Makanan Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Mata
Makanan Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Mata

Makanan Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Mata

Kesehatan mata dapat dijaga dengan mengonsumsi jenis makanan yang tepat. Makanan yang bermanfaat untuk kesehatan mata diantaranya nutrisi dapat menjaga kesehatan mata secara keseluruhan, dan beberapa dapat membantu mengurangi risiko penyakit mata, mengutip Rebecca J. Taylor, MD, seorang dokter mata di Nashville, Tennessee di American Academy of Ophthalmology.

Sayuran, dan biji-bijian dapat membantu tidak hanya menjaga kesehatan jantung Anda, tetapi juga mata Anda. Mata bergantung pada arteri kecil untuk oksigen dan nutrisi. Sama seperti jantung menggunakan arteri yang jauh lebih besar. Menjaga arteri ini tetap sehat akan membantu mereka bekerja.

Studi Penyakit Mata Terkait Usia (AREDS) menemukan bahwa nutrisi tertentu, seperti seng, tembaga, vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten, dapat membantu mengurangi risiko kerusakan mata terkait usia hingga 25%. (termasuk DHA), tembaga, lutein dan zeaxanthin sangat penting untuk kesehatan mata.

Lalu makanan apa saja yang baik untuk kesehatan mata?? Berikut ulasan lengkapnya.

BACA JUGA :   Tips Perawatan Kulit Berjerawat dan Cara Pengobatannya

Sayuran dan buah-buahan berwarna oranye dengan Vitamin A

Makanan yang bermanfaat untuk kesehatan mata adalah yang pertama sayuran dan buah jeruk yang mengandung vitamin A. Vitamin A adalah nutrisi kesehatan mata yang paling terkenal. Retina membutuhkan banyak vitamin A untuk membantu mengubah sinar cahaya menjadi gambar yang kita lihat.

Juga, tanpa vitamin A yang cukup, mata Anda tidak akan cukup terhidrasi untuk mencegah mata kering. Wortel dikenal sebagai sumber vitamin A. Ubi jalar memberikan lebih banyak vitamin A.

Ubi jalar mengandung lebih dari 200% jumlah vitamin A harian yang direkomendasikan dokter. Buah-buahan, termasuk semangka dan aprikot, juga bisa menjadi sumber vitamin A yang baik dan harus dimakan untuk menjaga kesehatan mata Anda.

Ikan yang mengandung asam lemak omega-3

Makanan kedua yang baik untuk kesehatan mata adalah ikan yang mengandung asam lemak omega-3. Omega 3 dari ikan membantu mengurangi risiko penyakit mata di tahun-tahun berikutnya.

Jenis ikan ini termasuk salmon, tuna, sarden, halibut, dan trout. “Omega-3 baik untuk fungsi air mata, jadi makan ikan ini dapat membantu mereka yang memiliki mata kering,” kata Dr. Taylor.

BACA JUGA :   Resep Perawatan Kulit Kering Untuk Kesehatan

Buah dan sayuran yang kaya vitamin C

Makanan yang baik untuk kesehatan mata adalah buah dan sayur yang kaya akan vitamin C. Vitamin C sangat penting untuk kesehatan mata. Vitamin C sebagai antioksidan membantu melindungi tubuh dari apa yang kita makan, kebiasaan tidak sehat, dan kerusakan dari faktor lingkungan.

Makanan yang digoreng, asap rokok, dan sinar matahari dapat menghasilkan radikal bebas dan molekul yang dapat menghancurkan dan membunuh sel. Vitamin C membantu memperbaiki dan menumbuhkan sel jaringan baru.

Buah jeruk seperti jeruk bali dan lemon adalah sumber vitamin C yang baik. Banyak makanan lain, seperti buah persik, paprika merah, tomat, dan stroberi, mengandung vitamin C. Menurut Age-related Eye Disease Study (AREDS), antioksidan ini dapat mencegah atau setidaknya menunda degenerasi makula terkait usia (AMD) dan katarak.

Vitamin E

Makanan yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan keempat makanan yang mengandung vitamin E. Vitamin E adalah antioksidan penting lainnya yang dapat membantu menjaga kesehatan sel mata.Vitamin E dapat ditemukan dalam makanan seperti alpukat, almond, dan biji bunga matahari.

BACA JUGA :   Perut Ibu Hamil Terasa Kencang, Ini Penyebabnya!

Sayuran berdaun hijau kaya akan lutein dan zeaxanthin

Makanan sehat kelima untuk mata adalah sayuran berdaun hijau yang kaya akan lutein dan zeaxanthin. Lutein dan zeaxanthin adalah antioksidan yang ditemukan dalam pigmen sayuran berdaun hijau dan makanan berwarna cerah lainnya.

Mereka sangat penting untuk melindungi makula, area mata yang memberikan penglihatan sentral dan lebih detail. Bayam mengandung banyak nutrisi ini.

Makanan lain yang mengandung jumlah lutein dan zeaxanthin yang bermanfaat termasuk selada, kubis, kangkung, brokoli, dan kacang polong. Dan meskipun berwarna hijau dan tidak berdaun, telur adalah sumber nutrisi yang baik.

Logam seng

Makanan lain yang bermanfaat untuk kesehatan mata adalah makanan yang mengandung zinc. Seng membantu menjaga kesehatan retina dan dapat melindungi mata Anda dari efek berbahaya cahaya.

Namun, seng dapat mengurangi jumlah tembaga dalam tubuh, yang kita butuhkan untuk membantu pembentukan sel darah merah. Untungnya, Anda dapat meningkatkan keduanya secara bersamaan dengan mengonsumsi semua jenis kacang-kacangan seperti kacang polong, buncis dan sejenisnya.

Makanan lain yang kaya mineral seng termasuk tiram, daging tanpa lemak, ayam, dan sereal yang diperkaya.