Kualifikasi MotoGP San Marino Bagnaia Pole Dan Pemecah Sebuah Rekor
Kualifikasi MotoGP San Marino Bagnaia Pole Dan Pemecah Sebuah Rekor

Kualifikasi MotoGP San Marino Bagnaia Pole Dan Pemecah Sebuah Rekor

Kualifikasi MotoGP San Marino- Ducati Francesco Bagnaia telah sukses menjadi yang tercepat di kualifikasi MotoGP San Marino 2021. Kualifikasi MotoGP San Marino yang akan digelar di Misano World Circuit Marco Simoncelli pada Sabtu (18/9/2021) selesai pada WIB Malam.

Bagnaia tidak hanya meraih juara pertama tetapi juga berhasil memecahkan rekor lap di Sirkuit Dunia Misano untuk Marco Simoncelli. Pembalap Italia itu mencatatkan rekor dunia dengan catatan waktu 1 menit 31,065 detik.

Bagnaia telah berhasil mengungguli rekor 1’31.077 milik mantan pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, yang diukir pada 2020. Ini merupakan posisi ketiga Bagnaia di MotoGP 2021 setelah GP Qatar dan GP Aragon.

Pembalap Italia ini juga membukukan barisan depan keenam berturut-turut sejak MotoGP Belanda 2021.

Bagnaia nantinya akan memulai MotoGP San Marino 2021 dari depan grid bersama rekan setimnya, Jack Miller, dan Fabio Quartaro (Monster Energy Yamaha).

Sebuah insiden menghampiri pebalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi. Dokter berjuluk Valentino Rossi itu mengalami kecelakaan di tengah sesi Q1 MotoGP di San Marino.

BACA JUGA :   Persik Kediri Kalahkan Borneo FC, Bukti Handalnya Macan Putih

Meski telah berhasil menuju ke sesi Q1, Valentino Rossi gagal memperbaiki catatan waktunya. Pada akhirnya, Rossi harus puas dengan memulai MotoGP San Marino 2021 dari tanggal 23.

Situasi Valentino Rossi awalnya terlihat lebih buruk karena hanya ada satu pembalap di depannya, Andrea Dovizioso dan dia

. Trek Kualifikasi Motor San Marino 2021:

Dalam kualifikasi MotoGP San Marino 2021 menarik karena diikuti oleh beberapa pebalap papan atas mulai dari Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) hingga Marc Marquez (Repsol Honda).

Maverick Vinales, Andrea Dovizioso (Petronas Yamaha SRT), dan Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha) menjadi tiga pebalap elit lainnya yang juga harus start kualifikasi MotoGP San Marino 2021 edisi kuarter pertama.

Marc Marquez berhasil memimpin saat sesi Q1 berlangsung selama lima menit. Pembalap Spanyol itu memimpin dengan catatan waktu satu menit 32,372 detik.

Dua menit berselang, pemimpin sesi Q1 MotoGP San Marino 2021 beralih ke Enea Bastianini (Avintia Esponsorama) dengan catatan waktu 1 menit 31,876 detik. Akan tetapi sebuah nasib sial menghampiri Valentino Rossi di menit ketujuh sesi Q1.

BACA JUGA :   Perjalanan Greysia Polii Menuju mendali Emas Olimpiade Tokyo

Pembalap dari Italia itu mengalami insiden kecelakaan di sisi bawah hingga tergelincir keluar lintasan saat berbelok ke Tikungan 15.

Ini merupakan yang kedua kalinya Valentino Rossi mengalami terjatuh di seri MotoGP San Marino 2021. Sebelumnya, Rossi juga mengalami low side crash di Ticonga 13 pada sesi FP3.

Dalam hitungan waktu terbaik Valentino Rossi sebelum crash di kuarter pertama MotoGP San Marino 2021 adalah 1 menit 32967 detik. Rossi beruntung kecelakaan kali ini tidak membuatnya cedera.

Rossi mampu kembali ke lintasan setelah masuk lintasan pada menit ke-11 sesi Q1. Saat Q1 tersisa tiga menit, Brad Bender (Red Bull KTM) dan Takaaki Nakagami (LCR Honda) bergantian melakukan crash.

Saat itu, Bastianini masih memimpin, disusul Marc Marquez. Bastianini dan Marc Marquez akhirnya lolos ke kuarter kedua setelah tidak ada pebalap lain yang mampu mengalahkan catatan waktu lap mereka.

BACA JUGA :   Skor Jerman vs Armenia 6-0 kualifikasi Piala Dunia

Melanjutkan sesi Q2, Fabio Quartararo langsung memimpin pada menit kelima. Quartararo memiliki catatan waktu 1 menit 32,097 detik.

Dalam menit ke tiga, Quartararo telah berhasil meningkatkan waktunya menjadi satu menit 31,367 detik di ronde ketiganya. Quartararo berada di urutan terdepan, di ikuti oleh Francesco Bagnaia (Ducati) dan Jorge Martin (Pramac Racing).

Tepat di menit ketujuh, seluruh pebalap masuk ring. Dalam momen yang menarik terjadi saat Marc Marquez memutuskan untuk mengikuti Francesco Bagnaia saat memasuki lintasan lagi. Marc Marquez sepertinya ingin menerapkan strategi reversal dengan target Bajnaya.

Namun, strategi Marc Marquez tidak berhasil. Pada menit kesebelas, Marc Marquez telah terjatuh dan tergelincir keluar lintasan di Tikungan 9 saat mengikuti Bagnaia.

Di sisi lain, Bagnaia berhasil memimpin sesi Q2 pada menit ke-12. Bagnaia menggeser p0sisi dari Quartararo setelah waktu 1 menit 31,065 detik.

Bagnaia unggul setelah Quartararo menabrak Tikungan 1. Hingga akhir sesi Q2, belum ada pebalap yang berhasil mengalahkan catatan waktu Bagnaia.