BLT UMKM Rp 2,4 jt AKAN CAIR BULAN MARET 2021
BLT UMKM Rp 2,4 Juta Dicairkan Maret 2021

BLT UMKM Rp 2,4 Juta Akan Cair Bulan Maret 2021

Diketahui, pemerintah melalui Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, dan Kementerian Keuangan akan melanjutkan program Bantuan Produktif Presiden (Banpres) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 2,4 juta.

Bantuan BLT ini tentunnya diberikan secara gratis sebagai bentuk upaya dari pemerintah untuk membantu usaha mikro, kecil, dan menengah yang sedang terkena dampak dari wabah (pandemi).

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Ashqalani mengungkapkan, untuk pelaksanaan program BLT UMKM saat ini masih dalam tahap persiapan dan akan dimulai mulai pada bulan Maret ini.

“Insya Allah, Program itu akan siap untuk di laksanakan mulai bulan Maret mendatang.” di kutip kompas.com

Awalnya, Ascolani menjelaskan, program ini tidak dimaksudkan untuk dilanjutkan.

BACA JUGA :   Ini Cara Check In Online Citilink Melalui Web dan Aplikasi

Namun karena begitu banyak dari para UMKM yang belum menerima bantuan ini, pemerintah akhirnya memutuskan untuk melanjutkan program ini.

“Pada bulan Maret 2021 pemerintah akan menambahkan anggaran dari pada yang sudah di rencanakan, dan Insya Allah pemerintah akan memberikannya mulai bulan Maret mendatang,” ujarnya.

profil instagram kemenkopukm
profil instagram kemenkopukm

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM Menkop UKM, Teten Masduki juga menuturkan meskipun pelaku UMKM belum memiliki akun, namun tetap bisa mendaftar program untuk dapat menerima bantuan langsung tunai (BLT).

Nantinya akan dibuatkan akun untuk para pelaku UMKM di perusahaan kecil dan menengah yang hak bantuannya telah diumumkan oleh salah satu bank remittance.

Dia menjelaskan bahwa “bank yang akan memanggil para penerima untuk membuat rekening dan kemudian menandatangani pernyataan mandiri mengenai kelayakan untuk menerima.”

BACA JUGA :   Ini Tanggapan Ustads Abdul Somad Tentang Suara Adzan

Oleh karena itu, jika ingin mendaftar, pelaku UMKM bisa langsung mendaftarkan diri atau mengirimkan document pendaftaran dirinya ke Bank yang terdekat.