Cara Melamar Kerja Di Indomaret Secara Online & Offline
Cara Melamar Kerja Di Indomaret Secara Online & Offline

Cara Melamar Kerja Di Indomaret Secara Online & Offline

Bagaimana cara melamar kerja di Indomaret? Seperti yang kita ketahui, Indomaret merupakan salah satu merek swalayan modern milik PT Indomarco Prismatama yang merupakan anak perusahaan Indoritel Makmur International, dan saat ini memiliki ribuan personel yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sebagai salah satu pemain di industri retail, Indomaret sering membuka lowongan di berbagai bidang di tokonya seperti Kasir (KSR), Sales Representative (PRM), Programmer (PRG), Merchandiser (MD), Surveyor (SRVY), Assistant ( HLP) dan Drafter/Field Supervisor (DRF), Driver (DRV), dan jabatan lainnya. Masing-masing pekerjaan ini memiliki gaji yang berbeda tergantung pada deskripsi pekerjaan dan tanggung jawab

Bagi sobat yang ingin melamar kerja di Indomaret tentunya harus menyiapkan berkas dan persyaratan yang berbeda-beda. Secara umum, tidak ada bedanya jika Anda ingin melamar pekerjaan di Indomaret dengan instansi lain. Yang harus Anda lakukan di sini adalah memperhatikan beberapa tips yang akan saya bagikan kepada Anda.

Anda pasti sering bertanya kenapa Indomaret sering membuka lowongan? Hal ini tidak hanya karena mereka menerapkan sistem kontrak dan rotasi untuk karyawannya, tetapi juga karena Indomaret sering berekspansi dengan membuka toko baru di berbagai daerah, yang membuat perusahaan ini selalu membutuhkan karyawan baru dalam beberapa kesempatan.

Cara melamar kerja di Indomaret

Kirim Lamaran secara online

Langkah 1:

Siapkan file lamaran seperti:

1. Daftar Riwayat Hidup (pdf)
2. Scan Ijazah dan Transkrip Nilai terbaru (pdf atau jpeg)
3. Scan KTP atau SIM Anda (pdf atau jpeg)
4. Scan SKCK versi terbaru (pdf atau jpeg)
5. Pindai sertifikat kesehatan terbaru Anda (pdf atau jpeg)
6. Foto terbaru 4 x 6 (JPEG)

Langkah 2:

Kemudian kunjungi job title indomaret : https://indomaret.co.id/karir/pengajuan-lamaran.html (atau ketik di google “Indomaret Online Application”) maka akan muncul halaman job portal Indomaret. Cukup unggah dokumen di bagian yang diminta

BACA JUGA :   Momen Kocak Petani Ukraina Derek Tank Rusia Pakai Traktor

Langkah 3:

Pilih posisi yang diinginkan, pilih kota posisi dan seterusnya. Selain masuk ke website karir Indomaret sebenarnya bisa submit via email, tapi harus tahu dulu alamat email HRD masing-masing kantor cabang Indomaret di wilayah Anda. Jadi cari tahu di forum pencari kerja lokal atau grup online Anda.

Kirim lamaran offline

Langkah 1:

Offline artinya Anda mengirimkan semua dokumen lamaran dalam bentuk fisik, baik melalui kantor pos, PO Box maupun langsung diantar ke kantor cabang Indomaret di wilayah Anda. Lihat istilah di bawah ini:

1. Lanjutkan pencetakan (satu lembar)
2. Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai terakhir (satu lembar)
3. Fotokopi KTP atau SIM (satu lembar)
4. Fotokopi SKCK terbaru (satu lembar)
5. Fotokopi surat keterangan sehat terbaru (satu lembar)
6. Pas foto terbaru 4 x 6 (satu lembar)

Langkah 2:

Siapkan amplop, lalu tulis posisi yang diinginkan di pojok kanan atas amplop. untuk mendapatkan alamat tujuan di kanan bawah. Lihat format surat di bawah ini:

contoh surat lamaran kerja indomaret

Perihal: lamaran kerja

sayang,
Bapak/Ibu. HRD
PT. Indomarco Prismata, Tbk (Indomaret)

Dengan Hormat

Menurut informasi lowongan kerja yang saya dapatkan dari media penyediaan lowongan, saya berniat untuk melamar dan bergabung dengan PT. Indomarco Prismata, Tbk. Adapun jenis pekerjaan, maksud saya sebagai Kepala Toko

Berikut ringkasan saya:

Nama : Isi dengan nama lengkap anda
Tempat/Tanggal Lahir : Isi dengan tempat lahir anda
Pendidikan terakhir Anda: pendidikan terakhir Anda
Alamat: Alamat lengkap Anda
Telepon: Nomor ponsel Anda
Status: status pernikahan Anda

Saya memiliki pengalaman sebagai administrator di ukmriau dan sebagai pengembang web di desain web riau, saya memiliki kesehatan yang baik, saya senang belajar dan dapat bekerja secara individu atau dalam tim. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

BACA JUGA :   Modus Penyembuhan dari Pelet, Dukun Lecehkan 2 Siswi SMA

1. Biografi
2. Ijazah dan Transkrip Strata Scan 1
3. Pemindaian kartu identitas
4. Foto terbaru
3. Pindai Sertifikat Pendukung

Besar harapan saya Bapak/Ibu bersedia memberikan saya kesempatan untuk mengikuti tahap seleksi selanjutnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Jadi saya menyerahkan surat permintaan ini. Terima kasih.

