Teknik Renang Gaya Dada Memberi Banyak Manfaat Bagi Tubuh (wikipedia.org)
Teknik Renang Gaya Dada Memberi Banyak Manfaat Bagi Tubuh (wikipedia.org)

Teknik Renang Gaya Dada Memberi Banyak Manfaat Bagi Tubuh

Teknik renang gaya dada atau bisa disebut juga ‘gaya katak’ merupakan salah satu gaya renang dengan teknik membuka kedua tangan dalam ritme tertentu. Gerakan ini bertujuan agar kekuatan bisa berkumpul di area dada sehingga dapat mendorong tubuh ke depan saat berada di dalam air.

Beberapa Manfaat Teknik Renang Gaya Dada

Gerakan yang digunakan untuk gaya ini cukup mudah dipahami, sehingga gaya ini cukup populer. Pemula maupun atlet dapat dengan mudah mengatur kecepatan renang mereka dengan gaya ini. Tak hanya itu, gaya ini juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh diantaranya:

BACA JUGA :   Babak Pertama Group A Piala Menpora 2021, Persikabo Unggul 1-0 dari Barito Putera

Hemat Energi

Banyak perenang profesional yang menggunakan gaya ini saat menempuh banyak lap, dengan alasan dapat lebih menghemat energi. Ketimbang menggunakan gaya yang lainnya, gaya ini bisa memberi waktu beristirahat yang cukup banyak saat melakukan gerakan ini.
Gerakan kaki yang juga konstan ke arah samping akan memberikan waktu untuk gerakan yang sebelumnya saat mendorong tubuh ke dalam air sebelum melakukan gerakan yang lainnya.

Baik Untuk Pemula

Gaya ini juga baik dan mudah diajarkan untuk anak usia 2 tahun keatas. Gaya ini cocok digunakan untuk pemula. Karena, bisa dilakukan di permukaan air. Dengan begitu, para pemula bisa mengetahui di mana posisi mereka sehingga mengurangi rasa panik.

BACA JUGA :   Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022, Inggris Menang Secara Telak

Tidak hanya itu saja, gaya ini juga memberikan waktu yang panjang sehingga pemula tidak terburu-buru. Mereka tidak perlu bergerak dengan terlalu cepat dan dapat menyesuaikan tempo dengan kemampuan yang dimilikinya.

Menggerakkan Seluruh Tubuh

Jika anda memperhatikan perenang gaya dada, maka seluruh tubuhnya akan ikut bergerak. Apabila dilakukan dengan teratur, maka akan melatih daya tahan, kekuatan, dan kemampuan dalam mengolah seluruh tubuh.

Membakar Kalori

Dengan melakukan renang gaya dada, anda bisa membekas 200 kalori dalam waktu 30 menit saja. Gaya dadi ini dikenal ampul untuk membakar kalori.
Olahraga Cardio yang Baik.

Manfaat gaya dada yang tak kalah penting yakni dapat membantu memperkuat paru-paru dan jantung. Untuk fisik, gaya ini dapat membantu membentuk otot paha, punggung atas, paha belakang, triceps, kaki bawah, dan tentu dada.
Itulah manfaat yang diberikan dari teknik renang gaya dada yang bisa anda coba. Anda tidak perlu takut untuk mencoba gaya ini karena gaya dada cocok digunakan bagi pemula sekalipun.