Tips Perawatan Kulit Berjerawat dan Cara Pengobatannya
Tips Perawatan Kulit Berjerawat dan Cara Pengobatannya

Tips Perawatan Kulit Berjerawat dan Cara Pengobatannya

Jerawat adalah sebuah resiko. Namun, itu bukanlah sesuatu yang tidak bisa diatasi. Ada banyak produk perawatan kulit berjerawat di sekitar.

Kami dapat mengkategorikan produk perawatan kulit jerawat menjadi 3 kategori utama –
* Produk perawatan kulit preventif atau umum untuk jerawat
* Produk perawatan kulit khusus yang dijual bebas
* Resep produk perawatan kulit.

Produk perawatan kulit jerawat umum digunakan sebagai tindakan pencegahan jerawat. Produk tersebut termasuk pembersih, penghapus riasan, dan produk serupa yang membantu mencegah jerawat.

Dalam arti sebenarnya, produk perawatan kulit ini hanyalah yang seharusnya menjadi bagian dari rutinitas harian Anda.

Namun, beberapa di antaranya lebih berorientasi pada produk perawatan kulit untuk jerawat. Produk perawatan kulit ini bekerja melawan penyebab timbulnya jerawat misalnya dengan membatasi produksi sebum / minyak dan mencegah pori-pori kulit tersumbat.

BACA JUGA :   Jenis Gangguan Pencernaan dan Cara Mengatasinya

Pada dasarnya, produk perawatan kulit berjerawat mencegah minyak tersumbat ke dalam pori-pori sehingga menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Produk perawatan kulit berjerawat umum juga mencakup produk pengelupasan seperti lulur kulit. Ini bekerja dengan cara mengangkat sel kulit mati, sehingga mengurangi kemungkinan pori-pori tersumbat dan perkembangan bakteri.

Lalu ada produk yang didedikasikan untuk merawat kulit berjerawat yang tersedia bebas (over the counter). Ini termasuk produk seperti Vanishing Creams yang mengekstrak minyak berlebih dari kulit. Sebagian besar produk perawatan kulit jerawat ini didasarkan pada benzoyl peroxide dan asam salisilat, keduanya adalah bakteri musuh (dan juga jerawat).

Anda harus mulai dengan produk yang mengandung konsentrasi benzoil peroksida yang lebih rendah (misalnya 5%) dan perhatikan bagaimana kulit Anda meresponsnya.

BACA JUGA :   Obesitas Pengaruhi Respons Imun, Kurangi Efektivitas Vaksin Covid-19

Pelembap berbahan dasar asam alfa hidroksi juga populer sebagai produk perawatan kulit berjerawat. Anda mungkin harus mencoba sedikit, sebelum mulai berfokus pada produk perawatan kulit yang efektif untuk Anda. Jika tidak ada yang berhasil, Anda harus menghubungi dokter kulit.

Produk perawatan jerawat resep adalah yang diresepkan oleh dokter kulit. Ini bisa termasuk salep yang bisa dioleskan ke area yang terkena, antibiotik oral, atau perawatan topikal apa pun.

Seorang dokter kulit mungkin juga menyarankan prosedur invasif minimal untuk menghilangkan isi jerawat. Namun, jangan pernah mencoba meremas atau melakukannya sendiri, karena dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada kulit Anda.

Dokter Anda juga dapat meresepkan perawatan berbasis hormon (karena perubahan hormonal juga diketahui menyebabkan jerawat). Produk perawatan kulit berjerawat ini dikenal sangat efektif dalam beberapa kasus.
Oleh karena itu, dengan semua produk perawatan kulit berjerawat, mengobati jerawat tidaklah sesulit itu.