Cara Check In Online Wings Air Melalaui aplikasi dan Web
Cara Check In Online Wings Air Melalaui aplikasi dan Web

Cara Check In Online Wings Air Melalaui aplikasi dan Web

Cara check in online wings air – Wings Air merupakan salah satu maskapai penerbangan niaga Indonesia yang terus berinovasi mengikuti perkembangan zaman. Baru-baru ini, para pelancong sekarang dapat check-in ke Wings Air secara online.

Anda yang sering terbang tahu bahwa sebelum layanan ini tersedia, check-in harus melalui kantor maskapai di bandara.

Jika Anda punya banyak waktu atau sempat datang lebih awal, mungkin tidak masalah. Namun, jika Anda tidak punya banyak waktu atau takut terlambat, check-in online bisa menjadi solusi untuk mengonfirmasi penerbangan Anda, bahkan sesaat setelah membeli tiket.

Online check-in sendiri merupakan proses konfirmasi yang dilakukan calon penumpang kepada awak pesawat sebelum mengikuti penerbangan online.

Anak perusahaan Lion Air ini setidaknya memiliki dua cara untuk melakukan check in online, pertama melalui aplikasi dan kedua web. Berikut ulasannya.

Cara check in online Wings Air melalui APP

Setidaknya ada beberapa aplikasi pemesanan tiket online yang bisa digunakan untuk check in ke Wings Air secara online melalui aplikasi tersebut. Berikut daftar dan cara check in online Wings Air yang bisa Anda coba.

BACA JUGA :   Cara Daftar Facebook Lewat HP Dengan Cepat dan Mudah
Wings Air tidak memiliki aplikasi khusus untuk check in, Anda bisa melakukan check in online Wings Air melalui Traveloka atau Tiket.com (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

check in online wings air dengan Traveloka

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendapatkan aplikasi ini, jika tidak maka Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu. Kemudian lakukan langkah-langkah berikut:

Masuk/daftar akun Traveloka jika Anda belum memilikinya

Buka e-tiket, melalui menu “Pesanan” atau “Check-in Online” di halaman utama, lalu klik “Check-in Online”

Isi data check-in online, jika sudah klik tombol “Check-in”

Jika check-in berhasil, boarding pass Wings Air dapat dilihat melalui e-tiket, serta alamat email

Pastikan boarding pass yang Anda terima sudah benar, lalu unduh dan bawa pada hari keberangkatan

Check-in online melalui aplikasi Tiket.com

Mirip dengan Traveloka, hal pertama yang perlu Anda pastikan adalah bahwa Anda memiliki aplikasi ini, jika Anda belum mengunduhnya, ikuti langkah-langkah ini:

Buka aplikasi Tiket.com, lalu pilih Next Trip.

BACA JUGA :   Daftar Orang Terkaya Terbaru di Indonesia, Siapa Saja?

Beberapa menu akan muncul di halaman, klik pemesanan tiket pesawat yang ingin check in online, pastikan statusnya bisa “online check-in”

Selanjutnya, konfirmasi syarat dan ketentuan check-in online

Pilih kursi pesawat

Check-in online selesai dan untuk melihat boarding pass Anda, Anda dapat melihatnya melalui menu “Pesanan Saya”

Cara check in online Wings Air via web

Hal pertama yang harus Anda lakukan check-in online melalui website ini adalah dengan mengakses website resmi maskapai melalui laman https://www.lionair.co.id/id.

Setelah membukanya, Anda dapat mengatur preferensi bahasa Anda saat menggunakan situs web yang terletak di kanan atas layar.

Check in online via web dan aplikasi dapat memangkas waktu antre di bandara (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)

Kemudian, ikuti langkah-langkah ini:

Isi data sesuai dengan tiket yang dibeli, antara lain nama belakang, kode reservasi (booking reference), bandara keberangkatan dan nomor penerbangan (flight number).

Selanjutnya, klik kolom “Search” atau “Search Data”. Pastikan data dimasukkan dengan benar, jika tidak pencarian tiket tidak akan berhasil.

Jika berhasil dan data yang dimasukkan benar, maka akan terhubung dengan fasilitas layanan informasi bagasi. Akan ada pertanyaan berupa “Apakah bagasi penumpang berbahaya dan layak terbang”.

BACA JUGA :   Begini Syarat dan Cara Perpanjang STNK 5 Tahunan

Jika Anda tidak membutuhkan fasilitas tambahan terkait barang bawaan atau bagasi dan Anda yakin dengan kondisi keamanannya, pilih “tidak, lanjutkan masuk” atau “No, continue check in”.

Di bagian selanjutnya, Anda akan mendapatkan informasi detail tentang penerbangan, mulai dari nomor penerbangan dan waktu keberangkatan hingga perkiraan waktu kedatangan di bandara tujuan.

Di halaman ini, Anda dapat memilih tempat duduk Anda dengan mengklik “Sesuaikan Perjalanan Anda”. Jika tempat duduknya berwarna atau merah berarti sudah diisi penumpang lain, tetapi jika berwarna hijau berarti masih tersedia dan bisa dipilih.

Pilih salah satu kursi hijau.

Setelah memilih tempat duduk, pilih “Kembali” atau “Return”

Terakhir, setelah itu klik “Check-in” dan selanjutnya Anda akan menerima boarding pass dalam format PDF yang akan dikirimkan melalui alamat email.

Untuk mendaftar, Wings Air dapat diakses secara online untuk check-in melalui web ini 24 jam hingga 4 jam sebelum waktu keberangkatan.

Bagaimana cara check in online Wings Air via aplikasi dan web ini sederhana dan mudah diterapkan, bukan?

Hal yang perlu diperhatikan, saat melakukan check in online adalah pastikan data yang dimasukkan sudah benar.

Dan jangan lupa untuk mencetak boarding pass Anda saat ini untuk ditunjukkan kepada staf bandara pada hari keberangkatan.