Begini Cara Backup Data Android agar Data Tidak Hilang
Begini Cara Backup Data Android agar Data Tidak Hilang

Begini Cara Backup Data Android agar Data Tidak Hilang

Cara backup data android – Salah satu aktivitas terpenting yang harus Anda lakukan adalah mencadangkan data Android, tetapi tidak jarang sebagian orang lupa untuk mencadangkannya.

Jadi ketika ponsel Anda rusak atau hilang, Anda akan menghadapi masalah Anda sendiri karena kehilangan data penting di ponsel Anda.

Pencadangan data adalah proses pembuatan cadangan data dengan menyalin data atau membuat arsip data yang disimpan pada suatu perangkat ke media penyimpanan lain seperti USB flash drive, hard drive eksternal, atau penyimpanan cloud agar data tersebut dapat digunakan kembali jika terjadi kerusakan atau kehilangan.

Nah jika anda belum mengetahui caranya, salah satu cara backup data android yang bisa anda lakukan dengan mudah adalah dengan melakukan backup data android menggunakan Google Drive.

BACA JUGA :   Cara Menghilangkan Iklan di Google Chrome, Mudah Banget!

Untuk menyimpan data di servernya Google Drive adalah layanan penyimpanan data yang dikembangkan oleh Google, menyinkronkan data di berbagai perangkat, dan berbagi file satu sama lain.

Anda dapat menyimpan dan berbagi foto, video, file, dan lainnya dengan aman dengan penyimpanan gratis hingga 15 GB dengan akun Google Anda.

Backup data Android menggunakan Google Drive

– Buka menu pengaturan di ponsel Anda.

– Pilih opsi “Pengaturan” untuk menyalin pengaturan di pengaturan Anda.

– Nantinya, Anda juga bisa mengakses data backup ini melalui aplikasi Google Drive.

– Selanjutnya gulir ke bawah hingga Anda menemukan menu Sistem.

– Pilih saja Cadangan.

– Kemudian pastikan tab “Cadangkan ke Google Drive” dihidupkan.

BACA JUGA :   Cara Menambah Followers Instagram Secara Gratis

– Setelah itu, pengaturan aplikasi dan sistem akan disimpan ke Google Drive. Jika Anda membutuhkan data ini, Anda dapat masuk langsung dengan email Anda dan Anda dapat mengunduh data yang telah Anda buat cadangannya.

Selain cara backup data Android menggunakan Google Drive, Anda juga bisa melakukan proses backup data menggunakan aplikasi backup data yang bisa Anda download melalui Play Store.

Saat ini sudah banyak aplikasi backup data Android yang bisa Anda gunakan, salah satunya adalah Super Backup & Restore.

Untuk backup data dengan mudah dan sederhana Super Backup & Restore adalah aplikasi yang menyediakan layanan backup data di hp android anda yang memiliki berbagai fitur menarik.

Menggunakan aplikasi Super Backup & Restore

– Download aplikasi Super Backup & Restore di ponsel Anda.

BACA JUGA :   Cara Membuat Link Google Drive untuk Membagikan Data dengan Mudah

– Buka aplikasi Super Backup & Restore.

– Saat pertama kali membuka aplikasi, Super Backup & Restore akan menampilkan beberapa menu seperti SMS, Google Drive, dll.

– Selanjutnya Anda hanya perlu memilih data yang ingin Anda backup.

– Setelah memilih semua data yang ingin Anda backup, Anda dapat langsung mengklik Backup All untuk melakukan seluruh proses backup data Android.

– Kemudian klik OK.

– Tunggu beberapa saat hingga aplikasi Super Backup & Restore selesai mencadangkan data Android Anda.

Itulah cara backup data Android yang dapat Anda lakukan dengan mudah sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi jika terjadi sesuatu pada ponsel Anda.