Obesitas Pengaruhi Imun, Kurangi Efektivitas Vaksin Cocid-19
Obesitas Pengaruhi Imun, Kurangi Efektivitas Vaksin Cocid-19

Obesitas Pengaruhi Respons Imun, Kurangi Efektivitas Vaksin Covid-19

Obesitas menjadi tantangan tersendiri di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Hal ini dikarenakan sebagian besar penderita obesitas rentan mengalami penyakit komorbid. Selanjutnya, masalah lain yang kemungkinan akan muncul adalah mengenai efektivitas Vaksin Covid-19.

Dikhawatirkan vaksin Corona tidak akan mempan untuk membangun imunitas pada penderita obesitas. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa obesitas pengaruhi respons imun dalam tubuh seseorang.

Obesitas Pengaruhi Respons Imun dalam Tubuh

Vaksin Covid-19 menjadi harapan baru dalam menghadapi pandemi virus Corona yang hingga kini belum usai. Akan tetapi ketersediaan vaksin Covid-19 tersebut tidak menjanjikan bagi semua orang secara keseluruhan. Salah satunya adalah bagi penderita obesitas, yang kita ketahui cukup rentan terinfeksi virus corona.

Para penderita obesitas dikhawatirkan mengalami adanya masalah inflamasi serta gangguan imunitas. Lebih parahnya lagi, obesitas dapat meningkatkan resiko gejala berat hingga kematian yang akibat dari Covid-19. Dan di sisi lain, pandemi Covid-19 juga dapat meningkatkan resiko obesitas.

BACA JUGA :   Cara Atasi Masuk Angin Pada Ibu Hamil

Hal ini dikarenakan orang banyak tinggal di rumah, banyak makan bahkan jarang adanya aktivitas fisik.

Obesitas Berpengaruh Terhadap Efektivitas Vaksin Covid-19

Banyak peneliti yang menyatakan bahwa kelebihan berat badan atau obesitas dapat berpengaruh terhadap efektivitas vaksin C0vid-19 yang telah diberikan.

Berdasarkan laporan yang diterbitkan oleh Nature, menyatakan bahwa penderita obesitas mempunyai respons kekebalan tubuh, serta tidak dapat memperoleh antibodi yang cukup.
Selain itu, penderita obesitas pengaruhi respons imun dengan lambat sehingga menjadikan vaksin Covid-19 tidak efektif dalam melindungi mereka.

Dari beberapa studi menyebutkan bahwa para penderita obesitas, setelah menerima vaksin Covid-19 memiliki respons imun tidak sebaik orang yang memiliki berat badan normal.
Meskipun demikian, pemberian vaksin Covid-19 tetap dijalankan.

BACA JUGA :   Obat Alami Sakit Kepala yang Bisa Membantu

Pasalnya, sesuai dengan rekomendasi, para pengidap penyakit komorbid pun diperbolehkan menerima vaksin Corona. Dengan syarat, selama ada upaya kontrol atau adanya surat keterangan layak vaksin dari dokter.

Meskipun obesitas pengaruhi respons imun serta tidak sebaik pasien non obes, proteksi akan serangan virus ini tetaplah harus diberikan. Demi keamanan, terdapat catatan khusus bagi penderita komorbid yang akan disuntik Vaksin Covid-19.