Cara Mengobati Tipes Agar Cepat Sembuh
Cara Mengobati Tipes Agar Cepat Sembuh

Cara Mengobati Tipes Agar Cepat Sembuh

Cara Mengobati Tipes – Tipes, istilah medisnya demam tifoid atau tifoid, adalah infeksi bakteri yang menyerang sistem pencernaan akibat konsumsi air dan makanan yang terkontaminasi bakteri Salmonella typhi (S. typhi). Jika saya terkena tipes, bagaimana cara mengobatinya di rumah agar cepat sembuh?

Tipes sering terjadi di daerah dengan sanitasi yang tidak memadai seperti Asia (selatan dan tenggara), Amerika Selatan dan Afrika.

Penyakit ini dapat menyebar dengan cepat melalui feses dan urin. Jika makanan atau minuman tidak ditangani dengan bersih dan terkontaminasi bakteri S. typhi, gejala akan muncul selama satu hingga dua minggu.

Menurut National Health Service (NHS), anak-anak adalah kelompok yang paling berisiko tertular tipes karena sistem kekebalannya masih berkembang.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menyatakan bahwa pasien tipes dapat mengalami demam 39-40 ° C hingga ruam merah muda muncul.

Selain itu, dalam waktu 1-2 minggu akan muncul gejala umum tipes, seperti:

  • Lemah lunglai
  • sakit perut
  • Sakit kepala
  • Diare atau sembelit
  • batuk
  • Anoreksia

Jika Anda menduga bahwa Anda menderita tipes, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter. Karena dapat menyebabkan komplikasi dan membunuh 1 dari 5 orang, NHS memperingatkan bahwa penyakit ini dapat mengancam jiwa jika tidak ditangani dengan benar.

Orang yang terkena tipes biasanya tidak langsung dibawa ke rumah sakit jika gejalanya tidak parah. Selama masa rawat jalan, dokter memberikan obat agar kondisi pasien tidak memburuk.

BACA JUGA :   Atasi Dengan Bahan Alami, Ini Penyebab Kutu Air di Tangan

Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan di rumah untuk membantu pengobatan cepat sembuh. Berikut beberapa cara mengobati tipes di rumah.

Minum banyak cairan atau garam rehidrasi oral

Gejala diare akibat tipes dapat menyebabkan tubuh Anda kehilangan cairan akibat dehidrasi. Jadi, Anda harus tetap memasok tubuh Anda dengan cairan.

Cairan tersebut bisa berupa jus buah atau minuman elektrolit untuk menjaga kadar cairan tetap seimbang. Namun, jadikan air sebagai prioritas.

Menjaga tingkat cairan stabil penting untuk menghilangkan partikel beracun dari tubuh. Selain itu, dengan mempertahankan kadar cairan, aliran nutrisi dipertahankan untuk membantu sistem kekebalan tubuh membersihkan demam tifoid secepat mungkin.

Jika kadar cairan dalam tubuh rendah, bukan tidak mungkin Anda nantinya akan membutuhkan infus. Jadi berhentilah sebelum terlambat!

Situs web Pharmaeasy merekomendasikan untuk menggunakan Oral Rehydration Solution atau ORS, memastikan bahwa ORS tersebut disetujui oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Atau Anda bisa membuatnya sendiri dengan mencampurkan garam dan gula ke dalam air panas lalu meminumnya selagi hangat.

Konsumsi bawang putih

Bawang putih diketahui mengandung senyawa antioksidan untuk melawan peradangan (radang) di dalam tubuh. NDTV melaporkan bahwa makan bawang putih mentah atau setengah matang bertindak sebagai “pemurni darah” dan membantu ginjal menghilangkan zat asing dari tubuh.

BACA JUGA :   Cara Mengetahui Diet Kita Berhasil Atau Tidak

Menurut penelitian bersama di Pakistan dan Arab Saudi yang diterbitkan dalam African Journal of Microbiology Research tahun 2012, bawang putih dapat berperan sebagai “penyembuh” tipes setelah melihat kinerjanya terhadap 50 spesies S. typhi.

Namun, makan bawang putih saat tipes tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan anak-anak.

Gunakan kompres dingin untuk mengurangi panas

Seperti yang sudah disebutkan, salah satu gejala tipes adalah peningkatan suhu tubuh 39-40 ° C. Mempertahankan suhu tubuh yang konstan adalah salah satu kunci pemulihan. Nah, salah satu cara untuk menurunkan demam adalah dengan menggunakan kompres dingin.

Anda bisa menggunakan spons atau kain yang sudah dicuci dengan air dingin dan dioleskan ke dahi, ketiak, tangan, dan kaki untuk menurunkan suhu tubuh. Air yang digunakan untuk menekan tidak boleh terlalu dingin. Untuk hasil terbaik, ubah tekanan secara berkala.

Ambil cuka sari apel

Cuka sari apel, yang dikenal sebagai minuman penurun berat badan, juga dapat digunakan untuk mengobati tipes.

Dilansir Medium, disebutkan bahwa cuka sari apel dapat menggantikan mineral dan cairan yang hilang. Selain itu, cuka sari apel dikatakan dapat meredakan demam.

Cara Penggunaan Campurkan setengah sendok makan cuka sari apel dalam air hangat (dan sedikit gula jika Anda tidak memiliki rasa asam yang kuat), dan minum sebelum makan malam.

BACA JUGA :   Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Konsumsi daun kemangi

Cara mengobati tips selanjutnya adalah mengkonsumi daun kemangi. Diyakini sebagai bumbu pengobatan tradisional India, Ayurveda, kemangi dikatakan memiliki sifat anti-inflamasi dalam tubuh.

Daun rempah ini dipercaya dapat membantu mengobati penyakit tipes karena mengandung senyawa antibiotik dan antimikroba.

Anda bisa merebus daun kemangi dengan teh atau meminumnya dengan madu sebanyak 4 gelas sehari. Selain itu, Anda juga bisa makan daun kemangi dengan jus jahe atau lada hitam untuk membunuh S. typhi.

Makan pisang

Selain diare, demam tifoid juga bisa menyebabkan sembelit. Oleh karena itu, pisang yang kaya akan serat pektin dapat meredakan gejala tersebut.

Selain sembelit, pisang juga dikatakan dapat mengusir demam akibat tipes dan kandungan potasium pada pisang berperan sebagai elektrolit untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Menjalani pengobatan antibiotik

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, kemungkinan besar penderita tipes akan membutuhkan antibiotik dari dokter karena penyakit tersebut sebenarnya adalah infeksi bakteri.

Itulah beberapa cara mengobati tipes di rumah agar cepat sembuh. Namun, jika tidak ada perubahan kondisi atau Anda merasa kondisinya semakin parah, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter, ya.