tips mengerjakan soal utbk

Panduan, Rencana, dan Tips Menghadapi Soal Ujian UTBK

Tips Menghadapi Soal Ujian UTBK – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) adalah jenis ujian yang tidak bisa dihadapi dengan persiapan satu atau dua bulan saja.

Ada banyak persaingan di SBMPTN, Seleksi Mandiri, atau ujian ke perguruan tinggi swasta. Karenanya persiapan UTBK harus dimulai sejak jauh-jauh hari.

Apalagi, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pernah menyatakan bahwa masuk perguruan tinggi jalur SBMPTN punya peluang lebih besar dibanding jalur lain.

Untuk itu, menghadapi TBK sebaiknya dimulai dari 3-7 bulan sebelum ujian tersebut berlangsung.

Rencana Periode Persiapan Menghadapi Ujian UTBK

Untuk membantu kamu membuat perencanaan yang terstruktur, berikut ini panduan beberapa bulan sebelum ujian berlangsung.

Hal pertama yang sebaiknya diperhatikan adalah membagi waktu persiapan dalam periode 3 bulanan:

1. Periode 3 Bulan Pertama

Periode ini dimulai dari September hingga November. Selama periode ini, ada sejumlah yang sebaiknya dilakukan, seperti:

  • Riset program studi, universitas, dan kota yang menurutmu cocok dengan keinginan serta kemampuan akademismu. Dari sini, kamu bisa menentukan target ingin kuliah di mana.
  • Kuasai mata pelajaran yang jadi fokus program studi incaranmu.
  • Melakukan manajemen waktu untuk belajar, sekolah, dan aktivitas lainnya.
  • Berdiskusi dengan keluarga, senior, atau siapa pun yang punya kapabilitas terkait program studi/mata pelajaran yang sesuai incaranmu.
  • Mulailah mencari dan ikut bimbingan belajar (bimbel). Demi manajemen waktu, cobalah mencari bimbel online.
BACA JUGA :   Syarat dan Cara Mendapatkan Kartu Prakerja Gelombang 18

2. Periode 3 Bulan Kedua

Periode ini dimulai sejak Desember hingga Februari. Selama periode ini, idealnya, kamu sudah lebih fokus dari periode sebelumnya. Karena sebaiknya, di periode ini kamu sudah mulai meningkatkan fokusmu ke mata pelajaran.

Beberapa di antara kamu pasti ada yang masih ragu-ragu ikut bimbel atau tidak di tahap ini. Namun, tidak ada salahnya kamu mengikuti layanan bimbingan belajar demi meningkatkan fokus kamu. Tidak wajib bimbel secara offline kalau kamu memang malas untuk keluar rumah. Kamu pasti sudah tahu kalau sudah banyak aplikasi bimbel online di Indonesia yang mampu memberikan pelayanan menyeluruh terkait UTBK yang tidak kalah dengan layanan dari bimbel offline.

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan banyak informasi, data, dan pengetahuan di satu platform jika menggunakan layanan bimbel online. Harga yang ditawarkan pun tidak mencekik kantong orang tua.

Tentu saja, kamu perlu berdiskusi dengan orang tua terkait bimbel ini. Berikan penjelasan dari sisi layanan akademis dan harga. Sehingga orang tua akan memahami dan mengizinkan kamu ikut bimbel online.

BACA JUGA :   Bacaan Dzikir setelah Sholat 5 Waktu

Periode kedua ini memang periode terbaik ikut bimbel. Selain demi menghadapi UTBK, bimbel juga bisa membimbingmu menjalani ujian sekolah.

3. Periode 3 Bulan Ketiga

Periode ini diawali sejak Maret hingga Mei. Kemungkinan besar, pada periode ini, pendaftaran UTBK sudah dibuka. Masuk ke bulan April hingga Mei, kamu sudah bisa mengikuti UTBK.

Menjaga fokus di periode ini bersifat sangat krusial. Biasanya, pada periode ini akan mulai banyak hal yang menggodamu. Seperti, daya tarik universitas swasta, pindah universitas demi alasan bersama teman SMA, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mulai dengan ikut try out online, latihan soal, atau hal lain terkait UTBK. Jangan ragu untuk menolak hal-hal yang merusak fokusmu ke ujian penting UTBK.

Kamu juga mulai bisa mengurangi waktu bermain, menyempitkan pergaulan untuk sementara waktu, dan menambah waktu untuk kebutuhan akademis. Hanya saja, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan mental dan fisik.

Ketiga periode di atas bisa dijalankan dengan baik bila kamu fokus. Percuma saja ikut bimbel atau try out online tapi setelah itu kamu malah keluyuran hingga lupa waktu.

Tips dan Trick Sewaktu Mengerjakan UTBK

Walaupun persiapan sudah dilakukan jauh-jauh hari, pada umumnya, mengerjakan soal UTBK punya tekanan mental tersendiri. Entah karena durasi mengerjakan soal atau merasa tiba-tiba otakmu kosong.

BACA JUGA :   Bantuan UKM Facebook Rp31 Juta: Syarat dan Cara Daftar

Untuk itu, ada sejumlah trik dan tips yang bisa kamu latih di periode persiapan. Berikut ini triknya:

  1. Pahami konsepnya

    Memahami konsep soal bukan sesuatu yang bisa dilakukan dalam seminggu-dua minggu. Karenanya, mengerjakan latihan soal, ikut bimbel online, atau ikut try out, jadi cara ampuh mengasah otak memahami konsep soal. Bila konsep sudah dikuasai, kamu membutuhkan durasi yang lebih singkat untuk mengerjakan soal.

  2. Menghitung Cepat

    Soal yang membutuhkan perhitungan punya kecenderungan menghabiskan waktu lebih lama. Karenanya, kamu perlu belajar menyederhanakan proses perhitungan, menghafal jembatan keledai, memodifikasi perhitungan, dan semacamnya yang terkait menyingkat durasi waktu perhitungan.

  3. Membaca Cepat

    Untuk soal esai di UTBK, kamu perlu menguasai teknik membaca cepat dan mencari kata/frasa kunci. Dengan kedua teknik itu, kamu bisa mengambil hipotesis/kesimpulan awal atas sebuah pernyataan. Dari situ, kamu bisa melangkah mencari kecocokan pernyataan dengan jawaban.

    Tentu saja, teknik menghitung dan membaca cepat itu tidak bisa lepas dari penguasaan atas konsep materi ujian.

    Artinya, kamu perlu waktu persiapan yang cukup banyak untuk bisa mengeksplorasi berbagai jenis kemungkinan, teknis, materi ujian, atau manajemen diri.

    Bila persiapan yang kamu rencanakan untuk menghadapi UTBK bisa berjalan baik, kamu juga ambis habis, plus lingkunganmu mendukung, maka kemungkinan besar nilai UTBK milikmu akan memuaskan.