Kreator YouTube Shorts Indonesia Mendapatkan bayaran Rp 140 juta
Kreator YouTube Shorts Indonesia Mendapatkan bayaran Rp 140 juta

Kreator YouTube Shorts Indonesia Mendapatkan bayaran Rp 140 juta

YouTube sekarang mencoba membuat lebih banyak pembuat konten menggunakan Shorts, fitur video pendek yang mirip dengan TikTok dan Reels Instagram.

Salah satu caranya adalah dengan memberikan umpan berupa bonus/gaji iming-iming senilai $100 juta atau 1,43 triliun rupiah melalui program yang disebut Shorts Fund.

Hadiah ini khusus untuk pembuat konten yang menghasilkan video pendek paling menarik dan paling banyak dilihat dari tahun 2021 hingga 2022.

YouTube mengumumkan pada bulan Agustus bahwa pembuat film pendek dari 10 negara akan mulai menerima gaji mulai dari $ 100 hingga $ 10.000 per bulan, atau Rp 1,4 juta hingga Rp 143,9 juta.

Pada tahap awal, kreator film pendek yang berkesempatan mendapatkan reward dari YouTube berasal dari Indonesia, Amerika Serikat, India, Brasil, Jepang, Inggris, Meksiko, Nigeria, Rusia dan Afrika Selatan, serta negara-negara lain telah mengikuti. .

Nantinya,kreator YouTube akan mengirimkan notifikasi ke ribuan kreator untuk menerima uang sebagai imbalan dari program shorts mereka.

Kreator juga harus segera mengklaim hadiah sebelum batas waktu, jika tidak, hadiah akan hangus.

BACA JUGA :   Jenis Kamera untuk Vlog/YouTuber Pemula

“Mulai minggu depan, jika Anda memenuhi syarat untuk menerima pembayaran dari Shorts Box, kami akan mengirimkan pemberitahuan di aplikasi YouTube untuk memberi tahu Anda jumlah bonus dan cara mengklaimnya,” tulis Jordan dari TeamYouTube dalam sebuah posting di Google. Mendukung. halaman.

“Anda memiliki waktu hingga tanggal 25 setiap bulan untuk mengklaim hadiah bonus Anda, jika tidak, pembayaran bonus Anda dapat kedaluwarsa.”

4 syarat untuk memberi penghargaan kepada pencipta dengan uang

Kreator YouTube mengatakan akan menganalisis saluran pembuat konten berkinerja terbaik. Selanjutnya, hitung reward mereka berdasarkan jumlah penayangan, dari mana audiens mereka berasal, dan faktor lainnya.

Sayangnya,kreator YouTube tidak ingin memberikan perincian tentang jumlah minimum penayangan film pendek yang harus dicapai pembuat konten untuk menerima hadiah uang ini. Sebab, menurut YouTube, jumlah minimum views akan berubah dari waktu ke waktu.

Kabar baiknya adalah bahwa YouTube menetapkan persyaratan minimum bagi pembuat konten untuk memiliki kesempatan menerima pembayaran langsung dari perusahaan.

BACA JUGA :   Tertarik Mencoba?ini Daftar Game XCloud di PC

Pertama, kreator harus membuat video pendek orisinal alias konten non daur ulang yang diunggah ke media sosial lain atau bahkan diberi watermark dari media sosial lain.

Mengingat banyaknya aplikasi dan situs yang memungkinkan pengguna menghapus tanda air, YouTube mengklaim telah mengantisipasinya.

Perusahaan diketahui menggunakan kombinasi metode otomatis dan tinjauan manusia untuk memastikan bahwa film pendek yang dibuat oleh pembuat konten adalah konten asli.

Syarat kedua adalah pencipta harus berusia minimal 13 tahun atau lebih.

Ketiga, pencipta juga harus menerima semua persyaratan dari YouTube dan menautkan akun AdSense-nya karena hadiah akan dikirim langsung melalui akun. Kreator yang berusia antara 13 dan 18 tahun juga harus meminta orang tua atau wali untuk membuat akun AdSense.

Keempat, saluran kreator YouTube pembuat konten harus memiliki setidaknya satu video pendek dalam 180 hari terakhir. Tentu saja, video pendek ini harus mematuhi pedoman komunitas, aturan hak cipta, dan kebijakan monetisasi yang berlaku di YouTube.

BACA JUGA :   Aplikasi Game berbasis keterampilan

Dihimpun KompasTekno dari Tech Crunch, Rabu (4/8/2021), YouTube mengaku belum menentukan kategori khusus untuk video pendek yang akan dievaluasi dalam program shorts ini. Oleh karena itu, ini memberi pembuat konten pengalaman dan produksi video pendek apa pun.

YouTube juga mengkonfirmasi bahwa semua penayangan video pendek di saluran YouTube pembuat akan terus diperhitungkan sebagai faktor penentu untuk hadiah mereka setiap bulan, bukan hanya bulan video pendek itu diunggah.

Artinya, jumlah penayangan video pendek Anda di bulan Agustus akan terus dihitung dengan jumlah penayangan video pendek yang Anda unggah di bulan-bulan berikutnya, sebagai penentu jumlah reward yang Anda dapatkan.

Dengan diluncurkannya Shorts Fund, YouTube mencatat bahwa sekarang ada 10 cara bagi pembuat konten untuk menghasilkan uang di platformnya, yaitu Iklan, Berbagi Penghasilan YouTube Premium, Langganan Channel, Super Chat, Super Thanks, Super Stickers, Merchandise, Tiket, dan Hubungkan Merek YouTube.