Cara Mengatasi Dehidrasi Dengan Cepat
Cara Mengatasi Dehidrasi Dengan Cepat

Cara Mengatasi Dehidrasi Dengan Cepat

Cara Mengatasi Dehidrasi Dengan Cepat, dehidrasi merupakan suatu kondisi di mana tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang dibutuhkan. Tubuh manusia terdiri dari 75% air. Tanpa air ini, tubuh tidak dapat hidup.

Air ditemukan di dalam sel, di dalam pembuluh darah, dan di antara sel. Agar membantu sistem pencernaan mengeluarkan kotoran dan racun dari dalam tubuh, kandungan air yang ideal dalam tubuh sangat diperlukan .

Nutrisi untuk Sel Tubuh Menjaga Kesehatan Kulit Ringkas Berita Medis Saat ini, penyebab utama dehidrasi adalah tidak cukup minum air, kehilangan terlalu banyak air, atau kombinasi keduanya.

Terkadang, seseorang mungkin tidak dapat mengonsumsi cukup cairan karena terlalu sibuk, tidak menerapkan strategi air minum yang baik saat berpuasa, kekurangan fasilitas atau energi untuk minum, atau berada di daerah tanpa air minum.

Penyebab tambahan dehidrasi meliputi:

DiareMual

keringat berlebih

penderita diabetes

sering buang air kecil

luka bakar

Dehidrasi merupakan kondisi yang tidak boleh dibiarkan begitu saja. Jika tidak diobati, dehidrasi dapat menyebabkan komplikasi serius. Ini dapat mencakup:

BACA JUGA :   Kadar Kolesterol Tinggi Atasi Dengan Cara Ini

volume darah rendahkejang

Masalah ginjal

Cedera yang disebabkan oleh suhu tinggi (luka panas)

kematian

Mendiagnosis dehidrasi

Dokter seringkali dapat mendiagnosis dehidrasi berdasarkan tanda dan gejala fisik.

WebMD merangkum, jika Anda mengalami dehidrasi, Anda juga lebih mungkin mengalami tekanan darah rendah, terutama saat berpindah dari posisi berbaring ke berdiri, detak jantung lebih cepat dari biasanya, dan penurunan aliran darah ke ekstremitas.

Tes lain mungkin disarankan untuk membantu memastikan diagnosis dan menentukan tingkat dehidrasi seperti:

Tes darah, di mana sampel darah dapat digunakan untuk memeriksa sejumlah faktor, seperti kadar elektrolit, terutama natrium dan kalium, dan seberapa baik ginjal Anda bekerja.

Tes yang dilakukan pada urin Anda untuk membantu menunjukkan apakah dan sejauh mana Anda mengalami dehidrasi. Urinalisis juga dapat memeriksa tanda-tanda sistitis.

Cara Mengatasi dehidrasi

Satu-satunya pengobatan yang efektif untuk mengatasi dehidrasi adalah mengganti cairan dan elektrolit yang hilang.

Cara terbaik untuk mengatasi dehidrasi ini tergantung pada usia Anda dan tingkat keparahan dan penyebab dehidrasi.

BACA JUGA :   Kacang Hijau untuk Ibu Hamil, Ini Manfaatnya

1. Untuk bayi dan anak-anak

Mayo Clinic merangkum, untuk bayi dan anak-anak yang mengalami dehidrasi akibat diare, muntah, atau demam, solusi rehidrasi oral yang dijual bebas dapat digunakan.

Larutan ini mengandung air dan garam dalam proporsi tertentu untuk mengisi kembali cairan dan elektrolit.

Mulailah dengan 1 sendok teh (5 ml) setiap satu hingga lima menit dan tingkatkan sesuai toleransi.

Mungkin lebih mudah menggunakan alat bantu untuk memberikan larutan rehidrasi oral (ORS) kepada anak-anak yang masih sangat kecil.

Sedangkan untuk anak yang lebih besar dapat diberikan minuman olahraga, yaitu minuman yang biasanya mengandung karbohidrat dan elektrolit.

Minuman olahraga memang sengaja dirancang untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah berolahraga.

2. Untuk orang dewasa

Kebanyakan orang dewasa dengan dehidrasi ringan hingga sedang akibat diare, muntah, atau demam dapat memperbaiki kondisi mereka dengan minum lebih banyak air atau cairan lainnya.

BACA JUGA :   Kenapa Bayi Sering Kentut, Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Perhatikan bahwa sebaiknya jangan minum jus buah atau soda saat Anda mengalami dehidrasi karena diare karena justru dapat memperburuk keluhan diare.

Jika Anda bekerja atau berolahraga di luar ruangan selama cuaca panas atau lembab, air dingin adalah pilihan terbaik Anda.

Mengatasi dehidrasi Minuman dengan larutan elektrolit dan karbohidrat juga dapat membantu.

3. Jika kondisinya parah

Anak-anak dan orang dewasa dengan dehidrasi ringan hingga sedang mungkin masih dapat menerima perawatan di rumah.

Namun, jika Anda sudah mengalami dehidrasi berat, sebaiknya anak-anak dan orang dewasa segera pergi ke fasilitas kesehatan terdekat.

Melansir Health Line, berikut beberapa tanda dehidrasi parah atau parah:

haus yang ekstrim

Keringat berkurang

tekanan darah rendah

detak jantung cepat

pernapasan cepat

mata cekung

kerutan kulit

urin gelap

Dehidrasi berat adalah keadaan darurat medis. Untuk mempercepat pemulihan dari dehidrasi, cairan berupa campuran air dan elektrolit yang dikirim melalui infus oleh tenaga medis dapat dengan cepat diserap.