Mengatasi Kepala Pusing, Pilih yang Alami
Mengatasi Kepala Pusing, Pilih yang Alami

Mengatasi Kepala Pusing, Pilih yang Alami

Bagikan :

Sakit kepala atau pusing adalah salah satu penyakit yang paling umum, dan kemungkinan besar semua orang paling sering mengalaminya. Beberapa orang memilih cara alami untuk mengatasi kepala pusing, sementara yang lain lebih mengandalkan obat-obatan.

Ada beberapa jenis sakit kepala yang biasanya menyerang. Mereka adalah sakit kepala tegang, migrain, benjolan di belakang mata dan sinus yang menyebabkan tekanan dari dahi ke pipi.

Sakit kepala sering datang tiba-tiba dan tidak terduga. Terkadang beberapa orang bingung ketika sakit kepala datang dan tidak ada stok obat di rumah.

Namun, daripada memilih obat pereda nyeri seperti parasetamol sebagai cara menghilangkan pusing, mengapa tidak mencoba cara alami saja? Berikut adalah beberapa di antaranya, Medical News Today melaporkan.

BACA JUGA :   Tips Cara Merawat Ketiak Agar Bersih dan Mulus

Minum air putih yang cukup

Dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala dan mempengaruhi perasaan, perilaku, dan pikiran seseorang. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Evaluation in Clinical Practice, meskipun tidak memiliki efek langsung untuk menghilangkan sakit kepala, minum air putih dapat membuat seseorang merasa lebih baik.

kompres dingin

Cara lain adalah dengan mengoleskan kompres dingin ke leher dan kepala untuk meningkatkan aliran darah dan mengurangi peradangan di area tersebut. Menempatkan kompres dingin di leher selama 30 menit juga bisa meredakan migrain.

kompres hangat

Selain mendinginkan, kompres hangat juga bisa mengendurkan otot kaku yang menyebabkan sakit kepala. Anda bisa menggunakan handuk yang dibasahi dengan air panas.

BACA JUGA :   Makanan dan Minuman Yang Mengurangi Gejala Asam Lambung

redupkan cahaya

Orang dengan vertigo biasanya sensitif terhadap cahaya. Cukup matikan lampu atau redupkan.

Minum teh

Teh herbal juga dapat membantu mengatasi kepala pusing, setidaknya juga bisa meredakan. Misalnya teh yang dicampur dengan jahe. Bisa juga teh mint, chamomile atau lavender.

olahraga

Melakukan sedikit olahraga meningkatkan aliran darah dan meredakan sakit kepala.

sedang tidur

Ini juga bisa menjadi solusi. Pusing bisa disebabkan oleh kurang tidur atau terlalu banyak tidur. Menurut penelitian, waktu tidur sebaiknya 7-9 jam.

kafein

Terkadang minum kopi atau teh dapat membantu meredakan vertigo. Pasalnya, kafein dapat mengendurkan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.

relaksasi

Relaksasi juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk sakit kepala, terutama sakit kepala cluster. Anda dapat memilih opsi relaksasi yang menggunakan latihan pernapasan dalam seperti yoga atau meditasi.

BACA JUGA :   Ciri Ciri Dehidrasi Yang Perlu Diwaspadai

Jika sakit kepala berlanjut, segera temui dokter

Bagikan :