Pengertian dan Fungsi Computer Vision

Pengertian dan Fungsi Computer Vision

Computer vision merupakan salah satu perkembangan teknologi informasi yang banyak beredar dan digunakan di segala bidang kegiatan.

Salah satu perkembangannya adalah teknologi informasi, yaitu membaca kode dari barcode yang hanya bisa dilihat melalui scanner. Sehingga dapat menampilkan data pada barcode.

Selain itu, muncul berbagai konsep TI yang dapat dengan cepat membaca dan menyimpan data yang ditampilkan di berbagai media.

Bagaimana sebuah bar code berupa tampilan kode dapat menampilkan dan menyimpan data pada komputer. Inilah yang dimaksud dengan fungsi computer vision, yaitu pemrosesan dan kolaborasi teknologi informasi.

Memahami computer vision

Computer vision merupakan kemampuan pengembangan teknologi informasi, yang mampu membaca objek data yang ditampilkan menggunakan perangkat yang terhubung.

BACA JUGA :   Cara Ubah TV Analog Ke TV Digital Dengan STB

Sehingga melalui proses pembacaan data objek ini nantinya akan muncul data perintah dan fungsi computer vision tertentu, sehingga dapat melakukan aktivitas sesuai dengan data objek tersebut.

Contoh fungsi computer vision yang paling sederhana adalah berupa barcode pada label makanan atau telepon seluler yang menyimpan data dan menghasilkan pesanan.

Sehingga kegiatan bisa lebih cepat terutama dalam melakukan transaksi produk, maupun yang menggunakan pembacaan objek data.

pekerjaan computer vision

1. Dapatkan informasi yang jelas

Dengan menggunakan computer vision, objek yang terlihat dapat ditangkap dengan mampu mempertajam objek yang dituju.

Salah satu perangkat tersebut adalah kamera, yang ketika melihat sesuatu akan dapat melihatnya dengan jelas dan detail. Ini termasuk kategori kemajuan teknologi dari computer vision.

2. Tingkatkan kualitas gambar

Computer vision ini juga membuat tampilan gambar lebih berkualitas, karena objek yang ditangkap akan memberikan perintah berupa peningkatan kualitas gambar.

Sehingga jika objek yang ditangkap kabur maka akan langsung diproses dalam bentuk peningkatan kualitas gambar, sehingga terlihat jelas dan elegan.

BACA JUGA :   5 Aplikasi Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2022 di iOS dan Android

3. Sebagai alat analisis

Padahal, ketika barcode berada pada label, ketika dipindai akan menampilkan data pada objek tersebut.

Misalnya label makanan, label tersebut akan mencantumkan nama barang dan juga data lainnya seperti harga, diskon, dan kadaluarsa. Ini disebut penganalisis data objek.

4. Objek dapat dipahami sebagai data

Hanya dari objek gambar kemudian saat memindai barcode. Kemudian akan dapat membuka data pada objek.

Sehingga terdapat penyimpanan objek gambar yang diproses oleh komputer, sehingga mampu membaca dan membuat perintah dan alur kerja. Ini adalah konsep computer vision dalam alur kerja pembacaan data.

Contoh computer vision

1. Gunakan dalam matematika

Fungsi Computer vision tentunya erat kaitannya dengan bidang matematika. Kecepatan membaca dan menganalisis objek barcode, misalnya label makanan, telah menjadi bukti kolaborasi antara pembacaan data dan pemrosesan data. Sehingga data yang keluar merupakan hasil akhir.

2. Ini digunakan dalam kecerdasan buatan

Di bidang kecerdasan buatan, telah diterapkan pada robot yang mampu melihat gerakan tubuh.

BACA JUGA :   Cara Block Iklan Youtube Paling Cepat dan Aman

Sehingga objek inilah yang memberikan perintah pada perangkat, mampu membuatnya bergerak dan mengikuti aliran data pada objek data tersebut.

3. Gunakan dalam industri

Konsep dari fungsi computer vision dapat digunakan dalam bidang industri saat menyortir suatu barang. Tentu saja sangat sulit ketika melakukan manusia untuk melihat kerusakan pada suatu item.

Namun, dengan memaksimalkan kinerja komputer, bagian yang bermasalah atau cacat akan segera dikenali.

4. Gunakan di bidang kendaraan

Di bidang kendaraan, fungsi computer vision sudah banyak digunakan. Ini adalah fungsi dari operator parkir dan juga autopilot.

Keduanya membaca data dari objek yang dilihat dan melakukan serangkaian perintah dan perilaku. Tentu saja perilaku ini mengikuti aturan dan hal yang ditampilkan.

5. Gunakan di bidang medis

Adapun contoh pemanfaatan computer vision dalam bidang medis yaitu alat kesehatan seperti sinar-X yang mampu membaca hal-hal yang dilihat dan menghasilkan data berupa analisis kesehatan.

Sehingga hasil dari objek yang terlihat nantinya menjadi acuan bagi para klinisi untuk mengambil keputusan dan mengambil keputusan.

Sehingga penggunaan computer vision sudah memasuki semua lini kehidupan manusia. Karena sangat bermanfaat dan mempercepat proses pembacaan data yang bisa di download hanya simpan di barcode yang sebenarnya data manual. Selain itu, penggunaan konsep computer vision akan mempercepat semua transaksi.