Fitur Baru Whatsapp dan Cara Menggunakannya
Fitur Baru Whatsapp dan Cara Menggunakannya

Fitur Baru WhatsApp dan Cara Menggunakannya

Fitur baru whatsapp – Kontroversi WhatsApp meletus pada awal 2021 karena kebijakan privasinya yang lebih baru. Namun hal ini tidak menghalangi inovasi WhatsApp untuk menghadirkan fitur-fitur baru kepada penggunanya.

Selama tahun 2021, WhatsApp meluncurkan fitur baru. Fitur-fitur ini tidak hanya untuk WhatsApp di Android dan iOS, tetapi juga untuk WhatsApp Desktop.

Berikut fitur baru WhatsApp yang diluncurkan tahun ini dan cara menggunakannya, seperti dirangkum detikINET, Sabtu (7/8/2021).

Mute video sebelum mengirim

Seperti namanya, fitur baru whatsapp ini dapat membungkam video sebelum mengirimkannya melalui obrolan. Sebelum fitur ini ada, pengguna WhatsApp tidak dapat menghapus audio dalam video dan harus menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Cara menggunakan fitur ini sangatlah mudah. Buka WhatsApp terlebih dahulu dan buka obrolan apa pun. Selanjutnya, tap ikon kamera di kolom chat untuk memilih video.

Video yang akan dikirim akan ditampilkan di layar Anda. Untuk membisukan audio dalam video, ketuk ikon speaker di sudut kiri atas. Setelah itu edit video jika perlu dan kirim video seperti biasa.

Panggilan suara dan video di WhatsApp Desktop

Fitur baru whatsApp ini dirilis di tengah pandemi untuk memudahkan pengguna WhatsApp berkomunikasi dengan keluarga dan teman.

Melakukan panggilan suara dan panggilan kantor di WhatsApp juga memiliki keunggulan tidak harus memegang ponsel.

Sebelum memulai panggilan audio dan video di WhatsApp Desktop, pastikan untuk mengunduh aplikasi terlebih dahulu.

BACA JUGA :   Keuntungan Pakai OVO dan Apa Saja Penggunaanya

Aplikasi ini mendukung perangkat yang menjalankan Windows 10 64-bit versi 1903 atau lebih baru, dan macOS 10.13 atau lebih baru.

Setelah menginstal aplikasi WhatsApp Desktop, buka aplikasi dan ketuk salah satu obrolan individu yang ingin Anda hubungkan. Panggilan suara dan video saat ini tidak tersedia di WhatsApp Desktop untuk grup.

Klik ikon panggilan suara telepon, atau ikon panggilan video kamera untuk memulai panggilan.

Selama panggilan, Anda dapat membisukan audio dengan mengeklik ikon mikrofon, dan menjeda video dengan mengeklik ikon kamera.

Untuk mengakhiri panggilan, klik tombol merah Akhiri Panggilan. Untuk menerima panggilan masuk, ketuk tombol Terima, atau ketuk Tolak untuk menolak panggilan.

Anda juga dapat beralih dari panggilan suara ke panggilan video, tetapi Anda harus mendapatkan izin dari kontak WhatsApp yang Anda panggil.

Mereka dapat memilih OK untuk mengonversi panggilan menjadi video, atau Batal untuk menolaknya.

Caranya mudah, cukup klik ikon kamera yang menandakan video call saat panggilan berlangsung. Jika kontak menerima konversi, panggilan suara berubah menjadi video.

Gabung ke panggilan grup yang terlewat

Fitur baru whatsapp ini memudahkan pengguna WhatsApp untuk bergabung dengan panggilan audio atau video yang tidak terjawab. Jadi mereka tidak harus langsung menjawab saat panggilan konferensi dimulai.

Tidak hanya itu, peserta dalam panggilan ini juga dapat keluar dan bergabung kembali selama panggilan konferensi masih berlangsung.

Juga akan ada informasi kontak di layar yang menunjukkan siapa yang bergabung dalam panggilan dan siapa yang diundang tetapi tidak bergabung.

