Agar Tidak Dehidrasi, Ini Cara Untuk Mencegahnya!
Agar Tidak Dehidrasi, Ini Cara Untuk Mencegahnya!

Agar Tidak Dehidrasi, Ini Cara Untuk Mencegahnya!

Agar tidak dehidrasi, ini cara untuk mencegahnya! – Tahukah teman-teman sebagian besar tubuh manusia, tepatnya, dua pertiga bagiannya terdiri dari cairan, mikro. Inilah sebabnya mengapa kami menyarankan minum yang cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar tubuh kita dapat berfungsi secara optimal.

Namun terkadang kita lupa minum air putih secara teratur, yang menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi. Seseorang mengalami dehidrasi di sebabkan karena aktivitas yang padat, lupa membawa botol berisi air, atau tidak minum air bersih.

Nah, agar tidak dehidrasi, berikut ini cara mudah memenuhi cairan tubuh.

Mengkonsumsi makanan dengan kandungan air yang tinggi

Kebutuhan cairan tubuh tidak bisa dipenuhi hanya dengan minum air putih saja. Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan air untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

BACA JUGA :   Cara Benar Mengkonsumsi Madu Untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Ketika air tidak mencukupi untuk cairan tubuh, air dalam makanan dapat melengkapi kebutuhan cairan tubuh.

Teman-teman bisa memilih buah-buahan seperti semangka, semangka, dan jeruk, atau sayuran, seperti mentimun, tomat, dan selada, yang banyak mengandung air. Selain itu, mengonsumsi sup, kaldu, atau kaldu juga bisa melengkapi kebutuhan cairan tubuh.

Membuat Infused Water

Beberapa orang tidak suka minum air karena rasanya hambar dan karenanya tidak menarik, tidak seperti minuman manis atau minuman beraroma lainnya. Karena banyak minum yang manis-manis itu tidak baik untuk tubuh, sobat bisa menyesuaikan airnya agar kita lebih memilih minum air putih.

Caranya adalah dengan menambahkan potongan buah ke dalam air atau disebut juga dengan air rendaman. Sobat bisa menambahkan berbagai irisan buah, seperti stroberi, kiwi, atau lemon, lalu tambahkan daun mint agar lebih segar.

Setelah menambahkan irisan buah, rendam buah selama beberapa jam dan masukkan ke dalam lemari es sambil kita minum airnya, akan terasa lebih segar.

BACA JUGA :   Mencegah Resiko Sakit Gigi Pada Anak Anak

Minumlah sebelum Anda haus dan ketika Anda merasa lapar

Kita biasanya minum ketika kita haus atau ketika tenggorokan kita terasa kering. Ternyata munculnya rasa haus adalah dehidrasi ringan yang dialami tubuh disini.

salah satu cara yang tepat agar tidak dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh dengan minum sebelum merasa haus. Dehidrasi juga bisa ditunjukkan dengan munculnya rasa lapar.

Jika Anda merasa lapar padahal baru saja makan, rasa lapar ini mungkin merupakan tanda bahwa Anda sudah mengalami dehidrasi.

Jika teman Anda merasakan gejala tersebut, sebaiknya jangan langsung makan, tapi minumlah segelas air putih terlebih dahulu dan tunggu lima menit.

Jika Anda sudah tidak merasa lapar lagi setelah minum segelas air putih, tubuh kita sangat membutuhkan asupan cairan.

Selalu bawa botol air

Langkah awal yang mudah untuk menjaga cairan tubuh tetap penuh dengan membawa botol minum berisi air putih. Dengan membawa botol minum sendiri, Anda bisa minum kapan pun Anda merasa perlu atau haus.

BACA JUGA :   Jenis Vitamin Ibu Hamil Trimester 1 yang Wajib Dikonsumsi

Plus, membawa botol minum sendiri bisa mengurangi sampah botol minum plastik sekali pakai yang harus dibeli saat kita tidak membawa botol air.

Ada banyak botol minum dengan warna, bentuk dan gambar yang menarik yang bisa Anda pilih untuk dibawa setiap hari sehingga Anda akan minum air putih secara teratur untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda.

Sesuaikan suhu air

Beberapa menganggap air dingin baru dikeluarkan dari lemari es atau ditambahkan dengan es batu agar terasa sangat segar. Tapi ada juga yang lebih suka minum air hangat daripada air dingin.

Jika Anda memang ingin meminum air dengan suhu tertentu, Anda bisa melakukan beberapa cara untuk menyimpannya sesuai dengan keinginan Anda. Bagi teman-teman yang suka minum air hangat, minumlah segelas air hangat plus irisan lemon.

Sedangkan teman-teman yang suka minum air dingin bisa memasukkan botol air minum ke dalam lemari es pada malam hari. Ketika ingin minum tinggal mengeluarkan botol air dari lemari es.

Pilihlah botol yang dapat menyimpan suhu air agar tidak berubah. Ternyata ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan agar tdak dehidrasi dan cairan tubuh tetap penuh.