Cara Atasi Masuk Angin Pada Ibu Hamil
Obat masuk angin untuk ibu hamil sebaiknya pilih yang alami terlebih dahulu

Cara Atasi Masuk Angin Pada Ibu Hamil

Atasi Masuk Angin- Ketika Anda masuk angin, orang Indonesia biasanya mengakhirinya dengan kerokan? Namun, ibu hamil biasanya tidak diperbolehkan mengikis karena mitos yang beredar luas.

Siapa sangka ibu hamil juga boleh terhindar dari alergi asalkan tidak memiliki riwayat alergi atau kelainan kulit. Hanya saja yang membedakan adalah kekuatan gesekannya dan tidak harus sampai ke leher dan perut.

Menurut beberapa ahli, kerokan dapat meningkatkan sirkulasi darah dan memberikan efek menenangkan.

Namun, ada beberapa hal yang lebih dianjurkan bagi ibu hamil untuk bisa mengalahkan flu biasa. Berikut daftarnya!

1. Sering makan dalam jumlah sedikit

Cara Atasi Masuk Angin Pada Ibu Hamil
Foto: Orami Photo Stock

Saat hamil, Anda biasanya tidak nafsu makan. Masalah ini bisa diatasi dengan memperbanyak frekuensi makan dan mengurangi porsinya.

Ibu juga bisa membiasakan makan dalam porsi kecil tapi lebih sering sejak hari-hari pertama kehamilan.

BACA JUGA :   Penyebab Sakit Kepala Sebelah dan Cara Pencegahannya

Disela-sela waktu makan, selingi dengan camilan berupa buah-buahan atau makanan sehat lainnya. Cara alami Atasi Masuk Angin pada ibu hamil ini juga membantu memberikan asupan nutrisi yang berkelanjutan untuk bayi. Kelebihan lainnya, berat badan ibu saat hamil akan lebih terkontrol.

2. Makan perlahan

Cara Atasi Masuk Angin Pada Ibu Hamil

Jika sedang terdesak waktu, tak jarang makan cepat-cepat. Namun, kebiasaan makan terlalu cepat saat hamil tidak baik untuk pencernaan.

Saat ibu hamil makan dengan cepat, artinya ibu akan menelan lebih banyak udara di setiap gigitan. Gas ekstra yang tidak perlu ini akan mengisi perut dengan gas alam yang dihasilkan oleh makanan, menyebabkan kembung.

Makan dengan cepat juga meningkatkan risiko tersedak, yang bisa sangat berbahaya. Karena itu, cobalah makan dan kunyah makanan secara perlahan.

Untuk menghindari kembung saat hamil, cobalah makan dalam porsi kecil tapi sering, kunyah dengan baik, gunakan sedotan kecil, minum langsung dari cangkir, dan hindari minuman bersoda untuk atasi masuk angin.

3. Konsumsi makanan berserat

Cara Atasi Masuk Angin Pada Ibu Hamil

Makan makanan seperti bayam, biji-bijian, roti gandum, dan pepaya, yang mengandung banyak serat. Seiring dengan air, serat memfasilitasi pencernaan.

BACA JUGA :   Cara Memijat Bayi yang Benar dan Apa Saja Manfaatnya

Serat dapat menarik lebih banyak air ke dalam usus dan melunakkan feses sehingga lebih mudah dikeluarkan saat Anda mengalami konstipasi.

Saat ibu hamil mengalami sembelit, kerja pencernaan akan lebih lambat sehingga gas yang dihasilkan dari sisa tumpukan makanan akan semakin mengisi perut.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat secara teratur dapat mencegah atasi masuk angin saat hamil.

4. Perbanyak minum air putih

Cara Atasi Masuk Angin Pada Ibu Hamil
Freepik

Minum air putih yang cukup setiap hari dapat membantu menenangkan sistem pencernaan dan menghindarkan ibu dari segala masalah juga bisa untuk Atasi Masuk Angin.

Ibu hamil disarankan untuk minum sekitar 8-10 gelas air putih untuk mencegah dan mengobati sembelit. Sembelit atau susah buang air besar seringkali disertai gejala perut kembung.

Selain mencegah perut kembung, banyak minum air putih juga dapat mencegah dehidrasi, membantu ibu hamil menjaga stamina, tidak mudah lelah, dan menjaga kesehatan kantung ketuban.

5. Gunakan kondisioner hangat

Cara Atasi Masuk Angin Pada Ibu Hamil

Balsem hangat aman untuk ibu dan membantu meredakan gejala hidung tersumbat, sakit tenggorokan dan batuk. Ini juga bisa menjadi cara Atasi Masuk Angin pada ibu hamil.

BACA JUGA :   Kenapa Bayi Sering Kentut, Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Anda bisa menggosokkan balsem hangat ini ke dada, tenggorokan, atau punggung, dan Anda juga bisa menambahkannya ke air panas dan menghirup uapnya.

6. Gunakan jahe

Cara Atasi Masuk Angin Pada Ibu Hamil
Bolehkah ibu hamil minum tolak angin?

Jahe di India adalah salah satu obat terbaik untuk pilek selama kehamilan. Jahe dikenal karena sifatnya yang menghangatkan, meningkatkan sirkulasi darah dan melawan bakteri dan virus penyebab infeksi.

Di Indonesia, jahe dipercaya sebagai obat flu tradisional yang memiliki efek menghangatkan tubuh dan membantu membuang gas berlebih di perut, termasuk sebagai obat Atasi Masuk Angin pada ibu hamil.

Ibu bisa membuat teh jahe dengan campuran madu dengan konsumsi sedang sebagai cara mengatasi pilek pada ibu hamil.

7. Buat minuman madu dan lemon

Cara Atasi Masuk Angin Pada Ibu Hamil

Kombinasi madu dan lemon bekerja sangat baik untuk Atasi Masuk Angin pada ibu hamil. Anda dapat mencampur satu sendok makan madu dengan satu sendok makan jus lemon dalam segelas air hangat dan aduk rata.

Minuman ini bisa diminum tiga sampai empat kali sehari. Tidak hanya saat Anda masuk angin, minuman ini bisa dikonsumsi dengan baik untuk kesehatan.

Vitamin C dalam lemon memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan khasiat madu menenangkan sakit tenggorokan.