Layanan Pinjaman Online dengan Bunga Kecil
Layanan Pinjaman Online dengan Bunga Kecil

Layanan Pinjaman Online dengan Bunga Kecil

Pinjaman online dengan bunga kecil – Era digitalisasi semakin mengubah cara dan kebiasaan manusia. Saat memberikan pinjaman atau kredit misalnya, masyarakat hanya bisa melakukannya dari rumah di era digital saat ini.

Bandingkan ini dengan zaman kuno, ketika teknologi tidak dominan dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan tatap muka pasti memakan banyak waktu. Lain halnya saat online atau daring, semuanya mudah dan cepat.

Bahkan jika harus bertatap muka, tidak akan membuang waktu karena sebagian prosesnya dilakukan secara online.

Berbicara tentang pinjaman keuangan, kemajuan teknologi mampu menciptakan sebuah inovasi untuk layanan keuangan berbasis teknologi, atau yang dikenal dengan Fintech.

Dikutip dari laman bi.go.id, Fintech merupakan hasil perpaduan antara layanan keuangan dan teknologi yang pada akhirnya mengubah model bisnis dari tradisional menjadi moderat.

Dengan fintech, semua orang melakukan transaksi jarak jauh. Kini siapa saja bisa mengirim uang tanpa harus ke bank untuk sekedar pinjam uang secara online atau dikenal dengan istilah peer-to-peer (P2P) financial technology lending.

BACA JUGA :   Download Aplikasi Jual Beli Bitcoin Terbaik 2021

Sesuai Peraturan OJK No. 77/POJK.01/2016, FinTech Lending/Peer-to-Peer Lending/P2P Lending adalah layanan peminjaman uang dalam mata uang rupiah secara langsung antara kreditur/pemberi pinjaman (lender) dan debitur/peminjam (recipients pinjaman) berbasis teknologi informasi.

Dirangkum IDN Times berikut beberapa layanan pinjaman online dengan bunga kecil.

Sebagai catatan, semua fintech lender terdaftar di OJK, ya. Hal ini tentunya untuk memastikan transaksi Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan.

1. UangME

Ilustrasi credit (IDN Times/Arief Rahmat)

Layanan pinjaman online dengan bunga kecil yang pertama adalah UangME. Fintech yang baru mendapat izin dari OJK pada Januari 2021 ini menawarkan uang tunai online melalui aplikasi dengan limit Rp 400.000 – Rp 4 juta dan biaya harian 0,79 persen.

Bunga yang ditawarkan oleh UangME sangat rendah, yaitu bunga harian 0,07 persen per hari dan biaya layanan 0,2 persen per hari.

Untuk mengajukan pinjaman, Anda harus berusia di atas 21 tahun dan memiliki penghasilan dan rekening bank.

UangMe terdaftar di OJK dengan nama PT Uangme Fintek Indonesia dan memiliki sertifikat pendaftaran KEP-4/D.05/2021.

2. Kredivo

Kredivo pelopor paylater (Dok. IDN Times)

Kredivo merupakan salah satu pionir perusahaan fintech ternama di Indonesia. Sejak berdiri pada tahun 2016, perusahaan ini menawarkan cicilan tanpa kartu kredit dan tunai dengan tingkat bunga yang relatif rendah, hanya sekitar 2,6 persen per bulan.

BACA JUGA :   Tips Mengelola Keuangan Bulanan Dengan Benar

Untuk mengajukan Pinjaman Fintech P2P Lending Online yang terdaftar di OJK, Anda hanya perlu menyiapkan ID dan mendaftar di aplikasi.

Kredivo terdaftar di OJK dengan nama FinAccel, sebagai perusahaan induk. Bukti Terdaftar PT FinAccel Digital Indonesia No. S-236/NB.213/2018 dari OJK

3. Pinjam yuk

Ilustrasi Fintech (IDN Times/Arief Rahmat)

Pinjaman online dengan bunga kecil lain yang terdaftar di OJK adalah Pinjam Yuk, yang menawarkan dua produk, Pinjaman Cepat dan Kredit UMKM/Produktivitas dengan bunga yang dihitung setiap hari.

Untuk mendapatkan pinjaman online ini, peminjam harus berusia 18 tahun ke atas, warga negara Indonesia, memiliki penghasilan sendiri dan memiliki rekening bank.

Kemudian, peminjam dapat mendaftar pada aplikasi dan menunggu selama 2 jam hingga audit berlangsung.

Bukti peminjaman yang terdaftar di OJK adalah KEP-2/D.05/2021 atas nama perusahaan PT Kuaikuai Tech Indonesia.

4. Jolo

pexels.com/rawpixel

Selain itu, Julo merupakan perusahaan fintech yang menawarkan tiga produk pinjaman online, antara lain Julo Mini, Julo Cicil, dan Julo Collateral.

BACA JUGA :   Peluang Bisnis Dengan Modal Kecil Tapi Untung Besar

Di antara ketiga produk tersebut, bunganya 10 persen untuk Julo Mini dan 4 persen untuk Julo Cicil. Adapun Jaminan Julo

Tanpa bunga karena kredit menjadikan sepeda motor, mobil atau sertifikat dari BPKB sebagai jaminan atau jaminan.

Peminjam yang dapat meminjam dari Julo dibatasi untuk orang berusia antara 21 dan 60 tahun, pegawai negeri atau pegawai swasta, dengan penghasilan minimal Rp 2 juta per bulan.

Julo juga terdaftar di OJK atas nama PT Julo Teknologi Finansial dan Bukti Pendaftaran KEP – 16/D.05/2020, sehingga transaksi aman.

5. TunaiKita

pixabay.com/EmAji

Pinjaman online dengan bunga kecil berikutnya adalah TunaiKita yang menyediakan pinjaman jangka pendek dengan dua pilihan produk, Sakti dan Cepat. Bunga yang diberikan sangat rendah, hanya 0,4 persen – 0,8 persen per hari.

Untuk mengajukan pinjaman online di TunaiKita, Anda harus warga negara Indonesia, berusia 21-60 tahun, memiliki KTP dan NPWP, serta memiliki rekening bank lokal.

Selain itu, pinjaman online yang terdaftar di OJK ini hanya untuk yang berdomisili di Jabodetabek.

TuniaKita terdaftar di OJK dengan nama PT Digital Tunai Kita dan Bukti Pendaftaran S-3973/NB.111/2017.