Masalah dan Perawatan Kulkas Untuk Menjaga Kinerja nya
Masalah dan Perawatan Kulkas Untuk Menjaga Kinerja nya

Masalah dan Perawatan Kulkas Untuk Menjaga Kinerja nya

Sebagai perangkat elektronik yang dapat diandalkan untuk menyimpan berbagai makanan, kebersihan dan kondisi lemari es harus diperhatikan.

Sehingga kulkas dapat bekerja lebih efisien dan memiliki daya tahan yang lama. Namun tidak dapat dipungkiri, banyak masalah yang akan muncul saat menggunakan perangkat elektronik ini, salah satunya adalah kebocoran kulkas atau air dari kulkas membanjiri seluruh lantai.

Seperti dilansir CNet, Kamis (22/4/2021), kedua masalah tersebut kemungkinan besar disebabkan oleh embun beku yang mulai menumpuk di dinding freezer, sehingga ice maker tidak bekerja maksimal dan menyebabkan banyak tetesan air.

Namun sebenarnya ini adalah masalah umum lemari es yang sering terjadi, berikut beberapa masalah umum yang sering terjadi dan cara perawatan pada kulkas.

kebocoran kulkas

Genangan air di bawah lemari es bukanlah pertanda baik, tetapi juga umum terjadi dan dapat diobati dengan relatif mudah. Kebocoran air biasanya disebabkan oleh salah satu dari dua masalah.

BACA JUGA :   Servis AC Mobil Murah Tapi Bukan Murahan

Saluran es yang tersumbat adalah bentuk suwatu penyebab paling umum. Jika ada terjadi penyumbatan selang pembuangan, yang dapat menyebabkan penumpukan es, dan akhirnya air bocor dari freezer dan kulkas.

Untuk mengatasinya, matikan lemari es, lalu tarik lemari es dari dinding dan temukan selang pembuangan pencairan es di panel servis belakang bawah.

Di beberapa lemari es, selang ini terletak di piring di dasar lemari es, jadi Anda harus membukanya terlebih dahulu. Selang ini harus memiliki katup karet yang membantu mengatur kelembapan dan diketahui dapat mengangkat kotoran dan bakiak. Bersihkan katup dengan air sabun panas dan pasang kembali katup.

Selain itu, kebocoran lemari es juga dapat terjadi karena dari waktu ke waktu penyumbatan atau penyumbatan saluran pasokan air beku akan menyebabkan air terkumpul di bawah lemari es.

Terlalu banyak penumpukan es di dalam freezer

– Jika bagian dalam freezer Anda memiliki banyak es yang menumpuk, ada yang salah. Ada beberapa penyebab potensial embun beku di dalam freezer, dan beberapa perbaikan cepat. Membiarkan pintu freezer terbuka untuk waktu yang lama dapat meningkatkan tingkat kelembaban di dalam freezer, yang mengarah pada pembentukan embun beku dan es.

BACA JUGA :   Cara Instal Aplikasi di Laptop Bagi Pemula dengan Mudah

coba membiasakan tidak membiarkan pintu freezer terbuka lebih lama dari yang diperlukan. segel atau paking yang rusak juga dapat menyebabkan embun beku yang tidak di harapkan.

Untuk menjaga paking, coba bersihkan segel di sekitar pintu freezer dari dalam menggunakan air sabun hangat dan kain lap. Gunakan handuk untuk mengeringkan segel dan area di sekitarnya, lalu tutup freezer.

Jikalao itu tiada hasilnya , cobalah pasang paking baru.

Harus melakukan pencairan kulkas

Menempatkan makanan yang berbeda di lemari es atau freezer adalah cara paling ampuh untuk mengawetkannya. Hal ini dapat menghentikan pertumbuhan dan pergerakan mikroba penyebab pembusukan makanan. Namun ini tidak membunuh kuman dan bakteri, hanya menghentikannya.

Makanan beku berguna untuk waktu yang tidak ditentukan bila disimpan di bawah minus 17 derajat Celcius.
Meskipun freezer atau bagian bawah lemari es tetap dingin, suhu di dalam freezer akan berfluktuasi setiap kali pintu dibuka.

Udara hangat mengandung lebih banyak uap air daripada udara dingin. Ketika udara hangat campur udara dingin, ia mengembun atau berubah menjadi air. Setiap Anda membuka freezer, udara hangat masuk dan mengembun. Biasanya di sisi dan rak freezer standar dalam bentuk es.

BACA JUGA :   Cara Mengurus STNK Hilang, Begini Syarat dan Prosedurnya

Haruskah es mencair?

Kulkas bebas es dilengkapi koil pemanas dan sensor suhu untuk mencegah pembentukan embun di dalam alat.
Namun, jika freezer Anda tidak bebas embun beku, Anda mungkin menemukan bahwa itu menumpuk.

Dinding es ini akan mempersulit freezer bekerja secara efisien. Yang harus di lakukan mencairkan freezer secara manual saat es menumpuk di area yang luas dan melebihi seperempat inci.

Hal ini dilakukan untuk menjaga lemari es dalam keadaan baik dan bekerja lebih efisien. Mencairkan freezer juga akan meningkatkan efisiensi dan ruang, jadi luangkan waktu untuk melakukannya secara teratur.

luangkan beberapa menit untuk membersihkan koil kondensor freezer Anda dan periksa paking pintu.

Harus dibersihkan

-Mungkin banyak pengguna lemari es yang jarang memperhatikan hal ini, namun meskipun sangat sepele, juga dapat menjaga kualitas barang, sehingga pengguna harus meluangkan waktu untuk membersihkannya baik sebulan sekali atau dua minggu sekali agar lebih awet. terpelihara Selalu pada unit dengan kualitas dan kinerja optimal.