BACA JUGA :   Cara Broadcast di WhatsApp bagi Pengguna Android dan iPhone

Tentu saja, fitur ini hanya dapat diakses setelah panggilan konferensi diterima. Anda akan menerima pemberitahuan ketika pengguna mengundang Anda untuk bergabung dalam panggilan konferensi.

Jika Anda tidak dapat bergabung, ketuk Abaikan. Untuk melihat layar info panggilan, ketuk Gabung. Dari layar itu Anda dapat melihat siapa peserta dalam panggilan konferensi dan siapa undangan lainnya.

Klik Gabung untuk bergabung dengan panggilan. Anda dapat membuka layar info panggilan untuk menambahkan peserta panggilan atau mengirim pemberitahuan kepada pengguna yang telah diundang tetapi tidak bergabung.

Untuk bergabung dengan panggilan grup yang tidak terjawab, buka aplikasi WhatsApp dan ketuk tab Panggilan. Jika panggilan masih berlangsung, ketuk untuk bergabung.

Ini akan membuka layar info panggilan, lalu ketuk Gabung lagi untuk bergabung dengan panggilan.

Sembunyikan obrolan selamanya

Fitur baru whatsapp ini sebenarnya merupakan versi terbaru dari fitur arsip yang sudah lama ada di WhatsApp.

Sebelum fitur ini ada, obrolan yang diarsipkan akan tetap kembali ke kotak masuk utama jika ada pesan baru yang masuk ke obrolan.

Dengan fitur baru ini, obrolan Anda yang diarsipkan akan tetap berada di folder yang diarsipkan meskipun Anda menerima pesan baru.

Obrolan yang diarsipkan juga akan disembunyikan secara permanen, kecuali jika pengguna menghapusnya dari folder secara manual.

Untuk menyembunyikan obrolan selamanya menggunakan fitur arsip, caranya mudah. Pertama, buka aplikasi WhatsApp di Android atau iOS, lalu ketuk dan tahan obrolan individu atau grup yang ingin Anda arsipkan.

Ketuk ikon Arsip, yang berbentuk persegi dengan panah di kanan atas aplikasi. Obrolan akan disimpan secara permanen ke folder yang diarsipkan.

BACA JUGA :   Bel Rumah Pintar, Cegah Tamu Tak Diundang

Untuk mengakses obrolan yang diarsipkan, buka folder yang diarsipkan di bagian atas aplikasi.

Jika Anda ingin menghapus percakapan dari folder yang diarsipkan dan mengembalikannya ke kotak masuk utama Anda, klik obrolan yang ingin Anda pulihkan, lalu klik ikon arsip di sudut kanan atas.

Jika Anda ingin obrolan yang diarsipkan kembali ke kotak masuk utama Anda setelah menerima pesan baru, buka menu Pengaturan di WhatsApp, pilih opsi Obrolan dan matikan sakelar “Simpan Obrolan yang Diarsipkan”.

Hapus foto dan video secara otomatis

WhatsApp sebelumnya merilis fitur disappearing messages yang dapat menghapus pesan secara otomatis setelah tujuh hari.

Kali ini mereka meluncurkan fitur View Once yang dapat menghapus foto dan video secara otomatis setelah dilihat oleh penerima.

Untuk menggunakan fitur one time view, buka aplikasi WhatsApp di Android atau iOS, lalu pilih kontak yang ingin Anda kirimi foto atau video.

Ketuk ikon kamera di kolom obrolan lalu pilih foto atau video yang ingin Anda kirim. Kemudian klik ikon tampilan sekali dalam lingkaran dengan angka 1 di dalamnya di kolom “Tambahkan Caption”.

Kirim foto atau video yang dipilih seperti biasa. Jika penerima foto atau video telah melihat konten yang dikirim, kata “buka” akan muncul di obrolan.

WhatsApp mengingatkan pengguna untuk mengirimkan foto atau video melalui fitur One Time View kepada pengguna terpercaya.

Karena penerima masih dapat mengambil tangkapan layar sebelum konten menghilang, pengirim tidak akan menerima pemberitahuan jika seseorang mengambil tangkapan layar atau merekam layar.

Penerima pesan juga dapat mengambil foto atau video dari media yang dikirim menggunakan perangkat lain seperti kamera sebelum media tersebut menghilang.