Aplikasi Antivirus Android Terbaik yang Wajib Dipakai
Aplikasi Antivirus Android Terbaik yang Wajib Dipakai

Aplikasi Antivirus Android Terbaik yang Wajib Dipakai

Aplikasi antivirus android – Aplikasi antivirus atau malware dapat membantu pengguna melindungi ponsel mereka dari malware, penipuan online, jebakan situs web palsu, pencopet, dll.

Karena menurut Android Security Report 2018, yang dirilis pada Maret 2019, Indonesia menjadi negara dengan aplikasi Android paling berbahaya yang terpasang di Google Play Store.

Aplikasi ini dinilai berbahaya karena mengandung Trojan, spyware, phishing, malware, dan trik yang paling sering digunakan adalah “click fraud”.

Sebuah “klik palsu” akan mendorong pengguna untuk berulang kali menekan tombol iklan sehingga pemilik situs dapat memperoleh pendapatan dari iklan yang ditayangkan oleh perusahaan periklanan, seperti Google AdSense misalnya.

Untuk melindungi pengguna ponsel Android, berikut adalah aplikasi antivirus android:

Eset Mobile

Salah satu fitur menarik dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk mendeteksi situs phishing. Ini adalah situs palsu yang sering digunakan untuk melakukan penipuan online. Selain mengaktifkan tentu saja kemampuan utama aplikasi ini untuk memindai malware.

BACA JUGA :   Aplikasi Pemutar Musik PC/Laptop Terbaik dan Gratis

Situs phising ini sering digunakan untuk mencuri data pribadi pengguna, seperti alamat email, password, nomor rekening, dan kartu kredit. Situs ini sering digunakan untuk mengelabui orang agar menelepon nomor tertentu untuk memikat mereka agar mendapatkan hadiah dan harus mengirimkan sejumlah uang terlebih dahulu.

Fitur anti phishing ini sudah terintegrasi dengan browser di ponsel. Jadi, begitu pengguna memasuki situs web palsu, aplikasi tersebut dapat memberikan peringatan, menurut Safety Detectives.

kelebihan:
– Perlindungan Phishing
– Tanpa iklan

kekurangan:
Versi gratis terbatas hanya untuk 30 hari.

Bitdefender Antivirus Free

Aplikasi ini memberikan keamanan untuk perangkat Android dari berbagai malware, seperti virus, spyware, dan ransomware.

kelebihan:
– Aplikasi siap digunakan segera setelah diinstal tanpa perlu konfigurasi tambahan,
– Tidak ada iklan, dan
– Jangan membuat ponsel menjadi lambat dan menguras baterai.

kekurangan:
Pengguna harus membayar fitur tambahan untuk melindungi pencurian data saat mereka membuka browser, mengamankan data pribadi, dan mencegah ponsel dicuri.

BACA JUGA :   Koneksi Internet Di Indonesia Semakin Cepat Pada Tahun 2020

AVG

Selain menangkis malware, aplikasi ini juga menawarkan berbagai fitur berguna lainnya. Misalnya, lacak kerentanan WiFi, uji kecepatan WiFi, bersihkan RAM dan ROM untuk meningkatkan kinerja.

AVG juga memiliki fitur untuk melacak ponsel jika dicuri. Jika fitur ini diaktifkan, aplikasi akan dapat melacak ponsel yang hilang dengan bantuan Google Maps, mengunci perangkat dari jarak jauh, dan membunyikan sirene untuk menemukan ponsel.

keunggulan:
– Banyak fitur yang tidak ditemukan di aplikasi lain.

kekurangan:
Banyak iklan menempati setengah layar.

McAfee Mobile Security

Selain melindungi ponsel Anda dari malware, fitur hebat lainnya dari aplikasi ini adalah fitur pencegahan pencurian. Jika perangkat Android dicuri, aplikasi dapat mengambil foto si pencuri, lapor TechRadar.

Keuntungan lainnya adalah aplikasi ini mampu mendeteksi aplikasi yang mencoba membocorkan informasi sensitif. McAfee juga akan memblokir akses ke situs web yang dianggap berbahaya, serta memblokir panggilan dan SMS dari nomor tertentu.

BACA JUGA :   Fitur Terbaru Tiktok Live Streaming, Simak Nih!

keunggulan:
– Fitur anti kedutan,
– perlindungan real-time yang kuat dari malware,
– Versi berbayar menyediakan VPN dan Pemblokir iklan.

kekurangan
– menampilkan iklan,
– Baterai terkuras.

Kaspersky Mobile Antivirus

Kaspersky Mobile Antivirus berhasil memblokir 99,9 persen malware menurut AV-Test pada November 2017. Mirip dengan McAfee, aplikasi ini juga dapat memblokir situs web atau tautan berbahaya dan memblokir nomor tertentu.

Namun, fitur aplikasi ini masih kalah dengan aplikasi keamanan seluler lainnya. Selain itu, Kaspersky Mobile Antivirus juga mendukung perlindungan smartwatch Android, seperti dilansir Toms Guide.

kelebihan:
– Tidak ada iklan dalam versi gratis

kekurangan:
– Filter situs berbahaya hanya berlaku untuk Google Chrome,
– Versi gratis tidak secara otomatis mencari aplikasi baru.

itulah aplikasi antivirus android terbaik yang kami rekomendasikan, fungsinya sudah jelas ya bahwa aplikasi ini bisa menjaga perangkat/smartphone android anda dari serangan virus dan juga malware jahat yang menyerang data privasi kita.