Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh, Simak Berikut Ini (grid.id)
Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh, Simak Berikut Ini (grid.id)

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh, Simak Berikut Ini

Manfaat kunyit untuk kesehatan yang bisa anda rasakan. Selama ini kunyit banyak dikenal sebagai bumbu dasar masakan, teh, dan juga jamu. Kunyit yang memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Seperti memiliki kandungan kurkumin, desmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin, resim, karbohidrat, pati, protein, selulosa, dan lemak.

Beberapa Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

Adanya kandungan yang baik pada kunyit, sehingga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat dengan mengkonsumsi kunyit.

Mengatasi Perut yang Kembung

Apabila mengalami buang gas berlebihan. Hal itu sebagai tanda ada yang salah dengan kondisi perut. Untuk membantu otot pada pencernaan agar bergerak dengan lancar. Anda bisa mengkonsumsi kunyit, untuk mengatasi masalah perut anda.
Kandungan kurkumin pada kunyit dapat membantu mengurangi tekanan gas pada perut. Selain itu membantu lambung dalam menghentikan produksi asam secara berlebihan.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan kurkumin pada kunyit juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga sistem pertahanan tubuh dapat melawan virus atau bakteri. Tentunya dengan mengkonsumsi air kunyit kuning secara rutin.

BACA JUGA :   Penyebab Sakit Kepala Sebelah dan Cara Pencegahannya

Meredakan Sakit Perut

Manfaat kunyit untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk meredakan sakit perut. Apabila merasa mulas atau sakit pada perut dapat hilang dengan mengkonsumsi kunyit. Berdasarkan sebuah penelitian tahun 1989, adanya suplemen dari kunyit ternyata lebih efektif. Sehingga dapat mengatasi perut mulas dan gejala gangguan pencernaan lainnya.

Mengobati Radang

Kandungan kurkumin pada kunyit yang kaya antioksidan yang memiliki efek anti radang poten. Dalam satu kunyit memiliki kandungan kurkumin kurang lebih sebanyak 200 miligram.
Zat aktif tersebut berguna untuk menghentikan kerja enzim. Selain itu, kandungan sitokinin yang dapat menyebabkan inflasi pada tubuh. Sehingga dapat mengurangi radang dan dapat meningkatkan kortisol pada kelenjar adrenal dalam tubuh.

BACA JUGA :   Jenis Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil yang Harus Diketahui

Mengurangi Nyeri saat Haid

Saat perempuan yang sedang mengalami haid, terkadang perut terasa nyeri dan membuat tidak nyaman. Terlebih untuk melakukan aktivitas. Tentunya dengan mengkonsumsi jamu kunyit asam, dapat meredakan nyeri saat haid.
Anda bisa mengetahui adanya manfaat kunyit untuk kesehatan di atas. Terutama apabila anda dapat mengkonsumsinya secara rutin. Maka akan semakin baik untuk tubuh anda.