Selamat datang,

nama lengkap Anda

tes manajemen

Ini adalah tahap awal yang harus Anda lalui dengan menyerahkan sejumlah berkas lamaran yang dibutuhkan yang biasanya terdiri dari surat lamaran, Curriculum Vitae (CV), transkrip fc, ijazah fc, kartu kuning, SKCK, KTP fc, foto paspor dan sertifikat lainnya.

Di sini, Anda harus memperhatikan kelengkapan dan kelengkapan file yang Anda kirim. Dari sini, HRD Indomaret akan melihat apakah Anda benar-benar layak untuk mengikuti tes berikutnya

pemeriksaan fisik dan kesehatan

Nah, ketika diumumkan lulus ujian administrasi, Anda akan dipanggil ke kantor pusat, kantor cabang wilayah, dan di sana Anda akan dijemput. Oh ya, untuk pakaian harus memakai jas hitam putih dengan sepatu.

Setelah mengunjungi kantor tempat seleksi dilakukan, terlebih dahulu beri tahu satpam dan segera masuk ke aula tempat pengumpulan calon karyawan baru. Sebelum mengikuti pemeriksaan fisik biasanya akan diberikan penjelasan tentang Indomaret oleh HRD.
Di sini biasanya laki-laki dipisahkan dari perempuan nanti karena akan dites fisik dan kesehatannya oleh berbagai HR advokat, antara lain tes tinggi badan, tidak adanya cacat fisik, tes buta warna dll. Jadi pastikan Anda tidak sakit sebelum melamar pekerjaan. pekerjaan di sini

tes psikologi

Sebagian besar tes sebelumnya akan langsung mengetahui hasilnya dan kemudian beralih ke tes psikologi atau tes tertulis. Nah, disinilah kamu perlu belajar cara mengerjakan soal psikotes yang sebenarnya sederhana, karena lebih mudah dari tes psikologi kucing besar yang jahat.

tes wawancara

Ini adalah ujian terakhir dari rangkaian tes yang harus kamu lewati, di mana Departemen Sumber Daya Manusia akan mewawancarai kamu, atau mungkin kepala cabang, mengenai berbagai materi terkait pekerjaan yang akan kamu dapatkan nantinya.

BACA JUGA :   Polisi Temukan Fakta Korban Jenazah Di bawah Jalan tol

Materi wawancara disini tidak baku karena bisa berubah-ubah sesuai dengan apa yang ingin ditanyakan oleh si penanya. Yang perlu Anda perhatikan adalah tetap tenang dan menjawab semua pertanyaan dengan benar.

Mungkin secara umum anda akan ditanya apa layanannya, dan anda pikir bisa menerimanya jika anda memasangnya di toko Indomaret dimana saja di daerah anda, pernahkah anda berbelanja di Indomaret, dll.

Periode pelatihan

Anda telah mencapai masa magang atau pelatihan untuk menjadi karyawan toko Indomaret. Selama periode pelatihan ini, Anda akan diberikan materi yang berbeda tentang cara menghadapi konsumen, cara berkomunikasi, pelanggan tetap, cara bekerja di toko Indomaret, dll.

Untuk mengikuti diklat ini biasanya harus memakai baju hitam putih atau baju yang memenuhi standar (akan diberitahukan nanti), kemudian membaca perlengkapan belajar seperti alat tulis, dan juga harus berpenampilan rapi dan sopan, like guys, you harus memotong rambut sekitar 1 cm.

Detail apa yang akan Anda lakukan selama periode pelatihan beberapa hari? Singkatnya, ini adalah pengenalan sistem kerja dan metode kerja dan untuk memberikan informasi tentang Indomaret dan toko-tokonya.

Berapa lama pelatihan ini? Pada saat itu bisa berbeda antara pria dan wanita. Mungkin perlu lebih dari 10 hingga 14 hari. Apakah ada yang masih gagal saat ini? Pada dasarnya, Anda tidak mungkin gagal, kecuali jika Anda benar-benar tidak ingin mematuhi aturan dan terlihat tidak disiplin selama proses pelatihan.

Besaran gaji Indomaret

Berapa gaji karyawan di Indomaret? Ini terutama tergantung pada area tempat Anda bekerja, serta posisi yang Anda ambil. Intinya, semakin tinggi jabatannya, semakin tinggi gajinya.

Demikian pula jika Anda bekerja di daerah dengan tingkat UMR tinggi, gaji Anda juga akan tinggi. Karena disini Indomaret menetapkan gaji karyawannya sesuai dengan standar upah minimum.