Bahan Alami Untuk Meredakan Sakit Gigi Yang Membantu
Bahan Alami Untuk Meredakan Sakit Gigi Yang Membantu

Bahan Alami Untuk Meredakan Sakit Gigi

Bahan Alami  Untuk Meredakan Sakit Gigi- Sakit gigi menimbulkan siksaan. Palpitasi gigi bisa berlangsung berjam-jam hingga berhari-hari.

Jika Anda jauh dari klinik gigi, Anda bisa meredakan sakit gigi berdenyut dengan bahan-bahan alami.

Namun sebelum memutuskan bahan alami  untuk meredakan sakit gigi akan digunakan, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu penyebab nyeri pada gigi atau gusi Anda.

Pertama, perhatikan kondisi gigi dan gusi Anda. Bagian mana yang sakit, dan apa gejalanya? Apakah sakit gigi, gusi bengkak menyebabkan rasa sakit, atau berbagai gejala lainnya.

Untuk sakit gigi ringan, seperti pegal-pegal, Anda bisa meredakan rasa sakit yang ada cukup dengan menggunakan air hangat yang sudah diberi garam. Ramuan ini berfungsi untuk mengatasi iritasi ringan pada area gigi.

Dikutip dari Healthline, berikut beberapa bahan alami  untuk meredakan sakit gigi akibat peradangan akibat kerusakan gigi:

1. Kompres dingin

Kompres dingin dapat membantu meredakan sakit gigi dan gusi. Suhu air yang dingin dapat menyempitkan pembuluh darah di sekitar gigi, sehingga meredakan nyeri saraf yang ada.

BACA JUGA :   Makanan Yang Baik Untuk Dimakan Sebelum Tidur

Kompres dingin juga dapat mengurangi atau mengurangi pembengkakan dan peradangan pada gusi. Caranya : Ambil handuk kecil, isi dengan es batu yang sudah dihancurkan.

Kemudian letakkan es batu di area yang terkena selama 20 menit. Ulangi setiap beberapa jam.

2. Teh celup mint

Kantong teh mint juga merupakan obat alami untuk sakit gigi. Teh peppermint dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan menenangkan gusi sensitif.

Caranya: Setelah menggunakannya untuk menyeduh teh, ambil kantong teh dan biarkan suhunya turun ke suhu yang hangat. Kemudian letakkan kantong teh pada gigi yang sakit.

Anda juga dapat mendinginkan kantong teh di dalam freezer dan kemudian menggunakannya untuk mengompres gigi yang bermasalah.

3. Bawang putih

Bawang putih bukan lagi barang baru jika bisa masuk ke bidang medis dan dimanfaatkan untuk menghalau berbagai penyakit. Menurut penelitian, bawang putih juga bisa digunakan untuk menghilangkan sakit gigi.

Selain bermanfaat sebagai pereda nyeri, bawang putih juga dapat membunuh bakteri yang membentuk plak pada lapisan gigi.

BACA JUGA :   Jenis Lebah Penghasil Madu yang Wajib Anda Ketahui

Caranya: tumbuk bawang putih hingga halus dan keluar lendirnya hingga membentuk pasta. Anda bisa menambahkan sedikit garam agar lebih efektif. Kemudian oleskan pasta bawang putih pada rongga gigi atau area gigi yang sakit.

Sebagai alternatif, Anda dapat mengunyah bawang putih dengan lembut dengan gigi geraham Anda yang sakit.

4. Anyelir

Cengkih erat kaitannya dengan sakit gigi. Bahkan minyak cengkeh telah dipopulerkan dan efektif meredakan sakit gigi. Minyak cengkeh biasanya menetes ke dalam rongga gigi, atau menetes ke kapas dan kemudian memasukkan kapas ke permukaan geraham yang sakit.

Minyak alami cengkeh dapat digunakan untuk meredakan nyeri dan mengobati peradangan. Cengkih mengandung eugenol, antiseptik alami.

Caranya: Selain meneteskan minyak cengkeh pada kapas dan menyeka kapas ke dalam rongga gigi, Anda juga bisa meneteskan minyak cengkeh ke dalam air hangat. Kemudian gunakan airnya untuk berkumur setiap dua hingga tiga jam sekali.

5. daun jambu biji

Daun jambu biji mengandung sifat anti inflamasi yang efektif menyembuhkan luka, termasuk luka di dalam gigi. Selain itu, daun jambu biji juga mengandung zat antimikroba yang dapat digunakan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut.

BACA JUGA :   Manfaat Makan Telur Untuk Kesehatan Bagi Tubuh

Caranya: Anda bisa langsung mengunyah daun jambu biji yang sudah dicuci untuk menghilangkan bahan alami di dalamnya. Atau rebus beberapa lembar daun jambu biji dengan sedikit air, dan gunakan air rebusan tersebut sebagai obat kumur.

6. Rumput gandum

Wheatgrass, yang juga disukai kucing, memiliki banyak khasiat penyembuhan alami yang bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi. Kandungan klorofil yang tinggi dapat menyerang bakteri dan kuman yang bersarang di mulut.

Cara: Campur atau tumbuk halus rumput gandum dan campur dengan sedikit air. Saring, gunakan airnya untuk berkumur. Anda bisa memilih salah satu dari enam bahan alami di atas.

Jika sakit gigi muncul di malam hari, cobalah tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dari tubuh. Posisi ini bisa mencegah darah mengalir deras ke area kepala.

Karena ketika banyak darah terkumpul di area kepala, rasa sakitnya bisa lebih parah. Bila nyeri berlangsung selama dua hari, sebaiknya segera pergi ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.