Cara Mendaftar Asuransi Kendaraan
Cara Mendaftar Asuransi Kendaraan

Cara Mendaftar Asuransi Kendaraan

Mendapatkan asuransi mobil sangat penting sekarang. Pasalnya, asuransi berguna untuk melindungi mobil Anda dari berbagai jenis risiko yang mungkin terjadi.

Nah, bagi Anda yang tertarik menggunakan asuransi kendaraan terbaik, pada kesempatan kali ini SocialBerita.com akan mengulas cara mendaftar asuransi kendaraan pribadi untuk Anda. Simak bersama, yuk!

Tinjauan singkat tentang asuransi mobil

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara mendaftar asuransi kendaraan, ada baiknya untuk melihat sekilas informasi tentang asuransi kendaraan itu sendiri.

Padahal, asuransi mobil merupakan layanan yang menjamin perlindungan bagi kendaraan Anda.

Asuransi menjamin segala resiko yang mungkin terjadi pada mobil Anda, baik itu kerusakan maupun kerugian yang nantinya akan dialihkan kepada perusahaan asuransi mobil.

Tentunya sebelum memilih asuransi kendaraan yang ingin digunakan, Anda harus memperhatikan beberapa hal penting, seperti layanan dan biaya yang diberikan perusahaan asuransi untuk kekuatan finansialnya.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu mengetahui jenis perlindungan kendaraan yang dimiliki perusahaan, seperti perlindungan menyeluruh, total loss only, dan pertanggungan asuransi yang diperpanjang.

BACA JUGA :   Ide Bisnis Sampingan Untuk Karyawan

Setelah mengetahui beberapa informasi terkait asuransi kendaraan dan perusahaan penyedia layanan, Anda bisa langsung mempelajari cara mendaftar asuransi dan registrasi kendaraan.

Bagaimana cara mendaftar asuransi kendaraan?

Padahal, mendaftar asuransi kendaraan sangat mudah. Anda hanya perlu mengetahui beberapa hal yang diperlukan dan memahami prosedur atau cara mendaftar asuransi kendaraan.

Nah, pada kesempatan kali ini SocialBerita.com telah merangkum cara daftar asuransi kendaraan pribadi untuk Anda. Ada beberapa cara untuk mendaftar asuransi kendaraan, antara lain:

1. Temukan informasi terkait asuransi kendaraan

Cara pertama untuk mendaftar asuransi kendaraan bermotor adalah dengan mencari beberapa informasi terkait asuransi kendaraan. Anda bisa memulainya dengan mengetahui manfaat menggunakan asuransi kendaraan, kekurangannya, biayanya dll.

Karena dengan mengetahui informasi dasarnya, Anda setidaknya memiliki gambaran tentang asuransi mobil dan penggunaannya di mobil Anda.

2. Mengetahui dan memilih perusahaan jasa asuransi kendaraan

Cara mendaftar asuransi kendaraan selanjutnya adalah Anda perlu mengetahui dan memilih perusahaan jasa asuransi kendaraan terlebih dahulu.

Pasalnya, ada banyak sekali perusahaan asuransi kendaraan yang bisa dipilih, mulai dari Autocilin, Garda Oto, ACA, Himalaya, Jasindo, Avrist, Chubb, dll.

Kemudian, semua perusahaan asuransi tersebut juga menawarkan produknya dengan segala kelebihan yang dimilikinya.

Jadi, Anda bisa mengetahui kelebihan yang dimiliki asuransi kendaraan satu per satu dan melakukan perbandingan.

BACA JUGA :   Cara Membeli Saham Bagi Pemula yang Wjib Diketahui

Anda tidak hanya melakukan perbandingan melalui website, tetapi Anda juga dapat melakukan perbandingan dengan bertanya kepada beberapa teman, saudara bahkan karyawan yang menggunakan asuransi kendaraan.

Jika informasi yang dibutuhkan sudah mencukupi, Anda bisa langsung memilihnya sesuai kebutuhan serta kemampuan finansial Anda.

3. Mengetahui dan memilih jenis asuransi kendaraan

Kemudian Anda tinggal mencari tahu jenis asuransi kendaraan apa yang disediakan oleh perusahaan asuransi tersebut. Misalnya saja jenis kerugian komprehensif dan total.

Jika perusahaan asuransi yang Anda inginkan menyediakan dua atau lebih jenis asuransi, Anda bisa langsung memilih jenis asuransi yang Anda butuhkan. Namun perlu diingat bahwa setiap jenis asuransi memiliki biaya yang berbeda-beda.

Dengan begitu, ketika Anda ingin memilih jenis asuransi, pastikan untuk mempertimbangkannya dengan matang dan sesuaikan dengan kemampuan finansial Anda.

4. Lengkapi dokumen pendaftaran

Cara keempat untuk mendaftar asuransi kendaraan bermotor adalah dengan melengkapi dokumen pendaftaran yang dipersyaratkan. Secara umum, dokumen yang dibutuhkan tidak akan berbeda jauh antara perusahaan asuransi mobil yang satu dengan yang lainnya.

Beberapa dokumen tersebut antara lain:

  • Formulir pendaftaran perusahaan asuransi kendaraan
  • Fotokopi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Surat Izin Mengemudi (SIM)
  • KITAS atau KITAP (untuk orang asing)
  • NPWP atau SIUP

5. Survey kendaraan

Setelah melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan, cara daftar asuransi mobil selanjutnya adalah dengan melakukan survey mobil.

BACA JUGA :   Modal Usaha Cuci Mobil Berikut Omzet Dan Tips Sukses

Biasanya, kegiatan investigasi ini dilakukan oleh petugas asuransi kendaraan, sebelum asuransi yang diajukan mulai diproses.

Kemudian, setelah survei kendaraan selesai, hasil survei tersebut akan dimasukkan ke dalam laporan survei.

Jika kendaraan yang Anda miliki adalah kendaraan baru, Anda pasti mengikuti proses ini dan menunjukkan bukti pengiriman kendaraan kepada agen asuransi.

6. Membuat polis asuransi kendaraan

Cara keenam untuk mendaftar asuransi kendaraan adalah dengan membuat polis asuransi kendaraan. Polis ini hanya dapat dicetak jika kelima langkah di atas telah dilakukan dengan benar dan diisi dengan lengkap.

Sedangkan untuk polis yang sama, beberapa asuransi kendaraan memiliki polis yang berbeda.

Oleh karena itu, saat menetapkan polis, sebaiknya membuat kesepakatan dengan perusahaan asuransi.

Seperti menyepakati besaran premi, syarat dan tata cara untuk mengajukan klaim, dll.

Dengan cara ini, Anda dapat memahami dengan benar apa isi polis itu sendiri dan mengurangi risiko kerugian.

Selain itu, untuk file asuransinya sendiri, banyak perusahaan yang sering mengirimkannya ke rumah masing-masing pengguna. Oleh karena itu, pengguna tidak perlu lagi datang ke kantor untuk mengambil file tersebut.

7. Pembayaran Premi

Cara terakhir untuk mendaftar asuransi kendaraan bermotor adalah dengan membayar premi. Dimana jumlah premi yang harus Anda bayarkan sesuai dengan yang tertera di polis.

Anda dapat membayarnya langsung ke perusahaan asuransi kendaraan, atau melalui transfer bank.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu membayar premi di awal dan premi setiap bulannya, tentunya sesuai dengan jumlah dan jangka waktu yang telah ditentukan dalam polis yang telah disepakati antara Anda dengan pihak asuransi mobil.