Penyebab Penyakit Tipes dan Cara Mencegahnya yang Benar
Penyebab Penyakit Tipes dan Cara Mencegahnya yang Benar

Penyebab Penyakit Tipes dan Cara Mencegahnya yang Benar

Penyebab Penyakit tipes – tipes disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini menyebabkan gejala tipes seperti demam tinggi, sembelit, diare, atau sakit perut.

Saat bakteri tipes masuk ke dalam tubuh, biasanya setelah satu atau dua minggu Anda akan merasakan gejala pertama.

Ciri-ciri tipes biasanya muncul secara bertahap selama dua minggu setelah infeksi. Semua usia bisa terkena penyakit ini, terutama anak-anak. Ini karena anak-anak memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Selain itu, penyakit tipes dapat menyerang masyarakat yang suka jajan sembarangan, dan tinggal di permukiman kumuh dengan sanitasi yang buruk dan air bersih yang terbatas. Berikut beberapa penyebab penyakit tipes yang perlu Anda ketahui.

Penyebab tipes

Berikut beberapa kebiasaan yang bisa membuat bakteri Salmonella typhi menyerang tubuh Anda:

Makan makanan yang tidak bersih

Makanan yang tidak bersih lebih rentan terhadap infeksi bakteri penyebab penyakit tipes. Bahkan ikan atau makanan laut lainnya yang terkontaminasi dan tidak bersih dapat membuat Anda menderita berbagai gejala tipes.

Bakteri penyebab tipes juga dapat hidup dalam urin orang yang terinfeksi. Oleh karena itu, ketika air seni mencemari air sungai atau air laut yang di dalamnya terdapat ikan atau hewan laut lainnya, Anda juga bisa terkena penyakit tipes. Hal ini dikarenakan ikan atau hewan laut juga menjadi konsumsi sehari-hari bagi banyak orang.

BACA JUGA :   Berikut 7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Selain itu, memakan makanan tanpa mencuci tangan dengan benar atau setelah buang air kecil dapat menyebarkan bakteri yang terinfeksi ini pada makanan yang akan dimakan.

Makan jajan sembarangan atau di tempat yang tidak bersih

Ngemil sembarangan atau ngemil di tempat yang tidak bersih adalah penyebab paling umum dari penyakit tipes. Hal ini biasanya terjadi ketika daya tahan tubuh sedang menurun, sedangkan jajanan yang Anda beli terinfeksi bakteri.

Minum air yang tidak bersih

Pada dasarnya, dalam menjaga diri dari paparan bakteri penyebab tipes adalah menjaga kebersihan. Semua penyebab tipes yang dijelaskan sebelumnya melibatkan sesuatu yang najis. Minum air yang tidak bersih tentu saja akan meningkatkan risiko Anda terkena tipes.

Menggunakan toilet yang tidak bersih

BACA JUGA :   Penerapan Pola Makan Sehat Ini Dapat Mengatasi Insomnia

Ini biasanya terjadi ketika Anda menggunakan toilet yang sama dengan penderita tipes. Bakteri Salmonella typhi dapat bertahan hidup bahkan dalam tinja orang yang terinfeksi.

Pastikan toilet yang Anda gunakan benar-benar bersih, terutama jika pernah digunakan oleh orang yang terinfeksi. Oleh karena itu, sebaiknya hindari penggunaan toilet umum atau toilet rumah sakit di ruangan dengan pasien tipes, jika tidak ingin terinfeksi bakteri penyebab tipes.

Cara mencegah

Setelah mengetahui berbagai penyebab penyakit tipes, tentunya Anda harus menghindarinya agar tetap sehat. Agen penyebab tipes sering dikaitkan dengan kondisi lingkungan dan sanitasi yang tidak memadai.

Berikut beberapa cara untuk mencegah penyakit tipes:

Cuci tangan. Cara pencegahan tipes yang pertama adalah dengan mencuci tangan. Cuci tangan sebelum menyiapkan makanan, sebelum dan sesudah makan, dan setelah menggunakan toilet. Gunakan air bersih yang mengalir dan sabun saat mencuci tangan.

Minum air mendidih. Minum air rebusan juga bisa menjadi cara untuk mencegah penyakit tipes. Pastikan untuk minum air matang. Selain itu, minumlah air dari mangkuk atau tempat yang telah dicuci bersih. Jika Anda minum dengan es batu, pastikan itu dibuat dengan air mendidih.

BACA JUGA :   Cara Mengetahui Diet Kita Berhasil Atau Tidak

Perhatikan kebersihan makanan. Perhatian terhadap higiene makanan merupakan hal wajib dalam mencegah penyakit tipes. Hindari makan makanan yang tidak dijamin kebersihannya.

Misalnya, makanan pinggir jalan lebih rentan terpapar bakteri. Pastikan juga makanan yang akan dikonsumsi dimasak dengan matang. Jika Anda harus makan makanan mentah, seperti sayuran atau buah-buahan, pastikan untuk mencucinya dengan baik.

Biarkan lingkungan bersih. Dengan menjaga kebersihan lingkungan, Anda dapat mengurangi risiko penularan tipes. Bahkan, peralatan di sekitar Anda tidak menutup kemungkinan terkontaminasi bakteri penyebab penyakit tipes. Misalnya perlengkapan di kamar mandi atau kamar tidur.

Karena tipes dapat menyebabkan banyak komplikasi fatal, seperti hepatitis, perdarahan gastrointestinal dan hipovolemia, tindakan pencegahan harus segera dilakukan dengan mengikuti kebiasaan hidup bersih dan sehat.

Itulah beberapa penyebab, dan cara pencegahan penyakit tipes yang perlu Anda pahami. Usahakan untuk menghindari penyebab penyakit tipes karena mencegah lebih baik daripada mengobati.