Ini Aplikasi Screen Recorder Laptop yang Perlu Dicoba
Ini Aplikasi Screen Recorder Laptop yang Perlu Dicoba

Ini Aplikasi Screen Recorder Laptop yang Perlu Dicoba

Saat ini, semakin banyak orang menggunakan aplikasi screen recorder atau perekam layar PC untuk berbagai keperluan. Beri nama saat memberikan presentasi, merekam game, membuat video pelajaran, dan lainnya.

Meskipun fungsi utamanya adalah merekam aktivitas di layar komputer, aplikasi screen recorder yang baik juga harus dapat mengedit dan membagikan rekaman di platform yang Anda inginkan.

Apakah Anda ingin memulai karir Anda sebagai YouTuber game dan membutuhkan rekomendasi perekam layar yang mudah digunakan? Pertama, simak daftar berikut yang dirangkum detikINET dari berbagai sumber.

Flashback Express

Versi gratis dari aplikasi ini masih memiliki banyak fitur dan sangat berguna. Video Anda juga tidak akan terlihat buruk karena watermark yang mengganggu.

Anda dapat merekam komputer dari seluruh layar, bagian tertentu, atau webcam. Anda dapat mengedit video yang diinstal sesuai keinginan dan Anda dapat membagikannya di YouTube atau menyimpannya ke komputer Anda dengan pilihan format WMV, AVI atau MP4.

Debut Video Capture

Aplikasi ini memiliki fungsi dasar merekam layar komputer. Tapi Debut Video Capture juga bisa merekam footage dari perangkat eksternal seperti webcam dan kamera CCTV.

BACA JUGA :   Fitur Terbaru Tiktok Live Streaming, Simak Nih!

Jadi Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk menjadi bagian dari sistem keamanan rumah Anda.

Mungkin kekurangannya adalah tidak adanya fitur edit video dan fitur untuk mengekspor video ke YouTube atau Facebook.

OBS Studio

OBS Studio adalah salah satu aplikasi screen recorder yang paling direkomendasikan.

Tak heran, karena meski aplikasi ini bisa diunduh dan digunakan secara gratis, fitur yang ditawarkan cukup lengkap.

Aplikasi ini dapat merekam sesi permainan Anda dan mengalirkannya langsung ke Twitch atau YouTube dalam kualitas HD, atau Anda juga dapat menyimpannya dalam format FLV di komputer Anda. Selain itu, tidak ada batasan durasi video yang direkam atau siaran langsung.

Apowersoft Free Online

Ini bukan aplikasi, tetapi aplikasi berbasis web yang dapat Anda akses secara online melalui browser.

Namun bukan berarti fitur-fiturnya tidak selengkap aplikasi screen recorder lainnya dalam daftar ini.

Anda dapat mengambil cuplikan video dari desktop atau webcam dan merekam audio dari komputer, mikrofon, atau keduanya atau tidak.

BACA JUGA :   Cara Download Video di Instagram Dengan dan Tanpa Aplikasi

Selain itu, ada banyak format video yang bisa dipilih, mulai dari MP4, WMV, AVI, MOV, dan masih banyak lagi.

ShareX

ShareX tidak hanya mumpuni saat digunakan untuk merekam layar komputer, tetapi juga memiliki fitur screenshot yang cukup lengkap.

Sayangnya, aplikasi ini tidak dapat mengambil tangkapan layar atau rekaman game dalam mode layar penuh.

TinyTake

Seperti namanya, aplikasi ini kecil dan mudah digunakan untuk merekam video berdurasi pendek. Pasalnya, ada batasan durasi video yang bisa direkam yaitu 120 menit.

Tetapi Anda dapat mengatur jendela layar yang ingin Anda rekam dan membubuhi keterangan teks, gambar, atau objek dalam video.

MacOS

Sebagian besar aplikasi di atas hanya dapat digunakan di desktop Windows, tetapi aplikasi ini hanya tersedia di macOS.

Fitur perekam layar ini sudah menjadi fitur bawaan sejak update terbaru macOS Mojave dirilis.

Caranya mudah, cukup tekan Cmd + Shift + 5 untuk menampilkan toolbar screenshot. Pilih apakah Anda ingin merekam seluruh layar atau hanya bagian tertentu dan klik tombol Rekam. Setelah itu klik tombol “Stop” untuk berhenti merekam.

Bandicam

Versi gratis dari aplikasi screen recorder Bandicam memiliki banyak fitur yang dapat Anda manfaatkan.

BACA JUGA :   Ini 5 Aplikasi Arisan Terbaik di Hp Android

Dari memilih jendela yang ingin Anda rekam, menggambar secara real time, merekam audio secara real time dan menambahkan overlay webcam.

Sayangnya, karena ini adalah versi gratis, video Anda akan diganti dengan tanda air. Untuk menghilangkannya, Anda harus mengeluarkan $40 untuk membeli aplikasi.

ScreenRec

ScreenRec adalah aplikasi perekam layar yang lebih serius, sehingga sangat cocok untuk mereka yang ingin membuat video pelatihan, presentasi, atau tutorial.

Rekaman dari layar akan disimpan di akun cloud yang dilindungi oleh enkripsi. Sayangnya, versi gratisnya hanya tersedia dengan penyimpanan 2GB.

Snagit

Sama seperti ScreenRec, Snagit juga merupakan aplikasi screen recorder yang ditujukan untuk para profesional.

Sayangnya, untuk menggunakan aplikasi ini, Anda harus membayar dengan harga yang cukup mahal yaitu $50.

FilmoraScn

Jika Anda menggunakan Mac dan membutuhkan aplikasi screen recorder yang kaya fitur, FilmoraScn bisa menjadi pilihan.

Anda dapat merekam dari webcam dan layar secara langsung untuk siaran langsung dan mengatur kecepatan bingkai video antara 15 dan 120 fps.

Aplikasi ini gratis untuk digunakan, tetapi Anda dapat membeli versi berbayar seharga $29,99. Aplikasi ini juga tersedia untuk Windows 7, 8 dan 10.