Usaha Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga Muda

Usaha Yang  Cocok – Memulai bisnis untuk ibu rumah tangga muda dapat menjadi tantangan, terutama jika Anda sudah memiliki anak. Membagi keluarga dan menjalankan bisnis membutuhkan kesabaran dan tentunya tenaga ekstra.

Ada banyak pilihan usaha yang cocok untuk  rumah tangga muda yang bisa Anda mulai coba. Apalagi di era internet seperti sekarang ini, pemasaran merchandise bisa jauh lebih praktis.

Meski menjalankan bisnis dan mengurus keluarga bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan bersama-sama, namun rekomendasi berikut ini bisa menjadi referensi bagi para ibu rumah tangga untuk memilih peluang bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga dan mendatangkan uang.

1. Buka toko kelontong

Usaha Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga Muda
Punya toko kelontong bisa menjadi pilihan usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga muda (Ilustrasi Foto: iStockphoto/BravissimoS)

Membuka toko kelontong sendiri bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin membuka usaha rumahan. Jika Anda memiliki sisa tanah untuk ruko, Anda bebas menjual apa saja, terutama yang dibutuhkan masyarakat sekitar.

Misalnya kebutuhan pokok, makanan beku, toko plastik dan kue, serta kebutuhan rumah tangga sehari-hari lainnya.

BACA JUGA :   Cara Menghasilkan Uang dari HP Agar Cuan Terus

Keuntungan memiliki toko kelontong, Anda tidak memerlukan keahlian khusus untuk menjalankannya, tetapi perputaran uang bisa besar dan cepat. Anda juga bebas mengatur jam buka toko sesuai dengan aktivitas Anda sebagai ibu rumah tangga.

2. Perdagangan roti dan kue kering

Usaha Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga Muda
Memproduksi roti dan kue kering bisa menjadi pilihan usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga muda (Ilustrasi Foto: iStockphoto/Mila Naumova)

Untuk yang mempunyai hobi di dapur, membuka order kue dan kue kering bisa menjadi peluang usaha yang cocok untuk rumah tangga.

Selain menjualnya di lingkungan sekitar seperti tetangga, Anda bisa memperluas pasar dengan mempromosikannya di media sosial dan marketplace.

Mengingat animo masyarakat untuk memasak saat ini sedang tinggi, Anda bisa mengikuti selera pasar dengan membuat makanan yang sedang naik daun atau produk Anda sendiri yang terbatas namun unik.

3. Sajikan makanan di rumah

Usaha Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga Muda
Katering rumahan bisa menjadi pilihan usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga muda (Ilustrasi Foto: oxonimages/Pixabay)

Menjalankan bisnis kuliner seperti katering bisa dimulai dari skala kecil dan tak harus yang besar dulu jika Anda seorang pemula. Anda dapat menjual makanan seperti nasi kotak atau prasmanan untuk perayaan, arisan, dan pesanan pengiriman online.

Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk membuka tempat makan pribadi seperti Warung. Siapkan saja dapur atao tempat yang cocok untuk mengolah makanan.

BACA JUGA :   8 Ide Bisnis Online untuk Pemula dengan Modal Kecil

Tips bagi yang ingin menjalankan Usaha Yang Cocok untuk rumah tangga dengan bisnis kuliner yang semakin menjamur, harus konsisten dengan rasa dan terus meningkatkan kualitas makanan agar pelanggan tidak kabur setelah sekali mencoba.

Anda juga bisa meningkatkan nilai jual makanan dengan kemasan yang bagus dan menarik. Tidak ada salahnya memikirkan konsep peralatan makan yang ramah lingkungan.

4. Penjahit atau Pembuat

Usaha Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga Muda
Menjual barang hasil kerajianan bisa menjadi pilihan usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga muda (Ilustrasi Foto: condesign/Pixabay)

Saatnya mengubah hobi menjadi peti harta karun. Jika Anda memiliki keterampilan khusus seperti merajut atau menjahit, Anda dapat mulai memproduksi barang-barang sederhana yang berharga.

Misalnya masker kain, seragam, taplak meja, tas jinjing, tas, selendang, dll.

Menjual kerajinan tangan seperti ini merupakan usaha yang cocok untuk rumah tangga muda karena tidak membutuhkan modal yang besar, dan dilakukan dengan cara yang menarik dan bermanfaat.

5. Binatu kilo

Usaha Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga Muda
Laundry termasuk pilihan usaha ibu rumah tangga modal kecil untung besar (Foto: REUTERS/KIM KYUNG-HOON)

Binatu atau laundry adalah jenis usaha yang cocok untuk rumah tangga dan paling sederhana namun sangat menguntungkan, tanpa modal dan operasi bulanan yang sangat besar. Bahkan ibu rumah tangga muda atau pemula dapat dengan mudah mengelola bisnis ini.

Kunci sukses bisnis laundry kilogram adalah lokasi yang strategis, investasi peralatan, dan pelayanan yang baik. Anda dapat menambahkan layanan antar-jemput binatu gratis dan jangan ragu untuk menawarkan promosi di awal pembukaan sehingga pelanggan dapat mengalahkan cucian Anda.

BACA JUGA :   Download Aplikasi Jual Beli Bitcoin Terbaik 2021

6. Penyedia akomodasi sewa atau kost

Usaha Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga Muda
Menyewakan kamar kontakan dan kos bisa menjadi pilihan usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga muda (Ilustrasi Foto: Unsplash/Pixabay)

Jika Anda memiliki modal lebih untuk membangun interior atau kamar sewaan, maka pilihan Usaha Yang Cocok untuk rumah tangga yang mendatangkan passive income ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Bisnis ini dinilai memiliki prospek cerah dan menguntungkan.

Sebuah kost atau rumah kontrakan idealnya terletak di lokasi yang strategis dekat dengan kampus dan perkantoran, mengingat mahasiswa dan staf tentunya akan mencari tempat tinggal yang dekat dengannya.

Maksimalkan layanan seperti perawatan dan pembersihan kamar rutin, binatu harian gratis, penyejuk udara, dan tempat parkir yang luas untuk meningkatkan daya saing Anda.

7. Reseller atau Dropshipper

Usaha Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga Muda
Menjadi reseller dan dropshipper bisa menjadi pilihan usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga muda (Ilustrasi Foto: janeb13/Pixabay)

Usaha Yang Cocok untuk rumah tangga muda adalah menjadi penjual atau dropshipper. Meskipun mereka berdagang, mereka memiliki misi yang berbeda.

Sebagai penjual, Anda dapat membeli produk dalam jumlah besar dan menjualnya kembali dengan harga yang disesuaikan. Harga bisa lebih tinggi jika dikemas ulang dengan merek Anda.

Sedangkan dropshipper lebih sederhana. Anda sebagai pemilik toko pihak ketiga yang tugasnya hanya memasarkan produk. Ketika ada pesanan, pemilik toko menyiapkan dan mengirimkan barang.

Keuntungan dari kedua perusahaan ini adalah Anda tidak perlu repot memproduksi barang dagangan sendiri, Anda hanya perlu memasarkan dan mendapatkan selisih dari produk yang Anda jual.