Ciri-ciri penyakit tipes yang Perlu Diketahui
Ciri-ciri penyakit tipes yang Perlu Diketahui

Ciri-Ciri Penyakit Tipes yang Perlu Diketahui

Ciri-ciri penyakit tipes perlu Anda ketahui karena gangguan kesehatan ini sangat umum terjadi di Indonesia. Demam tifoid, atau tifoid, biasanya menyebar melalui makanan atau air, atau ditularkan oleh orang yang terinfeksi melalui kotoran mereka.

tipes disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini menyebabkan gejala tipes seperti demam tinggi, sembelit, diare, atau sakit perut.

Saat bakteri tipes masuk ke dalam tubuh, biasanya setelah satu atau dua minggu Anda akan merasakan gejala pertama.

Ciri-ciri tipes biasanya muncul secara bertahap selama dua minggu setelah infeksi. Semua usia bisa terkena penyakit ini, terutama anak-anak. Ini karena anak-anak memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

BACA JUGA :   10 Khasiat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Kecantikan

Selain itu, penyakit tipus dapat menyerang masyarakat yang suka jajan sembarangan, dan tinggal di permukiman kumuh dengan sanitasi yang buruk dan air bersih yang terbatas. Berikut ciri-ciri penyakit tipes yang perlu Anda ketahui.

Demam

Ciri-ciri tipes pada anak-anak dan orang dewasa akan mengalami fase demam. Saat demam, suhu tubuh mencapai 39,4 atau 40 derajat Celcius. Biasanya, demam diikuti oleh sakit kepala, lemas, dan menggigil.

Mual dan muntah

Ciri umum tipes adalah mual dan muntah. Setelah mengalami kondisi ini, orang biasanya merasa lemas dan hanya ingin berbaring.

Kurang nafsu makan

Penderita tipes mengalami kehilangan nafsu makan. Sehingga tidak ada jenis makanan yang mau memakannya.

BACA JUGA :   Berikut 9 Manfaat Alpukat bagi Ibu Hamil

Namun, penderita tipes harus makan untuk membantu pemulihan. Beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi saat tipes adalah jus buah, roti, banyak air, dan sayuran yang dimasak seperti wortel, kentang, bit, dan labu.

Batuk kering

Batuk kering merupakan ciri khas tipes yang biasanya terjadi pada minggu-minggu pertama. Untuk membantu pemulihan, minum banyak air untuk menghindari dehidrasi.

Diare

Tipes juga mempengaruhi sistem pencernaan, dan mungkin diare atau sembelit (sembelit). Jika sudah mengalami gejala tersebut, segera periksakan ke dokter untuk penanganan yang lebih serius.

Lidah

Warna lidah dapat menunjukkan bahwa seseorang memiliki gejala tipes. Pada umumnya lidah berwarna merah tetapi pada penderita tipes berwarna putih.

BACA JUGA :   Fungsi Vitamin K Bagi Kesehatan Tubuh

Sedangkan bagian pinggirnya berwarna merah dan jika dijulurkan lidah akan bergetar (menggigil).

Ruam merah

Ciri-ciri penyakit tipes dan demam berdarah biasanya terlihat sama dengan ruam merah. Meski terlihat hampir sama, Anda harus memastikan untuk memeriksakannya ke dokter.