Chip Buatan Google Yang Memulai Debutnya Di Pixel 6
Chip Buatan Google Yang Memulai Debutnya Di Pixel 6

Chip Buatan Google Yang Memulai Debutnya Di Pixel 6

Chip buatan Google yang memulai debutnya di Pixel 6 secara resmi mengumumkan ponsel Pixel perusahaan yang akan datang, Pixel 6 dan Pixel 6 Pro baru-baru ini.

Salah satu perbedaan antara seri Pixel 6 dan jajaran Pixel sebelumnya adalah prosesornya. Untuk pertama kalinya, chip buatan Google yang memulai debutnya di Pixel 6 (System on a Chip/SoC), yang disebut Google Tensor.

Dengan demikian, Tensor akan resmi menggantikan chip Snapdragon besutan Qualcomm yang digunakan di ponsel seri Google Pixel.

CEO Google Sundar Pichai menghimbao bahwa chipset Tensor telah dikembangkan oleh perusahaan selama empat tahun sekarang, dan ini adalah inovasi terbesar yang pernah ada dalam seri ponsel Pixel.

“Tensor telah di buat dalam sebuah pengalaman terbaik kami selama dua dekade dan merupakan inovasi Pixel terbesar kami hingga saat ini. Tensor akan tampil di Pixel 6 dan Pixel 6 Pro pada musim gugur,” kata Pichai dalam sebuah tweet.

BACA JUGA :   Perbedaan Antara Iphone Asli dan Palsu

. Apa itu Google Tensor?

Adapun namanya sendiri, Tensor mengacu pada ekosistem pemrograman Machine Learning (ML) open source Google, khususnya TensorFlow.

TensorFlow telah diakui sebagai library pemrograman machine learning paling andal dan populer.

Seperti disebutkan, TensorFlow dapat digunakan untuk mengembangkan dan melatih model, untuk menerapkan pembelajaran mesin di hampir semua aplikasi, termasuk Google Foto dan Google voice.

Maka tak heran jika Tensor SoC akan melakukan lebih banyak pemrosesan terkait machine learning (ML) dan kecerdasan buatan (AI) pada seri Pixel 6, khususnya di sektor fotografi dan audio.

Chipset (SoC) pertama Google di rancang di atas arsitektur ARM 8-core (octa-core) dengan fabrikasi 5nm.

chip buatan Google yang memulai debutnya di Pixel 6 seluler akan dilengkapi dengan Tensor Processing Unit (TPU) khusus untuk memproses AI dan ML secara lebih efisien, seperti yang dirakit dari The Verge.

BACA JUGA :   Spesifikasi iPhone 13 Pro & iPhone 13 Pro Max Beserta Harganya

Sebuah sumber dari outlet media 9to5Google mengatakan kepada Google bahwa chipset Google Tensor, dengan nama kode Whitechapel, dikembangkan bersama dengan Samsung.

Meskipun dia tidak akan mengkonfirmasi dengan siapa kemitraan itu dibuat, Rick Osterloh, wakil presiden senior perangkat dan layanan di Google, mengatakan Tensor bukan hanya prosesor mitra.

“Seperti SoC mana pun, kami melisensikan banyak teknologi ke dalamnya, tetapi ini dirancang dan dibuat secara khusus dengan tujuan mendorong ML dan AI ke depan,” kata Osterloh dalam sebuah posting di blog resmi Google.

. Tingkatkan fotografi dan pengenalan suara

Osterloh bangga bahwa chip buatan Google yang memulai debutnya di Pixel 6 dan Pixel 6 Pro menjadi lebih mumpuni.

Misalnya, ponsel Pixel dapat menjalankan model pencitraan komputasional Google dengan lebih baik.

Contohnya, seri Pixel 6 akan memungkinkan para penggunanya untuk menangkap gambar bergerak dan mendapatkan hasil yang tajam.

BACA JUGA :   Cara Membersihkan Memori Internal HP Android

“Untuk pengguna, ini sebagai fitur yang efektif, serta peningkatan dari yang sudah ada,” kata Osterloh.

Selain fotografi, chip Tensor juga akan membantu meningkatkan kerja software voice-to-speech, pengenalan suara (voice recognition), dan penerjemah.

Menurut Osterloh, Google Tensor memungkinkan perangkat seri Pixel 6 untuk menerjemahkan dan menyematkan komentar dari video Prancis ke bahasa Inggris secara real time, seperti yang disusun oleh Business Insider.

Selain itu, Osterloh juga mengungkapkan bahwa chipset pertama perusahaan tersebut juga dilengkapi dengan security chip baru dari Google, yaitu Titan M2.

Chip buatan Google yang memulai debutnya di Pixel 6, dengan keamanan Tensor dan Titan M2 yang baru, seri Pixel 6 akan memiliki tingkat keamanan perangkat keras tertinggi dari ponsel mana pun,” kata Osterloh.

Dan juga selain seri Pixel 6, sebuah chipset Tensor ini juga akan diperuntukkan di Pixelbooks Google untuk selanjutnya,