Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan – Ada cukup banyak manfaat nangka bagi kesehatan. Buah berwarna kuning berduri ini tak hanya enak untuk disantap.

Jika Anda sangat beruntung jika Anda menyukai buah nangka atau Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di pasaran.

Nangka juga sering dikonsumsi dalam bentuk kuliner. Gudeg adalah daftar hidangan paling terkenal yang dibuat dengan nangka.

. Kandungan nutrisi nangka

Meluncurkan Health Line, nangka merupakan sumber vitamin C, potasium, serat makanan, dan banyak vitamin dan mineral penting lainnya.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu cangkir irisan nangka mentah (165 g) dapat mengandung nutrisi berikut:

Kalori: 157

Protein: 2,84 gram

Lemak: 1,06 gram

Karbohidrat: 38,36 gram

Serat: 2,5 gram

Gula: 31,48 gram

Magnesium: 48 mg

Kalium: 739 mg

Vitamin C: 22,6 mg

Maka tidak heran jika sebagian besar kalori dalam nangka berasal dari karbohidrat. Satu cangkir nangka dapat mengandung 38 gram karbohidrat, 2,5 gram di antaranya berasal dari serat makanan, dan 32 gram gula.

Nangka memiliki indeks glikemik 75 dan beban glikemik sedang. Indeks glikemik memberikan suatu kisaran bagaimana makanan mempengaruhi kadar gula darah.

Dengan skor 70 atau lebih dianggap sebagai makanan glikemik tinggi yang dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

BACA JUGA :   Ciri-Ciri Masuk Angin dan Cara Mengatasinya

Sedangkan untuk lemak, nangka termasuk makanan yang sangat sedikit mengandung senyawa ini, yaitu sekitar 1 gram per cangkir.

Karena kandungan lemaknya yang rendah dan tidak adanya lemak jenuh dan trans, nangka adalah makanan yang menyehatkan jantung.

Sementara itu, meski memiliki reputasi sebagai pengganti daging di banyak masakan, nangka masih kalah bersaing dengan produk hewani ini dalam hal protein.

Satu cangkir nangka mentah mengandung kurang dari 3 gram protein. Jumlah ini jauh dari lebih dari 20 gram yang dapat ditemukan di sebagian besar makanan daging.

. Manfaat buah nangka untuk kesehatan

Karena mengandung banyak nutrisi penting, nangka memberikan banyak manfaat kesehatan.

Berikut beberapa manfaat buah nangka bagi kesehatan yang tidak boleh dilewatkan: Melepaskan nangka, rendah lemak jenuh dan kaya serat, sehingga sesuai dengan pola diet yang direkomendasikan oleh American Heart Association (AHA). ).

Menurut AHA, makan makanan yang kaya serat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol hingga 10 persen.

1. Meningkatkan kekebalan

Dengan kandungan Vitamin C dalam nangka juga dipercaya dapat mendukung sistem kekebalan tubuh, memperbaiki kerusakan sel, dan membantu tubuh menyerap nutrisi penting lainnya seperti zat besi.

Orang yang terpapar asap rokok, latihan fisik yang intens, atau suhu dingin dapat mengambil tambahan vitamin C dari Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan.

Pada orang-orang ini, vitamin C telah terbukti mengurangi kejadian pilek hingga 50 persen. Vitamin C juga merupakan prekursor (senyawa yang terlibat dalam reaksi kimia yang menghasilkan senyawa lain) kolagen, yang penting untuk penyembuhan luka. Biji nangka juga mengandung protein yang disebut galaktin.

BACA JUGA :   Makanan Tinggi Kolesterol Yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Jacalin adalah lektin yang mengikat beberapa karbohidrat. Penelitian tersebut mengidentifikasi mekanisme dimana galaktin dapat melindungi sel CD4 (sistem kekebalan) dari infeksi HIV.

Meskipun saat ini belum ada vaksin untuk melawan HIV, penelitian ini menunjukkan potensi masa depan yang menjanjikan dalam mengobati penyakit ini.

2. Dapat meningkatkan kualitas tidur

Menambahkan lebih banyak magnesium ke dalam rencana makan Anda dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi kejadian insomnia, terutama untuk orang dewasa yang lebih tua yang lebih mungkin mengalami kekurangan magnesium.

Total asupan magnesium yang direkomendasikan berkisar antara 300 mg hingga 350 mg. Sementara satu cangkir nangka tidak akan memenuhi rekomendasi ini dengan sendirinya, ini dapat membantu Anda lebih dekat dengan tujuan harian Anda.

3. Menguatkan tulang

Menurut National Institutes of Health, sebuah penelitian terhadap wanita pascamenopause menemukan bahwa kadar mangan yang lebih tinggi dalam darah secara positif terkait dengan kepadatan mineral tulang dan risiko patah tulang yang lebih rendah.

Satu cangkir nangka diketahui mengandung 0,07 mg mangan. Mungkin kedengarannya tidak banyak, tetapi nangka merupakan sumber yang baik mengingat asupan mangan yang tepat untuk orang dewasa berkisar antara hanya 1,8 hingga 2,3 miligram per hari.

4. Mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Terkadang mengganti nangka dengan daging adalah cara yang efektif untuk mengurangi kalori dan lemak jenuh sambil mengonsumsi lebih banyak serat dan zat gizi mikro yang bermanfaat.

BACA JUGA :   Kriteria Makanan Sehat yang Baik Untuk Tubuh

5. Membantu melawan kanker

Seperti yang dilaporkan Medical News Today, nangka mengandung zat yang disebut fitokimia, seperti flavonoid, saponin, dan tanin. Menurut American Institute for Cancer Research, banyak fitokimia memiliki sifat antioksidan, yang berarti mereka dapat membantu memerangi efek radikal bebas.

NS. Radikal EPase adalah molekul yang sangat reaktif yang terjadi secara alami di dalam tubuh dan dapat merusak sel. Kerusakan ini, yang dikenal sebagai stres oksidatif, mungkin berperan dalam banyak penyakit kronis, termasuk kanker.

Fitokimia itu sendiri juga berpertan dapat mencegah pembuluh darah baru tumbuh di sekitar sel kanker. Hypovascularity mengurangi aliran darah dan pertumbuhan sel.

Sebuah studi yang diterbitkan di Asisebuah Pacific Journal of Tropical Biomedicine pada tahun 2017 menemukan bahwa ekstrak biji nangka dapat menghambat pertumbuhan pembuluh darah yang diinduksi ektopik pada janin ayam.

6. Mendukung kesehatan pencernaan

Nangka dan bijinya dikenal sebagai sumber serat larut dan tidak larut yang baik.

Menurut Food and Drug Administration (FDA), serat larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) dan memperlambat penyerapan karbohidrat ke dalam aliran darah, yang dapat membantu mencegah kenaikan glukosa darah setelah makan.

Bidang penelitian menunjukkan bahwa serat makanan juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker usus besar.

Academy of Nutrition and Dietetics sangat merekomendasikan untuk wanita mengonsumsi 25 gram serat dan pria 38 gram serat per hari. Sementara itu, biji nangka juga mengandung prebiotik yang dapat membantu mendukung pertumbuhan bakteri menguntungkan di usus.