Gejala asam lambung dan cara meredakannya
Gejala asam lambung dan cara meredakannya

Gejala Asam Lambung Dan Cara Meredakannya

Gejala asam lambung seringkali menyusahkan bagi mereka yang menderitanya. Karena saat asam lambung naik, sensasi terbakar bisa muncul di sekitar dada setiap saat.

Refluks asam adalah suatu kondisi di mana cincin otot yang disebut sfingter esofagus bagian bawah (LES) tidak menutup sepenuhnya.

Akibatnya, ketika LES terbuka terlalu banyak, asam yang dihasilkan lambung bisa naik ke kerongkongan.

Karena itu, perasaan tidak nyaman di dada, seperti rasa terbakar, dapat muncul.

Beberapa orang mungkin pernah mengalami Gejala asam lambung tinggi, yang menyebabkan Gejala asam lambung yang tidak menyenangkan.

Asam lambung membantu pencernaan. Asam lambung mengandung komponen utama asam klorida, yang secara alami disekresikan oleh lapisan lambung.

Sekresi dikendalikan oleh hormon dan sistem saraf.

BACA JUGA :   Makanan Sarapan yang Baik Untuk Menurunkan Berat Badan

. Keasaman lambung yang tinggi

Melansir Healthline, ada banyak kondisi yang menyebabkan asam lambung tinggi. Kondisi ini sering menyebabkan produksi hormon gastrin yang berlebihan.

Gastrin adalah hormon yang merangsang lambung untuk memproduksi lebih banyak asam lambung. Sementara itu, ada beberapa tanda bahwa seseorang mungkin menderita asam lambung, seperti:

1 Ketidaknyamanan perut, mungkin lebih buruk saat perut kosong

2 Mual atau muntah

3 bengkak

4 perut

5 Diare

6 Kurang nafsu makan

Gejala asam lambung yang tinggi sangat mirip dengan gejala penyakit pencernaan lainnya. Dianjurkan untuk menemui dokter jika Anda menderita gejala gastrointestinal yang persisten atau berulang.

Asam lambung yang tinggi dapat meningkatkan risiko kondisi kesehatan terkait lambung lainnya, seperti tukak lambung, penyakit refluks gastroesofagus (GERD), dan pendarahan gastrointestinal.

BACA JUGA :   Perut Ibu Hamil Terasa Kencang, Ini Penyebabnya!

. pengobatan atau pengobatan

Asam lambung yang tinggi sering diobati dengan obat-obatan yang mengurangi produksi asam lambung.

Meluncurkan perawatan medis Saat ini, pasien dapat diberikan obat penghambat pompa proton (omeprazole, rabeprazole, dan esomeprazole), H2 blocker atau H2 blocker (cimetidine dan famotidine), terapi antasida, atau obat alginat (Gaviscon).

H2 blocker dan proton pump inhibitor mengurangi produksi asam dan mengurangi potensi kerusakan akibat refluks asam atau asam lambung.

Secara umum, obat-obatan ini aman dan efektif, tetapi tidak cocok untuk semua orang dan dapat menyebabkan efek samping.

. antasida

Sementara itu, antasida juga tidak bekerja untuk semua orang dan kebutuhan penggunaan secara teratur harus bergantung pada dosis dokter Anda.

Antasida memberikan bantuan cepat dengan mengurangi keasaman isi lambung. Obat ini mengandung senyawa kimia seperti kalsium karbonat, natrium bikarbonat, aluminium dan magnesium hidroksida.

BACA JUGA :   Jenis Vitamin Ibu Hamil Trimester 1 yang Wajib Dikonsumsi

. Menghilangkan rasa sakit

Menurut National Health Service (NHS), beberapa metode dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa sakit akibat refluks asam.

Anda dapat makan dalam porsi kecil lebih sering, menurunkan berat badan jika Anda kelebihan berat badan, dan menemukan cara untuk bersantai.

. Hindari orang dengan asam lambung

Beberapa hal yang tidak boleh dilakukan antara lain

Makan atau minum yang menyebabkan gejala

Makan dalam waktu 3-4 jam sebelum tidur

Mengenakan pakaian yang ketat di bagian pinggang

Merokok Minum alkohol berlebihan

Berhenti minum obat resep Anda tanpa terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter Anda.