tips agar anak suka cemilan sehat
Finger food atau camilan sehat seperti buah, sayuran, dan biskuit bayi baik untuk perkembangan motorik anak.

Tips Supaya Anak Suka Cemilan sehat

Makanan dan minuman yang bergizi merupakan penunjang penting dalam tumbuh kembang anak.

Kebiasaan makan makanan yang sehat juga harus diterapkan sejak usia masih dini, karena pola makan si kecil yang tidak sehat, termasuk kebiasaan memakan cemilan yang tidak sehat, akan dapat menimbulkan berbagai penyakit pada anak kamu nantinnya.

Yuks Simak tips kami, cara membiasakan ngemil yang sehat pada anak-anak.

Pediatrician di RS Parwijaya Antasari Dr. Attila Deoanti, Sp.A (K), dalam catatannya
Tidak pernah ada kata terlambat untuk mengembangkan kebiasaan ngemil yang baik dan sehat pada anak-anak.

Pada saat sekarang ini, ketika anak-anak kamu akan paling aktif di rumah.

Bayi akan sangat cenderung lebih banyak memakan camilan, karena mereka akan bosan dengan aktivitas sehari-hari di rumah.

BACA JUGA :   Kenapa Bayi Sering Kentut, Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

“Ini akan bisa menjadi momentum yang sangat bagus bagi kamu untuk melatih kebiasaan baru, khususnya kebiasaan dalam memilih camilan yang lebih baik dan sehat. Dan Yang terpenting kamu juga harus bisa memberikan contoh yang baik untuk anak-anak, karena anak akan selalu meniru gaya hidup orang tuanya atau pola jajan orang tua mereka,” ungkap Attila.

Upaya untuk mengembangkan kebiasaan yang baik pada anak hendaknya juga harus dimulai dari rumah dengan memberikan contoh orang tua yang baik.

Berikut ini beberapa tips yang bisa membantu untuk mengembangkan kebiasaan ngemil yang baik dan sehat pada anak-anak.

Libatkan anak kamu dalam memilih camilan

libatkan anak dalam pemilihan camilan
Bunda Yuk Simak, Ini Tips Agar Anak Suka Cemilan Sehat(Tangkapan layar instagram @test_psikologi)

Supaya si kecil bisa memahami tentang berbagai jenis camilan yang ada di pasaran saat ini, yuks libatkan mereka juga dalam memilih camilan!

Kamu juga bisa mengatur jadwal mingguan dan juga mendiskusikan dengan anak-anak kamu camilan apa yang mereka inginkan, apakah camilan itu baik atau tidak, dan seberapa banyak mereka dapat memakannya setiap hari.

BACA JUGA :   4 Sehat 5 Sempurna, Jenis dan Manfaat Makanan Bagi Tubuh

Selalu berikan alasan kepada anak kamu, agar si kecil bisa mengerti saat kamu melarang anak makan camilan tertentu.

Tuliskan camilan favorit anak kamu dan bandingkan isinya

bedakan kandungan nutrisi
Ada banyak langkah yang bisa dilakukan untuk menghemat penggunaan listrik rumah. Biasanya sering disepelekan, padahal hal-hal berikut ini mampu menghemat listrik. (PYMNTS.com)

Apa saja camilan favorit anak-anak kamu selama ini? Apakah kandungan dari kalori dan gulanya tidak melebihi kebutuhan nutrisi harian si kecil?

Yuks perhatikan kebiasaan ngemil si kecil selama ini dengan membuat catatan sederhana untuk ditempel di pintu lemari es.

Dengan catatan tersebut, ajarkan pada anak-anak perbandingannya dan pilihkan camilan terbaik untuk sesi camilan di hari berikutnya.

Sesuaikan dengan selera anak kamu

sesuaikan selera anak
Ilustrasi jajanan kekinian. (Shutterstock)

camilan yang banyak beredar di pasaran saat ini memang beragam, namun tidak semua camilan baik dan sehat jika dikonsumsi si buah hati.

Memilih camilan yang baik bukan berarti kita harus memaksa anak untuk makan makanan yang tidak mereka sukai lo ya bund.

Tugas paling utama sebagai orang tua adalah menjaga keseimbangan ini, yaitu untuk memilih camilan yang disukai anak, namun juga harus menyesuaikan porsi yang benar.

BACA JUGA :   Makanan Yang Baik Untuk Dimakan Sebelum Tidur

Jadikanlah pendidikan itu menyenangkan dengan sebuah permainan

Ayo ajak si kecil belajar tentang camilan yang enak dengan cara yang menyenangkan! Misalnya bisa dilakukan dengan bermain Snakes and Ladders atau juga bisa mengisi teka-teki silang yang sangat seru.

Faktanya, si buah hati belajar menggunakan panca inderanya, dari suatu sentuhan, penglihatan dan juga pendengaran. Oleh karena itu, mengajari mereka sambil di ajak bermain merupakan cara yang efektif untuk bisa menanamkan pengetahuan yang baik dalam pola pikir anak kamu.

Jadilah teladan yang baik

Orang tua adalah karakter yang sangat penting dan menjadi panutan bagi anak-anak, bahkan disaat mereka nanti sudah tumbuh dewasa.

Semua yang telah dikatakan orang tua akan sangat menentukan kepribadian, sikap, kepercayaan, dan bahkan gaya hidup anak-anak.

Semakin dekat kita dengan anak, maka semakin besar tingkat pengaruh orang tua terhadap kehidupan mereka nantinya.
Jika kamu ingin anak terbiasa ngemil dengan baik, maka berikanlah contoh yang baik di rumah dengan camilan yang baik dan juga sesuai kebutuhan gizi hariannya, dengan porsi yang proporsional.