Fungsi Vitamin K Bagi Kesehatan Tubuh
Fungsi Vitamin K Bagi Kesehatan Tubuh

Fungsi Vitamin K Bagi Kesehatan Tubuh

Fungsi Vitamin K Bagi Kesehatan Tubuh – Agar tubuh dapat berfungsi dengan baik diperlukan vitamin. Salah satunya adalah vitamin K.

Vitamin memainkan peran penting dalam fungsi umum organ tubuh. Vitamin membantu organ tubuh dan semua proses di dalamnya berfungsi secara optimal.

Beberapa vitamin tersedia. Dari setiap jenis vitamin memberikan fungsi yang berbeda satu sama lain.

Vitamin K sendiri berperan penting dalam koagulasi atau lebih dikenal dengan koagulasi. Proses yang membantu mencegah pendarahan yang berlebihan di dalam dan di luar tubuh disebut koagulasi.

Apa itu vitamin K?

Vitamin ini berperan dalam metabolisme tulang, pembekuan darah, dan mengatur kadar kalsium dalam darah. Vitamin yang larut dalam lemak merupakan jenis Vitamin K.

BACA JUGA :   10 Khasiat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Kecantikan

Untuk memproduksi protrombin tubuh membutuhkan vitamin K , dalam pembekuan darah dan metabolisme tulang protein termasuk yang berperan penting. “Mengutip Medical News“.

Orang yang memakai obat pengencer darah tanpa resep dokter disarankan untuk tidak mengonsumsi vitamin K tambahan.

Ada dua jenis utama vitamin K. Vitamin K1 (phylloquinone) dan vitamin K2 (menaquinone). Keduanya memiliki fungsi yang sama.

Apa fungsi vitamin K bagi tubuh?

Phylloquinone (K1) terdapat pada tumbuhan, terutama sayuran berdaun hijau seperti bayam. Sedangkan menaquinone (K2) diproduksi secara alami di dalam tubuh.

Bakteri di usus besar mengubahnya menjadi bentuk penyimpanannya, menaquinone ketika phylloquinone tertelan. Di usus kecil dan disimpan di jaringan lemak dan hati menaquinone diserap.

BACA JUGA :   Berikut 9 Manfaat Alpukat bagi Ibu Hamil

Tanpa vitamin K, tubuh tidak dapat memproduksi protrombin. Untuk pembekuan darah dan metabolisme tulang, nama terakhir adalah faktor pembekuan yang diperlukan.

Vitamin K memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Berikut adalah fungsi vitamin K beberapa di antaranya, menurut Medical News Today.

Kesehatan tulang

Para peneliti telah menemukan hubungan antara asupan vitamin K yang rendah dan kasus osteoporosis.

Dalam penelitian menunjukkan bahwa untuk mendukung menjaga kekuatan tulang vitamin K sangat dibutuhkan, meningkatkan kepadatan tulang, dan mengurangi risiko patah tulang. Untuk membuktikan hal ini penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

Peningkatan fungsi kognitif

Peningkatan kadar vitamin K dalam darah meningkatkan fungsi memori pada orang dewasa yang lebih tua (manula).

BACA JUGA :   Dosis Vitamin E Per Hari dan Manfaatnya

Sebagian orang beranggapan salah satu manfaat vitamin K bahwa meningkatkan fungsi kognitif.

Dengan kadar vitamin K1 dalam darah yang lebih tinggi ditemukan memiliki kinerja memori terbaik di individu sehat di atas usia 70 tahun.

Kesehatan jantung

Nama terakhir adalah suatu kondisi di mana mineral menumpuk di pembuluh darah. Kondisi ini bisa membuat jantung memompa darah dengan leluasa ke seluruh tubuh.

Fungsi Vitamin K dapat membantu menjaga tekanan darah dan mencegah mineralisasi.

Mineralisasi juga terjadi seiring bertambahnya usia, dan merupakan faktor risiko penyakit jantung di usia tua.