Pengertian dan Manfaat GDP (Gross Domestic Product)
Pengertian dan Manfaat GDP (Gross Domestic Product)

Pengertian dan Manfaat GDP (Gross Domestic Product)

Pertumbuhan ekonomi merupakan masalah ekonomi jangka panjang bagi negara. Pertumbuhan ekonomi mengukur pencapaian pembangunan ekonomi dari satu periode ke periode lainnya. Dari periode ke periode, kapasitas suatu negara untuk memproduksi barang dan jasa akan meningkat karena faktor-faktor produksi yang selalu meningkat secara kuantitas dan kualitas.

Salah satu parameter pertumbuhan suatu negara dapat dilihat dari Gross Domestic Product (GDP) yang merupakan statistik ekonomi terpenting karena dianggap sebagai ukuran terbaik kesejahteraan rakyat. Hal yang esensial tidak lain adalah fakta bahwa GDP dapat mengukur dua hal sekaligus, yaitu total pendapatan per kapita dalam perekonomian dan total pengeluaran pemerintah atas barang dan jasa yang dihasilkan oleh perekonomian.

BACA JUGA :   Inilah Strategi Trading Forex yang Patut Dicoba untuk Pemula

Untuk lebih memahami pengertian GDP, berikut informasi lengkap GDP  dengan definisi dan manfaatnya dirangkum socialberita.com melalui bi.go.id dan zenius.net.

Definisi GDB menurut para ahli

1. BI. Lembaga

Gross Domestic Product (GDP) atau sering juga disebut (GDP) adalah ukuran pendapatan dan pengeluaran dalam suatu perekonomian, terlepas dari pendapatan yang diterima dari atau dibayarkan kepada bukan penduduk. Selain itu, GDP juga merupakan nilai pasar total dari semua barang dan jasa yang diproduksi di suatu negara dalam periode waktu tertentu.

Untuk perekonomian secara keseluruhan, pendapatan harus sama dengan pengeluaran karena setiap transaksi memiliki pembeli dan penjual, dan setiap dolar yang dikeluarkan oleh pembeli adalah dolar pendapatan bagi penjual.

BACA JUGA :   Harga Bitcoin Terus Menanjak, Tembus 47.000 Dolar AS

2. Mankiw

Pengertian GDP adalah statistik ekonomi yang paling penting karena dianggap sebagai ukuran terbaik dari kesejahteraan masyarakat.

Ini karena GDP mengukur dua hal pada saat yang sama: total pendapatan setiap individu dalam perekonomian dan total pengeluaran negara atas barang dan jasa yang dihasilkan perekonomian.

Alasan GDP dapat mengukur total pendapatan dan pengeluaran adalah karena untuk perekonomian secara keseluruhan, pendapatan harus sama dengan pengeluaran.

Manfaat GDB

Sebagai alat ukur perekonomian, GDB memiliki banyak manfaat, antara lain:

1. Mengukur sejauh mana tingkat pertumbuhan ekonomi nasional telah tercapai dan apa yang masih perlu ditingkatkan.
2. Perbandingan kemajuan ekonomi antar negara untuk mengetahui negara mana yang perekonomiannya paling kuat.
3. Mengetahui struktur perekonomian negara, mengetahui sektor-sektor yang perlu ditingkatkan.
4. Sebagai dasar perumusan kebijakan pemerintah. Dalam hal ini, GDP sering diartikan sebagai indikator kesejahteraan suatu negara. Angka GDP yang tinggi didefinisikan sebagai tingkat produksi yang tinggi. Tingginya tingkat produksi tersebut terkait dengan tingginya daya beli masyarakat.