Tips Swing Trading Saham Dengan Modal Terbatas

Tips Swing Trading Saham Dengan Modal Terbatas

Anda memiliki modal terbatas tetapi ingin menghasilkan uang dari transaksi saham? Strategi swing trading bisa dilakukan, atau jual beli saham yang mampu menghemat uang dalam jumlah besar dalam waktu singkat.
Swing trader biasanya menahan posisinya untuk jangka waktu tertentu, mulai dari harian, mingguan atau bulanan, untuk mendapatkan capital gain dari tren kenaikan harga saham tertentu.

Mereka mengidentifikasi tren di pasar dan statistik saham dalam hal harga dan volume perdagangan. Kemudian dalam waktu singkat untuk menjual atau membeli saham.

Nico Lorenz, kepala riset Panin Sekuritas, menjelaskan swing trader biasanya membeli dan menjual saham dengan mengandalkan analisis teknikal.

Namun, swing trader juga perlu memperhatikan pergerakan IHSG dan melakukan analisa fundamental saat membeli dan menjual untuk mengurangi risiko. Fenomena swing trading biasanya ramai dikunjungi investor, terutama setelah libur Lebaran.

BACA JUGA :   Mendapatkan Subsidi Listrik PLN Bulan Ini

Investor dengan modal terbatas juga bisa membeli saham dengan kapitalisasi pasar yang tidak terlalu besar atau tidak besar untuk diinvestasikan. Karena jika membeli saham perusahaan besar, valuasinya cenderung mahal.

ujar Niko, dalam wawancara dengan CNBC Indonesia pada program Investime, Selasa (18/5 2021).

Apalagi, tambah Niko, dalam memilih saham preferen, perusahaan yang memiliki fundamental kuat harus mempertimbangkan, baik dari sisi kinerja keuangan, katalis positif ke depan, maupun tindakan yang diambil perusahaan tersebut.

“Lihat perusahaan yang fundamentalnya lebih kuat, dan banyak katalis positif, return-nya bisa lebih tinggi. Ada kation bagi perusahaan, kalau keuangannya positif, return-nya cenderung positif,” jelas Niko.