Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Bahan Alami
Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Bahan Alami

Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Bahan Alami

Jerawat biasanya muncul karena perubahan hormonal. Biasanya jerawat akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari. Lain cerita jika jerawat menyebabkan bekas luka yang sulit dihilangkan. Terakhir, ada berbagai cara menghilangkan bekas jerawat yang bisa Anda coba, mulai dari menggunakan bahan alami hingga pergi ke dokter kulit.
Mengutip Healthline, bekas luka muncul saat jerawat menembus lapisan kulit yang lebih dalam dan merusak jaringan di bawahnya. Tentunya bekas jerawat ini membuat seseorang tidak percaya diri.
Sebelum pergi ke dokter kulit, ada beberapa cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang bisa Anda coba. Bahan ini bisa Anda temukan di rumah dan sangat praktis untuk digunakan.

1. Dengan Minyak zaitun

Minyak zaitun sangat aman untuk kulit karena mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin C. Oleskan minyak zaitun pada bekas jerawat dan pijat dengan lembut. Dan biarkan kuarang lebih satu jam dan kemudian bilas dengan air bersih.

BACA JUGA :   Olahraga Yang Sehat Untuk Pria Usia 60 Tahun Ke Atas

2. Dengan Menggunakan Madu

Madu juga dipercaya bisa menghilangkan jerawat. Diketahui bahwa madu mentah yang tidak diproses lebih efektif dalam menghilangkan bekas jerawat. Caranya cukup oleskan madu pada bagian keliling jerawat, dan pijat area yang ingin Anda hilangkan bekas jerawatnya.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah sumber yang kaya vitamin untuk menghilangkan bekas jerawat. Biarkan gel lidah buaya meresap di wajah Anda, lalu cuci wajah Anda setelah 30 menit.

4. Cuka sari apel

Cuka sari apel bertindak sebagai antiseptik alami yang membantu menyeimbangkan tingkat pH dalam tubuh. Dengan cuka sari apel bekas jerawat akan hilang. Caranya dengan mencampurkan cuka sari apel dengan air, Kemudian gunakan kapas untuk mengaplikasikannya, Biarkan selama 10 menit, lalu cuci muka dan biarkan hingga kering. Cara ini bisa dilakukan sekali sehari untuk hasil terbaik.

BACA JUGA :   Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Jika Dikonsumsi

5. Lemon

Menggunakan jus lemon adalah salah satu cara untuk menghilangkan bekas jerawat dan meringankan bekasnya. Campurkan sejumlah jus lemon dengan jumlah air yang cukup dan kemudian oleskan pada bekas jerawat, Biarkan dulu selama 20 menit dan bilas dengan air dingin.

6. Mentimun

Kandungan Vitamin A, Vitamin C dan Magnesium dalam mentimun sangat bermanfaat untuk kulit. Mentimun juga mampu melembabkan kulit.
Berikut cara alami menghilangkan bekas jerawat dengan mentimun yang bisa Anda coba. Potong mentimun menjadi irisan tipis sesuai keinginan, oleskan pada kulit bekas jerawat, biarkan selama 30 menit, bilas wajah dengan air dingin

7. Gula

Cara lain untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat secara alami adalah dengan menggunakan gula sebagai exfoliator. Kandung gula tebu asam glikolat dan asam alfa hidroksi yang mampu membersihkan kulit mati dan meningkatkan pembentukan jaringan sel baru. Siapkan gula, minyak zaitun (ukuran dalam perbandingan 2: 1), 5 tetes jus lemon. Campur semuanya agar merata, oleskan masker gula dengan mengoleskannya pada bekas jerawat, biarkan selama 15 menit, bilas dengan air hangat dan gunakan pelembab alami.

BACA JUGA :   Makanan Tinggi Kolesterol Yang Berbahaya Bagi Kesehatan

8. Bawang putih

Selain sebagai salah satu bahan pelengkap bumbu dapur. Dapat juga digunakan sebagai obat  alami. Bawang putih mengandung senyawa sulfur thiacromonone yang memiliki sifat antibakteri yang dapat menghilangkan bekas jerawat. masukan bawang putih ke dalam blender dan haluskan, oleskan pada bekas jerawat, biarkan selama dua menit, bilas dengan air hangat

9. Daun Bawang

Daun bawang efektif untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel. Juga efektif membuat kulit awet muda. Parut satu siung bawang merah, taruh bawang di wajah yang sudah bersih, biarkan selama 5 menit, lalu bilas wajah dengan air sampai bersih.

10. Ampas Teh

Jangan buang ampas teh yang Anda gunakan! Ampas tebu masih bermanfaat menghilangkan bekas jerawat. Antioksidan yang ada dalam teh efektif dalam memperbaiki kondisi kulit dan memudarkan bekas jerawat. Siapkan salah satu teh celup yang sudah diseduh, gosokkan saja ampasnya pada kulit yang penuh bekas jerawat.

11. Tomat

Selain enak untuk di makan tomat mengandung vitamin A dan C yang bermanfaat untuk kulit. Tomat mampu mengencangkan kulit. Siapkan tomat, potong tomat menjadi irisan tipis, Tempelkan pada area bekas jerawat, Diamkan dulu selama 10-15 menit, kemudian bilas wajah hingga bersih.