapat membuat lembar presentasi yang menarik dalam perangkat lunak ini. Tampilan di perangkat ini adalah serangkaian halaman yang dapat disinkronkan dengan halaman lain menggunakan hyperlink.

Microsoft Acces

Microsoft office access merupakan perangkat lunak perkantoran yang berperan dalam pengolahan database. Artinya data yang diolah menggunakan akses office dapat dibuat saling berhubungan, karena database merupakan pusat pengumpulan data tersendiri.

Microsoft Outlook

Microsoft Office Outlook adalah program manajemen informasi pribadi dari Microsoft, dan bagian dari Microsoft Office. Perangkat ini mengelola informasi pribadi yang digunakan untuk mengirim dan membaca email (e-mail). Outlook juga memiliki fungsi seperti membuat catatan, jurnal, jadwal, dan kalender.

Microsoft OneNote

Microsoft OneNote adalah aplikasi desktop yang bekerja seperti notepad. Anda tidak hanya dapat menulis, tetapi juga menggambar, menyisipkan objek, dll.
Tidak seperti Microsoft Word, di OneNote Anda dapat menulis apa saja dan meletakkannya di mana pun Anda mau. Ini akan memberi Anda kesan menulis catatan di kertas biasa.

BACA JUGA :   Fitur Baru WhatsApp dan Cara Menggunakannya

Microsoft Front Page

Microsoft FrontPage adalah perangkat lunak aplikasi editor HTML dan sebagai alat manajemen situs web.

Salah satu fitur populer FrontPage adalah templat web otomatis. FrontPage mampu menampilkan struktur data dan memudahkan navigasi situs, dan juga mudah digunakan.

Selain itu, aplikasi ini juga mampu menampilkan data yang dihasilkan oleh Microsoft Office lainnya.

Microsoft Publisher

Microsoft Office Publisher adalah salah satu alat yang disertakan dengan Microsoft Office. Aplikasi ini digunakan untuk kegiatan desktop publishing, seperti koran, majalah, poster, poster dan kalender.

Microsoft Visio

Microsoft Office Visio adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat diagram alur dan beberapa diagram jaringan. Aplikasi ini juga menggunakan fitur grafik vektor sehingga mudah digunakan oleh pengguna.

Microsoft InfoPath

Microsoft Office InfoPath adalah aplikasi Office yang mengembangkan model data berbasis XML, seperti mendesain, mendistribusikan, mengisi, dan mengirimkan formulir elektronik yang berisi data terstruktur.

Setelah dikembangkan, InfoPath menawarkan fitur untuk membuat dan melihat dokumen XML dengan dukungan untuk skema XML yang ditentukan sendiri.