Manfaat Kumis Kucing Untuk Kesehatan Mengatasi Penyakit Ginjal
ilustrasi daun kumis kucing. pixabay.com

Manfaat Kumis Kucing Untuk Kesehatan Mengatasi Penyakit Ginjal

Manfaat Kumis Kucing Untuk Kesehatan- Kumis kucing merupakan tanaman yang dikenal sebagai bahan dasar pembuatan obat herbal untuk mengobati berbagai penyakit.

Tanaman ini banyak tumbuh di negara-negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam dan Indonesia.

Tumbuhan dengan bunga berwarna putih hingga ungu ini dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Maka tidak heran jika tanaman ini sudah lama dikenal sebagai obat herbal bagi masyarakat Indonesia.

Saat menggunakan tanaman ini, orang biasanya mengeringkan daunnya terlebih dahulu kemudian membuat teh, tablet, atau kapsul yang mengandung ekstrak daun kumis kucing.

Kandungan tertentu dari ekstrak kumis kucing dianggap mampu mencegah berbagai penyakit. terus, apa manfaat kumis kucing untuk kesehatan? Cek penjelasan berikut.

Mengobati Batuk

Manfaat Kumis Kucing Untuk Kesehatan Mengatasi Penyakit Ginjal
©medicalnewstoday.com

Manfaat kumis kucing untuk kesehatan yang pertama adalah sebagai obat batuk. Di dalam kandungan antioksidan pada daun kumis kucing dinilai ampuh meredakan batuk.

Caranya mudah, siapkan 15-20 gram daun catnip, tambahkan 1 gelas air, rebus dan konsumsi secara rutin.

BACA JUGA :   Jenis Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil yang Harus Diketahui

Mencegah penyakit ginjal

Salah satu manfaat kumis kucing untuk kesehatan adalah mencegah penyakit ginjal. Dengan sebuah kandungan ekstrak yang terdapat pada daun kumis kucing dipercaya mampu mengatasi beberapa penyakit ginjal.

Di Indonesia, daun kumis kucing sering digunakan sebagai teh yang digunakan untuk menghancurkan batu ginjal. Maka rutin mengkonsumsi ekstrak daun kumis kucing sangat efektif untuk penderita penyakit ginjal.

Mengatasi Keputihan

Bulu kucing bersifat antibakteri dan antimikroba. Jamur dan bakteri adalah penyebab paling umum keputihan.

Vaginosis bakterial adalah infeksi bakteri yang cukup umum yang dapat menyebabkan keputihan. Hal ini menyebabkan peningkatan keputihan yang memiliki bau yang menyengat.

Infeksi jamur dan ragi juga menyebabkan keputihan tumbuh di luar kendali dalam situasi tertentu.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengambil satu genggam daun kumis kucing, satu genggam daun pilontas, sesendok jintan hitam, 10 biji potong dadu dan air secukupnya.

Kemudian masak semua bahan hingga mendidih. Minum dua kali sehari secara teratur.

Pengobatan infeksi saluran kemih

Manfaat Kumis Kucing Untuk Kesehatan Mengatasi Penyakit Ginjal
©iStockphoto

Manfaat kumis kucing untuk kesehatan lebih, yaitu dapat mengobati infeksi saluran kemih. Hal ini karena ekstrak daun kumis kucing memiliki khasiat membersihkan saluran dan memperlancar kerja sistem tubuh.

BACA JUGA :   Dosis Vitamin E Per Hari dan Manfaatnya

Oleh karena itu diyakini efektif dalam mengobati infeksi saluran kemih dan juga mengurangi risiko masalah kandung kemih di kemudian hari.

Untuk mendapatkan manfaat ekstrak daun kumis kucing caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menyeduh teh daun kumis kucing secara rutin.

Ulangi cara ini sesering mungkin, hingga Anda bisa memberikan manfaat yang optimal bagi kesehatan tubuh.

sumber antioksidan

Daun kumis kucing sudah lama dikenal sebagai obat yang dapat melawan racun dan zat asing yang tidak diinginkan tubuh.

Pasalnya, kandungan ekstrak daun kumis kucing berperan sebagai desinfektan alami yang mampu menghilangkan virus dan berbagai racun dalam tubuh.

Manfaat daun kumis kucing ini bisa anda dapatkan jika anda mengkonsumsinya secara rutin dan teratur.

Mengatasi rematik

Manfaat kumis kucing untuk kesehatan yang akan datang, yaitu dapat mengatasi rematik. Beberapa komponen kumis kucing berperan aktif dalam mengatasi masalah asam urat.

Seperti yang dilaporkan Herbs Info, ekstrak daun kucing mengandung enzim flavonoid yang dapat meredakan rematik.

BACA JUGA :   Cara Memijat Bayi yang Benar dan Apa Saja Manfaatnya

Dengan cara daun kumis kucing ini bisa dimakan mentah, tapi anda juga bisa mencampurkan ekstrak daun kucing dengan banyak tanaman obat lainnya.

Anti jamur

Manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan lainnya adalah sebagai obat antijamur. Karena kumis kucing mengandung senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan parasit dan inang yang hidup di dalam tubuh.

Cara mendapatkan manfaatnya pun sangat mudah, cukup putus rantai suplai nutrisi jamur, lalu oleskan pada area yang terkena infeksi jamur.

Mengatasi susah buang air besar

Selain kemampuannya untuk mengatasi rematik, kumis kucing juga dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Beberapa kandungan ekstrak daun kumis kucing bekerja efektif dalam melindungi sistem pencernaan tubuh.

Selain itu, ekstrak daun kumis kucing juga mampu mengobati infeksi ginjal, infeksi kandung kemih dan menghancurkan batu kandung kemih.

Cukup dengan mengkonsumsi ekstrak daun kumis kucing yang sudah dijadikan teh secara rutin dapat menyehatkan saluran pembuangan.

Mengatasi batu empedu

Tidak hanya mengobati masalah infeksi jamur, kumis kucing juga memiliki manfaat dalam mengatasi batu empedu.

Manfaat daun kumis kucing ini bisa didapatkan dengan menggabungkan ekstrak daun kumis kucing dengan beberapa nama lain, seperti Barleria spp dan Sonchus spp.

Kombinasi ini dapat bekerja secara efektif untuk meredakan berbagai penyakit, salah satunya adalah batu empedu dan diabetes