Strategi Pemasaran Bisnis yang Wajib Diketahui
Strategi Pemasaran Bisnis yang Wajib Diketahui

Strategi Pemasaran Bisnis yang Wajib Diketahui

Strategi pemasaran bisnis – Bagi pengusaha, memilih saluran pemasaran yang tepat bukanlah hal yang mudah. Hal ini dikarenakan pemasaran akan memberikan dampak yang sangat besar terhadap perkembangan bisnis.

Di era digital saat ini, tujuan pemasaran telah bergeser ke media online, karena internet telah menjadi pusat kegiatan banyak orang saat ini.

Menurut Kotler dan Armstrong, pemasaran adalah proses manajerial orang mendapatkan apa yang mereka inginkan dan butuhkan dengan menciptakan dan mempertukarkan produk yang mereka tawarkan dan nilai produk mereka dengan orang lain.

Tujuan pemasaran tentunya untuk mengetahui dan memahami pelanggan sedemikian rupa sehingga produk yang dijual sesuai dengan keinginan pelanggan, sehingga produk tersebut dapat dijual dengan sendirinya.

BACA JUGA :   Fenomena Hujan Meteor Perseid Bisa Dilihat Besok Malam

Namun, sebelum memulai suatu usaha, terkadang perlu diketahui terlebih dahulu strategi pemasaran bisnis dan segala aspeknya agar produk yang akan ditawarkan dan dijual di pasaran dapat dikenali.

Berikut strategi pemasaran bisnis yang kami rangkum.

Strategi pemasaran

Strategi pemasaran membuat keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, dan alokasi pemasaran dalam kaitannya dengan kondisi lingkungan dan persaingan yang diharapkan.

Secara umum, kegiatan pemasaran berkaitan dengan koordinasi banyak kegiatan bisnis. Oleh faktor mikro dan makro strategi pemasaran ini dipengaruhi .

Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat. Demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya adalah faktor makro.

Dalam strategi pemasaran bisnis, ada tiga faktor utama yang menyebabkan perubahan strategi pemasaran, yaitu:

BACA JUGA :   Cara Mendaftar Bantuan Ibu Hamil Dan Balita

1. Siklus hidup produk

Strategi harus disesuaikan dengan fase siklus hidup yaitu fase pengenalan, fase pertumbuhan, fase kedewasaan dan fase penurunan.

2. Posisi kompetitif perusahaan di pasar

Dengan posisi perusahaan dalam persaingan, Strategi pemasaran harus menyesuaikan. Apakah memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.

3. Situasi ekonomi

Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi dan kejelian ekonomi, apakah ekonomi sedang booming atau inflasi tinggi.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemasaran

Manufaktur produk atau jasa yang diinginkan konsumen harus menjadi fokus operasi dan perencanaan perusahaan.

Pemasaran yang berkelanjutan harus berkoordinasi dengan baik dengan berbagai departemen (tidak hanya di departemen pemasaran), sehingga tercipta sinergi dalam upaya melaksanakan kegiatan pemasaran.

BACA JUGA :   Viral Uang Logam 100 ribu Berbahan Emas

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk pemasaran dari sudut pandang penjual:

– Tempat yang strategis.

– Kualitas produk.

– harga bersaing.

– Promosi yang kuat.

Sementara itu, dari sudut pandang konsumen, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah:

– Kebutuhan dan keinginan konsumen.

– Biaya konsumen.

– kenyamanan.

– Komunikasi.