Koneksi Internet Di Indonesia Semakin Tercepat Sepanjang Tahun 2020
Ilustrasi koneksi internet

Koneksi Internet Di Indonesia Semakin Cepat Pada Tahun 2020

Kebutuhan akan Koneksi internet, terutama pada saat terjadi pandemi, menjadikan Internet salah satu kebutuhan paling Umum.

Selain kemudahan untuk mengakses internet di berbagai daerah di Indonesia, konsumsi digital juga meningkat drastis sejak pandemi, Terutama untuk kebutuhan belajar dan bekerja.

Baru-baru ini situs uji kecepatan koneksi internet Ookla, Speedtest.net, merilis rata-rata kecepatan internet di Indonesia dan performa penyedia layanan internet.

Speedtest memaparkan pada tahun 2020 koneksi Internet di Indonesia meningkat jika dibandingkan tahun 2019 yang lalu. Hal tersebut bisa di lihat pada kecepatan unduh dan unggah yang masing-masing meningkat sebesar 4 Mbps dan 1 Mbps, seperti dilansir laman speedtest.net, Kamis (11/2). ) / 2021).

BACA JUGA :   Begini Cara Daftar Google AdSense di Android Bagi Pemula

Laporan Uji Kecepatan menunjukkan bahwa rata-rata kecepatan unduh dan unggah layanan Internet seluler di Indonesia adalah 17,26 Mbps dan 11,44 Mbps pada tahun 2020.

Kecepatan tersebut meningkat drastis dibandingkan pada tahun 2019 yang tercatat dengan kecepatan unduh 13,83 Mbps dan kecepatan unggah 10,42 Mbps.

Namun sangat di sayangkan kecepatan internet tersebut tidak diikuti dengan kecepatan latensi internet di Indonesia. Latensi Internet di Indonesia telah menurun dari 44ms pada tahun 2019 menjadi 37ms pada tahun 2020.

Penurunan latency internet ini tidak lain disebabkan oleh pengaruh masyarakat Indonesia yang selalu ingin bermain game secara online meskipun kecepatan koneksinya sedang lag.
Dari segi ISP atau provider layanan internet, Speedtest memposisikan Telkomsel sebagai operator seluler dengan koneksi internet yang tercepat di Indonesia.

BACA JUGA :   Jenis Kamera untuk Vlog/YouTuber Pemula

Telkomsel mencatatkan koneksi internet tercepat terlihat pada kuartal ketiga dan keempat di tahun 2020, dengan kecepatan 22,22 Mbps pada chipset modern.

Sedangkan Untuk provider Indosat dan XL juga menempati urutan kedua dan ketiga dengan kecepatan internet 19,13 dan 15,41. Di belakangnya, ada provider Smartfren dan Tri yang mempunyai rating kecepatan internet 12,27.

Jika Dilihat dari rata-rata latensi, selama kuartal ketiga dan keempat pada tahun 2020, Telkomsel memiliki latensi yang paling rendah yaitu 33ms. Sedangkan rata-rata latency dari provider Tri dan Indosat adalah 35ms dan 37ms.