Jenis Lebah Penghasil Madu yang Wajib Anda Ketahui
Jenis Lebah Penghasil Madu yang Wajib Anda Ketahui

Jenis Lebah Penghasil Madu yang Wajib Anda Ketahui

Jenis Lebah Penghasil Madu yang Wajib Anda Ketahui sejak kecil, karena madu tidak hanya dihasilkan dari satu spesies saja.

Menurut sebuah penelitian, dari hampir 20.000 spesies lebah di dunia, ada Jenis Lebah Penghasil Madu yang Wajib Anda Ketahui. Dan 5 diantaranya adalah lebah asli Indonesia. Wow, negara kita benar-benar keren. Berikut jenis lebah penghasil madu menurut para ahli.

1. Lebah madu oriental (Apis serrana / lebah madu Asia)

Lebah madu oriental tersebar di Asia Tenggara dan Asia Selatan, seperti Cina, Korea, Jepang, Pakistan, Bangladesh, India, Papua Nugini, Malaysia dan Indonesia. Terletak di Indonesia di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali dan Lombok.

Subspesies lebah ini adalah Apis indica, asli Indonesia. Lebah ini sangat mudah dirawat, dan tidak akan menyerang kecuali terancam. Ingin mencoba menumbuhkannya?

BACA JUGA :   Cara Mengatasi Dehidrasi Dengan Cepat

2. Lebah hitam (apis andaeniformis / lebah madu drawf hitam)

Lebah hitam paling banyak dijumpai di pulau Jawa dan Kalimantan, namun lebah ini mulai sulit ditemukan sekarang. Selain itu, lebah ini hidup di beberapa negarara yaitu, Malaysia, Filipina, Vietnam, Laos, India, Burma, dan Cina bagian selatan.

3. Lebah barat (apis mellifera)

Di Indonesia, lebah Barat pertama kali dibudidayakan pada tahun 1970 oleh Apiari Pramuka, BPPT dan Kementerian Kehutanan. Lebah ini merupakan lebah yang didatangkan dari Eropa, daerah penyebarannya meliputi Yunani, Perancis, Italia dan Mediterania.

Lebah ini cukup produktif, sehingga banyak yang membudidayakannya. Karena dalam satu tahun hanya bisa dihasilkan 40-50 kg madu dalam satu koloni.

BACA JUGA :   Yang Harus Dihindari Untuk Kesehatan Mulut Dan Gigi

Lebah barat atau apis mellifera kini memiliki banyak subspesies, seperti apis mellifera mellifera, apis mellifera carnica, apis mellifera lingustica, apis mellifera lehzeni, dan apis mellifera caucasia.

Di Indonesia sendiri, lebah barat dibudidayakan di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

4. Lebah madu merah (apis koschevnikivi / lebah madu barat)

Lebah madu merah adalah lebah yang berasal dari pulau Kalimantan. Wilayah sebarannya tidak hanya Kalimantan, tetapi juga meliputi Jawa, Sumatera dan Malaysia. Namun sekarang di pulau Jawa sendiri, keberadaan lebah ini mulai langka. Seperti namanya, lebah ini memiliki tubuh berwarna merah yang memukau.

5. Lebah raksasa/lebah hutan (apis dorsata)

Lebah ini berpostur besar dibandingkan jenis lebah madu lainnya, dan hanya ditemukan di hutan dan tidak dibudidayakan. Lebah madu raksasa adalah spesies lebah yang sengatnya sangat tajam dan menyakitkan.

BACA JUGA :   Mengatasi Kepala Pusing, Pilih yang Alami

Apis dorsata sendiri tersebar luas di iklim tropis dan subtropis, termasuk iklim di Indonesia.

6. Lebah madu lokal Sulawesi (Apis nigrocincta)

Apis nigrocincta adalah sejenis lebah penghasil madu yang hanya terdapat di Filipina dan Indonesia, termasuk Sulawesi dan Kepulauan Sangei. Lebah jenis ini memiliki sifat hidup berkelompok dan jarang bergerak. Dalam satu hari, ratu lebah Apis nigrocincta menghasilkan 2.000 butir telur. Wow, ya, banyak telur yang dihasilkan.

7. Lebah madu kerdil (Apis flora/lebah madu kerdil merah)

Lebah madu ini merupakan lebah madu yang memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan spesies lebah madu lainnya.

Spesies lebah ini adalah satu-satunya yang tidak dapat ditemukan di Indonesia, dan rentang hidupnya meliputi India, Iran, Oman, dan Kamboja.

Ini adalah Jenis Lebah Penghasil Madu yang Wajib Anda Ketahui. Jadi Anda sudah tahu jenis madu yang biasa Anda konsumsi?