Tips Mengelola Keuangan Bulanan Dengan Benar
Tips Mengelola Keuangan Bulanan Dengan Benar

Tips Mengelola Keuangan Bulanan Dengan Benar

Setiap orang harus memiliki caranya sendiri dalam mengelola keuangan dengan lebih baik, sehingga kebutuhan dapat terpenuhi dan dapat disediakan. Namun tidak jarang banyak orang yang mencari tips mengelola keuangan bulanan dengan baik karena penghasilannya yang pas-pasan untuk memenuhi kebutuhannya, sehingga diperlukan tips tambahan.

Tips ini untuk para milenial yang terkenal boros dan menyenangkan, atau untuk orang tua yang sudah tinggal di rumah.

Tentu setiap orang memiliki pendapatan dan kebutuhan yang berbeda-beda, namun dengan pengelolaan keuangan yang baik, berapapun pendapatan yang Anda miliki, Anda dapat memenuhi kebutuhan Anda.

Jika penghasilan Anda tinggi, bukan berarti keinginan atau gaya Anda meningkat, tetapi bisa digunakan untuk tabungan dan investasi.

Mengatur manajemen keuangan

Bagian keuangan tidak hanya memperhitungkan pemasukan dan pengeluaran tetapi juga belajar bagaimana membuat metode yang seimbang atau menurut peribahasa (tidak) besar pasak daripada tiang.

Anda perlu mengetahui rincian pengeluaran jangka pendek dan jangka panjang agar dapat melakukan penghematan. Berikut beberapa tips mengelola keuangan yang bisa Anda lakukan, yaitu:

BACA JUGA :   Kementerian Penanaman Modal, Investasi Pesat Ekonomi Meningkat

1. Hitung gaji dengan 50-20-30.

Ada rumus manajemen keuangan yang sangat efektif dengan sistem 50-20-30, tapi tahukah Anda rumus ini? Ini adalah taruhan finansial setiap kali Anda membayar, karena 50% dari pendapatan Anda digunakan untuk biaya hidup sehari-hari seperti makan, membayar sewa rumah, biaya transportasi, tagihan listrik, dan lainnya.

Kemudian 30% dari pendapatan Anda digunakan untuk tabungan atau investasi. Ini sangat penting, dan dapat digunakan sebagai dana darurat seperti jatuh sakit, sepeda motor rusak, dan kejadian tak terduga lainnya.

Sisa 20% dari gaji Anda dapat digunakan untuk liburan, hiburan, membeli barang-barang yang diinginkan, dan banyak lagi.

Jika anggaran dirasa terlalu besar dan masih ada sisa, Anda bisa menerapkannya untuk hal lain.

2. Menyiapkan dana pensiun

Tentu saja, Anda tidak akan bekerja terus menerus sampai Anda tua, bukan? Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan dana pensiun di usia produktif.

BACA JUGA :   Pemuda 19 Tahun Di Gaji Rp. 783 Juta Setahun Dari Penambang Bitcoin

Bagi mereka yang bekerja di kantor atau perusahaan, mungkin mendapatkan pensiun dari pekerjaannya, tetapi tidak ada salahnya menyelamatkan diri dari hari tua.

3. Manfaatkan asuransi

Asuransi sangat penting untuk mempersiapkan masa depan, mulai dari asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, dan lainnya. Sehingga uang Anda tetap teratur jika terjadi masalah yang membutuhkan biaya yang cukup besar.

4. Bijaklah dalam menggunakan kartu kredit

Banyak orang menjadi boros dan tidak terkendali menghabiskan uang akibat penggunaan kartu kredit. Namun meskipun Anda mengelola uang Anda tidak harus menutup kartu kredit, Anda cukup bijak menggunakan kartu kredit agar tidak kembung.

Jika Anda memiliki kartu kredit, Anda dapat menggunakannya untuk kebutuhan yang mendesak.

5. Membuat catatan keuangan

Cara mengelola keuangan selanjutnya adalah dengan membuat pencatatan pemasukan dan pengeluaran agar lebih tertata. Dengan cara ini, Anda akan tahu mengapa menggunakan alokasi keuangan terbesar.

BACA JUGA :   Perbedaan Asuransi Mobil All Risk dan TLO

Dengan Notes, Anda juga akan tahu dari mana penghasilan Anda berasal dan dari mana pengeluaran mengalir.

Saat ini, Anda tidak perlu lagi menggunakan registrasi manual karena sudah ada aplikasi My Smile yang membantu mengelola uang Anda dengan lebih mudah dan praktis.

Smile adalah aplikasi perbankan revolusioner dari Amar Bank yang dapat digunakan untuk membantu Anda mengelola uang lebih cepat hanya dengan satu tangan.

Beberapa fitur yang dapat digunakan dalam aplikasi ini untuk membantu memperbaiki kondisi keuangan. Anda juga akan senang menabung karena fitur daftar keinginan, di mana Anda dapat membuat posting kebutuhan dan mensimulasikan alokasi keuangan bulanan untuk mencapai tujuan.

Itulah beberapa tips mengelola keuangan bulanan dengan baik. Mari coba gunakan aplikasi My Smile untuk mengelola keuangan dengan lebih baik.