KIP Ganti Skema Jadi BLT Mahasiswa
KIP Ganti Skema Jadi BLT Mahasiswa

KIP Kuliah Ganti Skema Jadi BLT Mahasiswa

Kartu Indonesia Pintar atau KIP kini berubah skema menjadi Bantuan Langsung Tunai atau BLT Mahasiswa. Perubahan ini dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tentu saja perubahan ini disusul dengan pemberian beasiswa yang kini disesuaikan dengan program studi yang sedang ditempuh.

Kartu Indonesia Pintar Jadi BLT Mahasiswa

Perlu diketahui bersama bahwa adanya KIP saat selama ini berguna untuk mobilitas sosial. Sehingga anak bangsa bisa menggapai mimpi besarnya. Apa jadinya jika bantuan tetap berjumlah Rp 2,4 juta rupiah.

Tentu saja anak-anak yang memiliki ekonomi terbatas akan kelimpungan. Mereka justru minder dengan kemampuannya karena terhalang dana kuliah. Hasilnya mereka hanya memilih kampus dengan rata-rata biaya yang ringan.

Mengingat banyak kampus di Indonesia yang biayanya mencapai Rp 10 juta per semester. Hal ini membuat mereka putus asa dan memilih untuk mundur. Tidak ada masa depan yang akan mereka raih tanpa biaya yang cukup.Dengan perubahan mekanisme Kartu Indonesia Pintar menjadi BLT Mahasiswa semoga bisa membantu anak-anak yang kurang mampu. Sehingga mereka bisa masuk kampus lebih unggul sesuai dengan cita-cita yang diinginkan.

BACA JUGA :   Cara Mendaftar Bantuan Ibu Hamil Dan Balita

Kemendikbud juga meningkatkan anggaran KIP Kuliah dari Rp 1,3 triliun menjadi rp 2,5 triliun. Jumlah sasaran penerima KIP saat ini sebanyak 200.000 mahasiswa baru. Masing-masing memiliki rincian program studi A Rp 8 juta per semester, program studi B Rp 4 juta per semester dan program studi C Rp 2.4 juta per semester.
Nah, untuk rincian biaya hidupnya kini juga sudah berubah, Program KIP yang dulu mematok biaya hidup sebesar Rp 700.000 kini sudah mulai banyak perubahan.
Adanya perubahan ini disesuaikan dengan klaster masing-masing daerah berdasarkan survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2019. Indonesia terbagi dalam lima klaster yang masing-masing memiliki perbedaan.

Kelima klaster tersebut adalah klaster 1 Rp 800.000 per bulan, klaster 2 Rp 950.000 per bulan, klaster 3 Rp 1.100.000 per bulan, klaster 4 Rp 1.250.000 per bulan, dan klaster 5 Rp 1.400.000 per bulan. Perubahan ini memang cukup signifikan daripada biaya hidup sebelumnya.
Besar harapannya BLT Mahasiswa bisa memberikan bantuan yang cukup kepada para mahasiswa. Sehingga kebutuhan pendidikan mereka lebih berkualitas. Cita-cita yang tinggi bisa mereka gapai secara perlahan.