Keuntungan Aplikasi Kasir Online bagi Pelaku UMKM
Keuntungan Aplikasi Kasir Online bagi Pelaku UMKM

Keuntungan Aplikasi Kasir Online bagi Pelaku UMKM

Keuntungan Aplikasi Kasir Online bagi Pelaku UMKM – Usaha kecil menengah atau industri kecil rumahan biasanya mendirikan usahanya dengan sumber daya yang sangat terbatas. Demikian juga permodalan dalam hal ini harta kekayaan usaha juga dalam kondisi sangat terbatas.

Kini aplikasi kasir online, merupakan aplikasi yang diyakini mampu mendukung berjalannya bisnis home industry, dan mempermudah operasionalnya sehari-hari.

Point of Sale (POS) atau Aplikasi Kasir Online adalah sistem aplikasi yang secara otomatis mencatat transaksi penjualan dan stok menggunakan web.

Awalnya, aplikasi kasir online ini hanya digunakan oleh para pelaku industri kuliner. Namun kini semakin banyak pelaku komersial di bidang lain yang juga menggunakan aplikasi ini.

BACA JUGA :   Ganti Background Foto Online Simpel dan Mudah dengan Hasil Wah!

Keuntungan aplikasi kasir online

Ada banyak keuntungan aplikasi kasir ini. Pertama, aplikasi ini mencatat semua transaksi penjualan secara detail, sehingga Anda tidak akan kehilangan catatan transaksi seperti yang sering terjadi pada metode pencatatan manual.

Anda juga bisa melihat informasi mengenai stok barang yang masih tersedia, harga barang dagangan per unit, barang yang paling laris, dan barang yang masih menumpuk karena kurang peminat.

Aplikasi kasir online terbaru dapat mencetak kwitansi dan menerima pembayaran melalui kartu debit atau kredit. Hal ini tentunya memudahkan transaksi dan pelayanan yang lebih kepada konsumen.

Keuntungan Aplikasi Kasir lainnya adalah menggunakan aplikasi hub online tidak mahal, sehingga dapat digunakan bahkan oleh usaha kecil.

Banyak aplikasi kasir online tersedia

Dengan halaman Instagram resmi Kementerian Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, setiap aplikasi kasir online memiliki fitur unggulannya masing-masing.

BACA JUGA :   Inilah Game Offline Battle Royale Terbaik untuk Android

Namun secara umum, mereka harus memiliki fitur seperti pencatatan transaksi, jenis pembayaran, transaksi tunai dan pengingat waktu, pengumpulan data produk dan inventaris, serta fitur tautan ke mesin cetak atau printer.

Beberapa aplikasi kasir online yang ditawarkan oleh anak bangsa untuk dipilih adalah:

Qasir

Keunggulan yang dimiliki Qasir adalah memiliki ciri-ciri pendataan pelaksana dan pegawai. Khusus untuk industri rumahan atau industri kecil yang masih merintis bisa menggunakan fitur Qasir Basic POS yang gratis atau gratis.

moka

Moka adalah aplikasi kasir online Gojek. Fitur Moka sangat lengkap. Moka memiliki fitur back office yang mencatat semua transaksi dari beberapa titik kasir.

Fitur Moka gratis hanya dapat diakses selama 14 hari. Selebihnya Anda harus membeli fitur-fitur yang diperlukan.

BACA JUGA :   Fitur Baru iOS 15 untuk Pengguna iPhone, Simak Nih

kasir pintar

Kasir Pintar versi gratis memiliki beberapa batasan, seperti tanda terima bertanda air yang bertuliskan Kasir Pintar.

Sedangkan Kasir Pintar Pro 10 menyediakan laporan standar yang dapat digunakan atau diakses oleh 4 pengguna. Harga berlangganan Kasir Smart sangat terjangkau, hanya Rp 50.000 per bulan.

Aplikasi Kewirausahaan Majoo

Majoo memiliki fitur untuk persediaan bahan baku, pencatatan transaksi, dan laporan keuangan yang lengkap.

Majoo juga menyediakan akses bisnis ke pembayaran elektronik, modal, dan semua informasi bisnis yang dapat meningkatkan bisnis kecil.

Bagi Anda yang belum pernah menggunakan aplikasi kasir online, tidak ada salahnya untuk mengambil perangkat Anda dan memilih aplikasi yang paling cocok.

Selain memudahkan transaksi, Anda juga tidak perlu membuat sistem pencatatan persediaan lagi secara manual atau menggunakan sistem komputerisasi.