5 Tradisi Unik 17 Agustus yang Seru di Indonesia
5 Tradisi Unik 17 Agustus yang Seru di Indonesia

5 Tradisi Unik 17 Agustus yang Seru di Indonesia

Tradisi unik 17 Agustus selalu menjadi kegiatan yang spesial bagi masyarakat indonesia

untuk menyambut Hari Kemerdekaan di Indonesia, Pada 17 agustus banyak orang Indonesia memiliki tradisi unik dan seru.

Tradisi unik 17 agustus ini bertujuan untuk mendorong semangat masyarakat untuk mengingat perjuangan para pahlawan bangsa untuk kemerdekaan.

Dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini agar tetap semangat, mari kita bernostalgia dengan tradisi unik 17 agustus yang ada pada masyarakat Indonesia dalam menyambut Hari Kemerdekaan.

1. Karnaval Busana Jumper – Jember, Jawa Timur

Jember Fashion Carnaval (JFC) merupakan karnaval tahunan yang diadakan oleh warga Jember, Jawa Timur.

Tradisi unik 17 agustus ini diawali dengan prosesi Reog Ponorogo yang sebelumnya hanya diikuti oleh warga Jember.

Lambat laun, tradisi ini semakin populer bahkan dilihat oleh wisatawan domestik dan internasional dari berbagai daerah dan negara.

Dalam tradisi ini biasanya dipajang berbagai pakaian unik bernuansa tradisional khas Jember.

Karena mengusung konsep walking carnival, JFC biasanya digelar di jalan utama di Jember dengan jarak kurang lebih 4 kilometer.

BACA JUGA :   Berikut Jadwal SKD CPNS Kemenko Marve 2021

Sebelumnya tradisi ini hanya dilakukan oleh warga Jember, namun kini para seniman dan desainer ternama juga turut aktif dalam acara tersebut.

Meski tradisi JFC tidak bisa dipertahankan seperti sebelum pandemi, Anda tetap bisa berkontribusi merayakan kemerdekaan dengan mengapresiasi karya-karya lokal dari Jawa Timur. Salah satunya oleh JP Wood Art Crafts.

2. Lomba Dayung – Banjarmasin Kalimantan Selatan

Tradisi unik 17 agustus yang ke 2 adalah lomba dayung yang merupakan tradisi paling sering dilakukan oleh masyarakat di pulau Kalimantan yaitu di Banjarmasin.

Perahu yang digunakan dalam tradisi ini biasanya perahu berbentuk naga. Tak heran jika tradisi ini disebut juga dengan tradisi mendayung perahu naga.

Sejak tahun 1924, lomba dayung menjadi salah satu tradisi yang berlangsung di Sungai Martapura.

Namun, tradisi ini tidak hanya hiburan dan tradisi, tetapi juga tempat untuk menemukan pendayung terkenal.

Meski pada awalnya olahraga dayung hanya dilakukan oleh warga sekitar, namun lomba dayung ini menarik perhatian banyak orang. Bahkan, tradisi mendayung kini kerap diikuti oleh peserta dari provinsi tetangga.

3. Lomba Berlayar – Batam, Kepulauan Riau

Tradisi unik 17 agustus yang tak kalah seru dari daerah lain, masyarakat Batam juga memiliki tradisi unik 17 agustus saat Hari Kemerdekaan Indonesia, yaitu lomba kano.

BACA JUGA :   Diskon Tarif Listrik PLN Diperpanjang, Sudah Tahukah Anda?

Sejak tahun 1965, tradisi ini telah diadakan dan dilakukan oleh penduduk setempat setelah Upacara Kemerdekaan. Dalam tradisi ini, akan ada banyak perahu warna-warni yang berpacu cepat untuk mencapai garis finis.

Seperti namanya, kompetisi ini akan menggunakan layar dan hembusan angin agar perahu bisa bergerak cepat. Kapal tercepat yang mencapai garis finis adalah pemenangnya.

Meski kompetisi ini tidak bisa dilakukan di tengah pandemi, bukan berarti Anda tidak bisa merasakan momen kemerdekaan seperti masyarakat Batam.

Anda tetap bisa menyaksikan lomba perahu layar masa lalu dari rumah sambil menyantap makanan khas roti jelatang favorit Riau dari Ems Kitchen.

4. Klub Sepak Bola Durian – Kebumen, Jawa Tengah

Sepak bola merupakan salah satu olahraga terfavorit di dunia, termasuk Indonesia.

Namun, bagaimana jika bolanya berubah menjadi durian? Meski terdengar cukup ekstrem, ternyata Durian Football rutin dirayakan masyarakat Kebumen, Jawa Tengah untuk menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia.

Tradisi unik 17 agustus sepak bola ini biasanya dilakukan oleh anggota Laskar Sensus 99 dan anggota Forum Spiritual.

Bahkan sebelum tradisi, seluruh peserta, penonton dan lainnya menggelar doa bersama untuk keselamatan para peserta.

BACA JUGA :   Seorang Ibu Tega Membunuh Anak Kandung di Brebes

Sangat unik dan menyenangkan bukan? Bagi Anda yang rindu bermain sepak bola, kini hadir juga permainan sepak bola kreatif di subsektor fantasista yang bisa diakses melalui agate.id.

5. Teluk Abang – Palembang, Sumatera Selatan

Pernahkah Anda mendengar tentang tradisi saudara Telok? Tradisi unik ini hanya bisa ditemukan di Palembang saat Hari Kemerdekaan Indonesia.

Seperti namanya, telok saudara mengacu pada telur yang dicat merah. Tradisi ini sudah ada sejak zaman Belanda untuk merayakan hari lahir Ratu Belanda.

Meski tradisi ini sudah merdeka, tradisi ini tetap dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Biasanya orang merebus telur dan memberi mereka lapisan merah. Apalagi telur-telur itu akan diletakkan dalam wadah berupa mainan berupa kereta api, pesawat terbang, kapal laut, dan mobil.

Mainan biasanya terbuat dari gabus, kayu atau styrofoam.

Rindu dengan tradisi kemerdekaan Palembang ini? Di tengah pandemi, Anda tetap bisa merayakan kemerdekaan dengan cara lain.

Salah satunya dengan membeli desain lokal dari Palembang, seperti set dari VR Textile. Ada banyak tas, baju dan dompet yang terbuat dari khas Palembang

kain seperti Songket, Jumputan dan Tanjung.

Meski tradisi ini tidak bisa dilakukan di tengah pandemi saat ini, bukan berarti Anda tidak bisa mengikuti perayaan Hari Kemerdekaan. Anda dapat terus berkontribusi dalam penciptaan #IndonesiaTangguhIndonesiaTumbuh

Dengan aturan Protokol Kesehatan 6M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari keramaian, membatasi pergerakan, dan menghindari makan bersama) ketika harus keluar dan mengikuti program vaksinasi.