Pahami penyebab tekanan darah rendah
Pahami penyebab tekanan darah rendah

Pahami Penyebab Tekanan Darah Rendah

Penyebab Tekanan Darah Rendah- Sebagian besar dari kita sadar bahwa tekanan darah meningkatkan risiko seperti serangan jantung, stroke, atau kerusakan ginjal.

Namun, tahukah Anda bahwa tekanan darah yang terlalu rendah juga dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius? Ahli jantung Jeffrey Corson mengatakan bahwa tekanan darah merupakan bagian penting dari fisiologi tubuh normal.

“Tekanan darah mencerminkan kemampuan Anda untuk mengirimkan darah yang kaya oksigen ke organ vital Anda, terutama otak,” katanya.

. Penyebab tekanan darah rendah

Dapat dikatakan bahwa tekanan darah rendah bila berada pada kisaran 90/60 mmHg.

Pada orang tua, tekanan darah dalam kisaran ini dapat menyebabkan gejala pusing atau kesehatan yang buruk. Salah satu penyebab tekanan darah rendah adalah efek dari obat-obatan.

BACA JUGA :   Sakit Kepala Cluster, Jangan Kuatir Ini Solusinya!

Ketika Anda memiliki tekanan darah rendah dan sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, tinjau kembali obat-obatan yang Anda minum segera.

Hipotensi dapat terjadi karena gangguan pada isi sekuncup, tonus vaskuler dan denyut jantung. Volume sekuncup adalah jumlah darah yang dipompa jantung Anda dengan setiap kontraksi.

Sedangkan tonus vaskuler terjadi karena oklusi vaskuler. Menonaktifkan salah satu faktor ini dapat menyebabkan tekanan darah rendah.

Misalnya, pasien dengan gagal jantung dan stroke volume rendah mungkin rentan terhadap hipotensi. Terkadang ini terjadi jika terlalu banyak cairan yang dikeluarkan dengan diuretik (pil air).

Kondisi seperti infeksi atau kelumpuhan dapat mempengaruhi keharmonisan pembuluh darah dan menyebabkan tekanan darah rendah.

BACA JUGA :   Ini Tanda Tanda Kehamilan yang Perlu Diketahui

Detak jantung tidak teratur yang menyebabkan jantung berdetak lambat (bradikardia) atau terlalu cepat (takikardia) dapat menyebabkan tekanan darah rendah. Padahal, normal jika nilai tekanan darah naik turun.

Hal ini biasanya dipengaruhi oleh sistem saraf otonom, yang bekerja secara otomatis. Anda membutuhkan tekanan darah tinggi saat berolahraga dan tekanan darah rendah saat istirahat karena kebutuhan oksigen Anda bervariasi dalam kondisi tersebut.

Namun, beberapa orang memiliki gangguan yang mempengaruhi sistem saraf otonom mereka yang dapat menyebabkan kesulitan mengatur tekanan darah.

Hal ini dapat menyebabkan tekanan darah rendah saat berdiri atau tekanan darah yang sangat tidak stabil yang berayun antara tinggi dan rendah.

BACA JUGA :   Tips Perawatan Kulit Berjerawat dan Cara Pengobatannya

. Gejala tekanan darah rendah

Penyebap tekanan darah rendah menandakan adanya masalah pada kesehatan kita, terutama ketika turun secara tiba-tiba atau disertai dengan tanda dan gejala seperti berikut ini:

1 Pusing atau sakit kepala ringan

2 pingsan

3 Penglihatan kabur atau kabur

4- Mual

5 kelelahan

6 Kurang fokus.