4 Langkah Perencanaan Strategi Pemasaran yang Efektif
4 Langkah Perencanaan Strategi Pemasaran yang Efektif

4 Langkah Perencanaan Strategi Pemasaran yang Efektif

Perencanaan strategi pemasaran – Tidak seperti rencana bisnis, rencana pemasaran berfokus pada mendapatkan dan mempertahankan pelanggan. Ini adalah strategi dan mencakup angka, fakta, dan tujuan.

Perencanaan strategi pemasaran yang baik menguraikan semua alat dan taktik yang akan Anda gunakan untuk mencapai tujuan penjualan Anda.

Untuk menghasilkan prospek yang akan menghasilkan penjualan ini adalah rencana bisnis Anda, apa yang akan Anda jual, siapa yang akan membelinya, dan taktik yang akan Anda gunakan .

Dikutip dari Liputan6.com, berikut langkah-langkah membuat marketing plan yang sukses:

BACA JUGA :   Ide Usaha Sampingan di Desa Dengan Modal Kecil

1. Ketahui siapa audiens Anda

Ilustrasi Digital Marketing, Pemasaran Digital, Google Analytic

Mengembangkan profil calon klien sederhana adalah langkah selanjutnya. Anda dapat menggambarkan ekspektasi dalam hal demografi berdasarkan usia, jenis kelamin, pendapatan, lokasi geografis, dan gaya hidup.

Tanyakan pada diri Anda berikut ini, apakah klien saya konservatif atau inovatif? Pemimpin atau pengikut? Pengecut atau agresif? Tradisional atau modern? Introvert atau ekstrovert? Apa yang saya tawarkan seberapa sering mereka membeli? Apa kuantitasnya?

2. Mulailah dengan menganalisis situasi perusahaan

Bagian pertama ini mengidentifikasi perusahaan Anda dan produk atau layanannya, kemudian menjelaskan bagaimana Anda menguntungkan pelanggan dan apa yang membedakan Anda dari pesaing.

Target audiens sangat penting, terlepas dari industri Anda, memposisikan produk atau layanan Anda secara kompetitif membutuhkan pemahaman tentang pasar.

BACA JUGA :   Tentang Proklamasi Kemerdekaan: Tukang Soto Menusuk Kapten Belanda

Anda tidak hanya harus dapat menggambarkan apa yang Anda pemasaran, tetapi juga memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang ditawarkan pesaing Anda dan dapat menjelaskan bagaimana produk atau layanan Anda menawarkan nilai yang lebih baik.

Mengetahui apa yang diinginkan pelanggan membantu Anda memutuskan apa yang akan ditawarkan, dan ini membawa Anda ke bagian selanjutnya dari rencana Anda.

3. Buat daftar tujuan pemasaran Anda

Apa yang ingin Anda capai dari pemasaran? Misalnya, Anda mengharapkan peningkatan 20 persen dalam penjualan produk Anda setiap tahun. Tulis daftar tujuan Anda dan buat agar dapat diukur sehingga Anda tahu kapan Anda akan mencapainya.

4. Kembangkan strategi dan taktik komunikasi pemasaran yang akan Anda gunakan

Ilustrasi – perjanjian bisnis (cloudpro)

Bagian ini adalah inti dan jiwa dari rencana pemasaran Anda. Di bagian sebelumnya, Anda mengidentifikasi apa yang perlu dicapai pemasaran dan mengidentifikasi prospek terbaik Anda.

BACA JUGA :   Daftar Orang Terkaya di Dunia Versi Forbes

Sekarang saatnya untuk merinci taktik yang akan Anda gunakan untuk mencapai harapan tersebut dan mencapai tujuan Anda.

Untuk perencanaan strategi pemasaran yang baik menargetkan prospek di semua tahap siklus penjualan Anda. Taktik pemasaran tertentu, seperti bentuk periklanan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung, sangat bagus untuk menjangkau pelanggan potensial.

Untuk menyelesaikan bagian Taktik, tentukan strategi pemasaran utama Anda dan kemudian sertakan berbagai taktik yang akan Anda gunakan untuk menjangkau calon pelanggan Anda.

Perencanaan strategi pemasaran yang Anda pilih harus mencapai prospek Anda saat mereka akan menerima pesan Anda.