Begini Cara Mengatasi Hp Lemot dan Cepat Panas saat Dipakai
Begini Cara Mengatasi Hp Lemot dan Cepat Panas saat Dipakai

Begini Cara Mengatasi Hp Lemot dan Cepat Panas saat Dipakai

Cara mengatasi Hp lemot dan cepat panas saat dipakai – Hp android semakin hari semakin lambat, saat digunakan untuk chatting di whatsapp atau lainnya responnya sangat lambat dan biasanya tiba-tiba mulai memanas, dan jika lebih parah bisa crash.

Ponsel android yang lambat telah disalahpahami oleh banyak orang, sebagian besar orang mencari aplikasi android yang berbeda untuk mempercepat kinerja ponsel mereka, meskipun itu dapat memperburuk kelambatan.

Memasang aplikasi untuk mengatasi ponsel yang lemot dan panas bukanlah solusi terbaik.

Perlu Anda ketahui bahwa aplikasi pihak ketiga hanya merupakan utilitas manajemen file dan biasanya hanya menyarankan untuk menghapus aplikasi di ponsel Android Anda agar dapat bekerja secara optimal.

BACA JUGA :   Begini Cara Mengecek STNK Online Pajak Kendaraan Bermotor

Ponsel Android Anda akan tetap terasa ringan dan cepat jika kita benar-benar mengetahui kondisi ponsel tersebut.

Alasan mengapa ponsel lambat dan panas menyebabkan masalah penundaan dan hang dari waktu ke waktu adalah keadaan penyimpanan memori internal ponsel Anda penuh, dan banyak aplikasi dan alat yang tidak berguna diinstal yang memiliki fungsi yang mempengaruhi.

Berikut cara memperbaikinya jika ponsel Anda lemot dan cepat panas

Nah cara mengatasi hp lemot dan panas secara umum sangat sederhana, coba lakukan beberapa berikut ini:

Memori internal minimum harus bebas 40MB

Gunakan memori internal ponsel Android Anda dengan bijak, jika memori internal ponsel Anda kecil, Anda harus memiliki memori eksternal.

Karena hanya memori internal yang digunakan untuk menyimpan data aplikasi, data pribadi seperti foto, video, dan semua file yang tidak terhubung ke Android dapat dipindahkan ke memori eksternal.

BACA JUGA :   Cara Daftar Akun PayPal Dengan Mudah

Nah jika hp anda tidak memiliki slot memori eksternal, solusinya tidak menyimpan banyak foto, video dan musik.

Anda bisa menggunakan sistem penyimpanan online atau mentransfernya ke Flashdisk, komputer atau laptop agar tidak hilang. Dengan cara ini penyimpanan internal ponsel Anda akan lebih besar.

Jangan instal aplikasi yang tidak penting

Cara mengatasi Hp lemot selanjutnya jika Anda merasa ponsel Android Anda memiliki memori internal yang besar, gunakan dengan bijak jangan sembarangan menginstal aplikasi.

Jangan banyak menginstal aplikasi yang tidak perlu atau bahkan ratusan aplikasi yang tidak digunakan sama sekali.

Bahkan ponsel mahal pun tidak memiliki daya jika Anda menginstal berbagai jenis aplikasi yang tidak penting.

Puluhan aplikasi ini selalu aktif di belakang layar di sistem, pasti ponsel yang Anda gunakan akan terasa lamban.

Jika Anda merasa ponsel Anda mulai melambat silakan hapus beberapa aplikasi dan game berat lainnya, lalu hapus cache dan reboot. Biasanya kinerja ponsel Anda akan kembali normal.

BACA JUGA :   Begini cara Menggunakan Google Meet di Laptop dan Komputer

Atau anda bisa menggunakan antivirus android atau aplikasi mobile cooler yang bisa anda download seperti DU Battery Saver, Cooling Master, Clean Master dan masih banyak lagi.

Widget Hp Android Bikin Lemot

Gunakan hanya alat yang sesuai, seperti alat cuaca dan jam saja. Dari segi tampilan layar widget dapat mengubah tampilan menjadi lebih baik, apalagi jika dipadukan dengan tema dan wallpaper.

Tetapi Anda perlu ingat untuk tidak memasang terlalu banyak widget di layar ponsel Anda, karena terlalu banyak widget dapat menghabiskan baterai ponsel dan membuat kinerja ponsel menjadi lebih lambat.

Cara mengatasi Hp lemot dan cepat panas ini memang sudah terbukti ampuh. Karena semuanya sesuai dengan standar kapasitas HP.

Jika ponsel Anda masih lambat, ada kemungkinan perangkat keras mulai crash dan bekerja tidak normal, atau mungkin spesifikasi ponsel tidak lagi didukung oleh sistem operasi.