Makanan dan Minuman yang Mengurangi Gejala Asam Lambung
Makanan dan Minuman yang Mengurangi Gejala Asam Lambung

Makanan dan Minuman Yang Mengurangi Gejala Asam Lambung

Mengurangi Gejala Asam Lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD)yang biasanya terasa sakit, nyeri ulu hati, dan rasa pahit di tenggorokan.

Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah suatu kondisi di mana asam lambung menumpuk ke kerongkongan karena katup lambung tidak berfungsi dengan baik. Ketika merasakan gejala asam lambung tinggi, penting untuk mengantisipasi makanan yang bisa segera mengurangi gejala asam lambung.

. Mengurangi asam lambung

Makanan berperan besar dalam kondisi tubuh kita. Pada umumnya, pola makan yang sehat dan pola makan yang teratur dapat membantu kita terhindar dari penyakit.

Peluncuran Healthline, 28 Januari 2020, Tidak ada makanan yang terbukti dapat mengobati GERD. Namun, makanan berikut ini bisa meredakan asam lambung:

BACA JUGA :   Ingin Agar Cepat Hamil, Lakukan Olah Raga Ini!

1. Sayuran

Sayuran umumnya rendah lemak dan gula. Sayuran dapat membantu mengurangi asam lambung. Berikut ini adalah sayuran yang direkomendasikan adalah kacang hijau, brokoli, asparagus, kembang kol, sayuran hijau, kentang, dan mentimun.

2. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi alami. Jahe adalah bahan pereda alami untuk sakit maag dan masalah pencernaan lainnya. Kita dapat menggunakan jahe parut atau cincang ke piring atau smoothie, atau minum teh jahe untuk meredakan gejala asam lambung.

3. Oatmeal

Oatmeal utuh juga merupakan sumber serat yang sangat baik.program diet tinggi serat telah dikaitkan dengan risiko refluks asam yang lebih rendah. Selain oatmeal, kita juga bisa mengonsumsi roti gandum utuh dan nasi gandum utuh.

4. Buah selain jeruk

Buah jeruk bisa berbahaya bagi asam lambung. Karena itu, penderita GERD harus menghindari buah asam. Cobalah konsumsi buah-buahan lain, seperti semangka, pisang, apel, dan pir, yang cenderung tidak menyebabkan gejala refluks.

BACA JUGA :   Manfaat jamur Memperkuat Sistem Kesehatan Tubuh

5. Daging dan makanan laut tanpa lemak

Daging tanpa lemak, seperti ayam, kalkun, ikan, dan makanan laut rendah lemak dapat mengurangi gejala asam lambung. Dapat di lakukan dengan cara dipanggang atau direbus.

6. Putih telur

Putih telur adalah pilihan yang baik untuk penderita GERD. hindari konsumsi kuning telur, yang tinggi lemak, karena dapat memicu gejala refluks.

7. Lemak sehat

Sumber lemak sehat bisa didapat dari alpukat, kenari, biji rami, minyak zaitun, minyak wijen, dan minyak bunga matahari. Kurangilah konsumsi asupan lemak jenuh dan lemak trans.

. Minuman untuk mengecilkan perut

Minuman seperti kopi, soda, dan jus buah jeruk dapat meningkatkan risiko terkena gejala GERD. Sebagai gantinya, cobalah minum minuman yang dapat membantu mengurangi gejala refluks asam.

BACA JUGA :   Ini Cara Mengatasi Gejala Asma Tanpa Inhaler

1. teh herbal

Teh herbal membantu meningkatkan pencernaan dan meredakan masalah perut, seperti kembung dan mual. Pilih teh herbal tanpa kafein.

Sebaiknya, hindari teh peppermint, karena peppermint dapat menyebabkan refluks asam bagi banyak orang. Sebagai gantinya, cobalah teh herbal yang terbuat dari chamomile, licorice, elm licin, dan marshmallow.

2. Susu rendah lemak atau susu skim

Beberapa orang sulit mencerna susu sapi yang banyak mengandung lemak. Seperti semua jenis makanan tinggi lemak, susu sapi utuh dapat mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah, yang dapat menyebabkan atau memperburuk gejala refluks.

3. Susu nabati

U ntuk orang yang tidak toleran laktosa atau cenderung mengalami peningkatan gejala refluks asam dari susu hewani, makan susu nabati adalah solusi terbaik.

4. Jus buah dan sayuran

Tidak semua jus buah baik untuk penderita GERD. Buah-buahan yang asam, seperti jeruk, nanas, tomat, dan apel, dapat memperburuk kondisi asam lambung.

6. Air

Minum cukup air bisa menjadi solusi paling sederhana dan paling masuk akal untuk sakit maag.

7. Air kelapa

Air kelapa tanpa pemanis bisa menjadi pilihan yang bagus untuk penderita refluks asam.